Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Simpulan Pendapat Pro/Kontra dalam UNBK Bahasa Indonesia



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal UN/UNBK Bahasa Indonesia kelas 9 tahun 2019 indikator simpulan pendapat pro/kontra dalam sebuah paragraf. Semoga postingan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal ujian nasional terbaru sesuai dengan kisi-kisi ujian nasional.

1. Bacalah paragraf berikut!
1) Uni Eropa (EU) dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mengundang mahasiswa di kawasan Asia Tenggara untuk mendaftar program beasiswa SHARE periode keempat. 2) Beasiswa tersebut ditawarkan untuk menempuh studi di perguruan tinggi di wilayah Asia Tenggara atau Eropa selama satu semester selama periode Desember 2017 sampai Agustus 2018. 3) Beasiswa ini merupakan hasil kerja sama khusus ASEAN dan Uni Eropa. 4) Program beasiswa ini merupakan program yang tepat karena dapat membantu pelajar yang kurang mampu.

Simpulan yang berupa persetujuan penulis dalam paragraf tersebut ditunjukkan angka ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

2. Bacalah paragraf berikut!
1) Narkoba sudah ditetapkan sebagai kejahatan luar biasa. 2) Sayangnya, dukungan anggaran terhadap Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai ujung tombak perang terhadap narkoba justru dipotong. 3) Pemotongan ini beralasan untuk efisiensi anggaran. 4) Tahun ini anggaran APBN untuk BNN dipotong dari Rp1,9 triliun menjadi Rp1,3 triliun.

Simpulan berupa ketidaksetujuan penulis berdasarkan paragraf tersebut ditunjukkan oleh angka ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

Contoh Soal Simpulan Pendapat Pro/Kontra dalam UNBK Bahasa Indonesia
www.ilmubindo.com

3. Bacalah paragraf berikut!
1) Larangan merokok di tempat umum menjadi perdebatan dalam masyarakat. 2) Kelompok pendukung mengharapkan larangan tersebut dapat dijalankan, sedangkan kelompok penentang menginginkan larangan tersebut segera dicabut. 3) Kelompok pendukung menganggap merokok dapat menganggu kualitas udara. 4) Selain, asap rokok menyebabkan kerugian bagi perokok pasif, seperti terkena penyakit dan gangguan kesehatan. 5) Namun, bagi penentangnya, larangan merokok di tempat umum sangat mengganggu. 6) Mereka beranggapan larangan tersebut melanggar hak asasi, khususnya bagi kaum perokok.

Kalimat dukungan dalam paragraf tersebut adalah kalimat berangka ....
A. 4) dan 5)
B. 3) dan 4)
C. 2) dan 3)
D. 1) dan 2)

4. Bacalah paragraf berikut!
1) Beberapa waktu yang lalu, Pemerintah sempat mengagendakan pemberlakuan kebijakan sistem lima hari sekolah. 2) Tentu saja ada pihak yang setuju ataupun tidak setuju menanggapi kebijakan tersebut. 3) Sistem lima hari sekolah dapat menghindarkan siswa dari pergaulan negatif di luar sekolah. Namun, apakah lima hari sekolah mempunyai banyak manfaat bagi siswa? 4) Sebagian orang beranggapan kebijakan lima hari sekolah malah membuat siswa kecapaian. 5) Siswa akan terbebani dengan pelajaran yang memakan waktu lama setiap harinya.

Kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan adalah kalimat berangka ....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 4) dan 5)

5. Bacalah ilustrasi berikut!
Kegiatan mudik adalah tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Mudik dianggap sebagai kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Dengan mudik, seorang perantau dapat kembali bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Namun, bagi beberapa orang, mudik dianggap dapat menyebabkan beberapa kerugian, seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Tanggapan positif dari ilustrasi tersebut adalah ....
A. Seharusnya, Pemerintah dapat mengatasi kemacetan yang ditimbulkan akibat kegiatan mudik menjelang hari raya Lebaran.
B. Kegiatan mudik perlu dilestarikan karena dapat menjadi agenda tahunan yang menjadi salah satu ciri khas masyarakat Indonesia
C. Seharusnya, mudik pada hari lebaran tidak perlu dilakukan karena pada zaman modern ini sudah ada handphone untuk berkirim kabar.
D. Seharusnya, pemudik berhati-hati agar selamat sampai kampung halaman dan dapat bersilaturahmi dengan keluarganya.

6. Bacalah ilustrasi berikut!
Narkoba menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia. Peredaran narkoba di Indonesia semakin lama semakin marak. 1) Oleh karena itu, ada kebijakan dari Pemerintah untuk memberlakukan hukuman mati bagi bandar narkoba. 2) Kebijakan tersebut mendapat pro dan kontra dari masyarakat. 3) Masyarakat yang pro dengan kebijakan tersebut berpendapat hukuman mati akan membuat jera bandar narkoba. 4) Pada sisi lain, masyarakat yang kontra terhadap kebijakan tersebut berpendapat hukuman mati merupakan bentuk hukuman yang merendahkan martabat manusia dan bertentangan dengan hak asasi manusia.

7. Bacalah teks berikut!
1) Vaksin campak dan rubella sangat dibutuhkan untuk mencegah penyakit campak dan rubella pada anak yang disebabkan oleh virus. 2) Banyak orang tua yang khawatir akan risiko yang ditimbulkan dari imunisasi campak dan rubella. 3) Orang tua dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter anak untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas. 4) Orang tua yang memiliki pengetahuan luas dengan rajin mencari informasi mengenai imunisasi ini dan mendukung anaknya untuk mendapatkan imunisasi campak dan rubella.

Kalimat persetujuan berdasatkan ilustrasi tersebut terdapat pada kalimat berangka ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

8. Bacalah teks berikut!
1) Adanya peraturan mengenai program lima hari belajar di sekolah memunculkan berbagai pendapat dalam masyarakat. 2) Dengan lima hari belajar, peserta didik akan memiliki waktu luang bersama keluarga. 3) Akan tetapi, peserta didik tidak dapat memiliki waktu untuk beristirahat dengan cukup dan mengulang materi yang diajarkan di sekolah. 4) Sebaliknya, program lima hari belajar tersebut dapat membantu guru menyiapkan materi yang akan diajarkan.

Kalimat ketidaksetujuan berdasarkan ilustrasi tersebut terdapat pada kalimat berangka ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

9. Bacalah teks berikut!
1) Bisnis online merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mudah. 2) Sebagian orang berpendapat bahwa bisnis online sangat fleksibel karena bisa dilakukan pada saat kita sedang liburan. 3) Namun, ada yang berpendapat bahwa orang yang menjalani bisnis online akan bergantung pada sinyal internet. 4) Ada pula yang berpendapat bahwa bisnis online merupakan pekerjaan yang melelahkan karena menuntut seseorang untuk berjam-jam di depan layar monitor atau handpohone.

Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada angka ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

10.  Bacalah teks berikut!
1) Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) merekomendasikan agar stasiun membuat tempat khusus mangkal ojek online. 2) Sebagian orang berpendapat lahan parkir tersebut penting karena lalu lintas di wilayah stasiun di Jabodetabek terganggu dengan maraknya para ojek online yang parkir di trotoar. 3) Menanggapi persoalan tersebut, saat ini stasiun sudah memiliki lahan parkir baru untuk ojek online. 4) Namun, masih ada beberapa pengendara ojek online yang tetap parkir di trotoar sekitar Stasiun Sudirman.

Kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan terhadap persoalan terdapat pada angka ....
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

Kunci Jawaban:
  1. A
  2. C
  3. B
  4. D
  5. D
  6. A
  7. A
  8. B
  9. C
  10. A

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Simpulan Pendapat Pro/Kontra dalam UNBK Bahasa Indonesia

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /