Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan - Materi Paragraf



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal materi paragraf dalam pembelajaran bahasa Indonesia dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya materi paragraf dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar, semoga apa yang kalian pelajari ini dapat bermanfaat. Terima kasih dan salam  sukses.

1. Para menteri diangkut dengan kendaraan lainnya. Hal ini terpaksa dilakukan karena suasana yang sudah ramai dipadati oleh masyarakat. Bus yang membawa para menteri terpaksa parkir dilapangan Karang Bangun, sekitar dua kilometer di bawah Astana Giribangun. Areal parkir  A yang cukup sempit hanya berjarak 50 meter dari Cungkup Argosari dan hanya cukup untuk mobil-mobil anggota konvoi protokoler kepresidenan.

Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan - Materi Paragraf
www.ilmubindo.com

Karangan tersebut dikembangkan dengan model pengembangan ....
A. Induktif
B. Deskriptif
C. Deduktif
D. Klasifikasi

Pembahasan:
Karangan tersebut memmpunyai kalimat utama di awal paragraf. Karangan yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf dikembangkan dengan model pengembangan deduktif. 
Jawaban: C

2. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas kesehatan. Setiap anggota Palang Merah Remaja (PMR) harus mempunyai kemampuan untuk menolong korban kecelakaan. PMR adalah kader PMI yang betugas dengan sukarela. Agar mampu menolong korban kecelakaan, anggota PMR diajari prinsip kepalangmerahan.

Kalimat topik paragraf tersebut terletak pada ....
A. Akhir paragraf
B. Awal paragraf
C. Tengah paragraf
D. Awal dan akhir paragraf

Pembahasan:
Kalimat topik adalah kalimat yang sudah terdapat dalam paragraf tersebut, yang mengungkapkan pokok pikiran utama dalam satu alinea. Kalimat utama terletak di awal (deduktif), di akhir (induktif), atau di awal dan akhir (campuran). Kalimat topik paragraf tersebut terletak di awal paragraf.
Jawaban: B

3. Pada liburan mendatang Karang Taruna akan berdarmawisata. Menurut rencana, mereka akan pergi ke pengunungan. Hartati tidak senang pergi ke pengunungan. Hartati lebih suka pergi ke pantai.

Kesimpulan yang logis dari paragraf tersebut adalah ....
A. Hartati ikut rombongan Karang Taruna
B. Hartati tidak ikut pergi ke pengunungan
C. Hartati tidak ikut berdarmawisata
D. Hartati akan ikut apabila pergi ke pantai

Pembahasan:
Kesimpulan merupakan keputusan yang memerhatikan semua gagasan yang dijelaskan dalam kalimat sebelumnya atau sesudahnya. Kesimpulan yang logis atau masuk akal merupakan bentuk penalaran (logika) antara pernyataan benar dengan bacaan tersebut. Dapat ditarik "benang merah" paragraf di atas terdapat pertentangan (konflik) antara pergi ke gunung dengan batin Hartati yang tidak suka ke gunung, lebih suka ke pantai. Jadi, kesimpulan yang logis adalah "Hartati tidak ikut berdarmawisata".
Jawaban: C
 
4. Keterampilan berpidato ini bukanlah masalah yang gampang dan bisa tumbuh dengan sendirinya, melainkan perlu ditumbuhkan, dibina, dan dilatih sejak dini. Berbekal keterampilan pidato ini akan dapat dilakukan di berbagai kegiatan, antara lain memberi sambutan, berani mempresentasikan kertas kerja, dan sebagainya. Oleh karena itu, dalam berpidato perlu memperhatikan strategi pidato yang meliputi menetapkan tujuan pidato, lama pidato, materi, diksi atau pilihan kata, dan sebagainya.

Paragraf tersebut berpola ....
A. Umum-khusus
B. Khusus-umum
C. Sebab-akibat
D. Akibat-sebab

Pembahasan:
Paragraf berpola sebab-akibat dapat dicirikan dengan konjungsi sebab, akibat, karena, maka, dan sehingga. Paragraf di atas memaparkan mengenai beberapa hal terkait dengan pentingnya keterampilan berpidato dan mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum berpidato. Jadi, paragraf tersebut dapat ditentukan berpola sebab-akibat dengan konjungsi "oleh karena itu".
Jawaban: C
Demikianlah yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan - Materi Paragraf

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template