Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal Menilai Keunggulan/Kelemahan Teks (Kisi-Kisi UN 2019)



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal ujian nasional Bahasa Indonesia kelas 9 tahun 2019 dengan indikator soal menilai keunggulan/kelemahan teks. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

1. Bacalah teks berikut!
1) Kantong semar merupakan tumbuhan karnivor, yaitu tumbuhan yang hidup dengan memakan serangga-serangga kecil seperti lalat, semut, lebah, dan yang lainnya. 2) Jenis-jenis serangga ini banyak ditemui di hutan. 3) Tumbuhan kantong semar mulai dikonservasikan di berbagai daerah di Indonesia. 4) Tujuan agar tumbuhan ini tidak punah dan tetap terjaga kelestariannya.

Kelemahan teks laporan di atas adalah terdapat kalimat yang tidak padu, yaitu kalimat nomor ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

2. Bacalah teks eksposisi berikut!
Sebelum beranjak ke masa dewasa tentunya anak-anak harus melewati masa remaja terlebih dahulu. Sementara itu, usia remaja adalah usia di mana kita berumur kisaran 11 tahun sampai dengan 20 tahun. Pada masa inilah remaja akan mencari jati diri mereka. Pada masa ini remaja bisa dikatakan berada dalam fase rawan karena pengaruh, baik maupun buruk dapat masuk dengan mudah. Oleh karena itu, fase inilah yang nantinya akan menentukan sifat remaja setelah dewasa.

Kelebihan dan kekurangan teks ekposisi di atas ....
A. Argumentasi belum jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di pusat yang salah
B. Argumentasi sudah jelas dan tidak ada penggunaan kata yang salah
C. Argumentasi sudah jelas, tetapi ada penggunaan kata yang salah
D. Argumentasi belum jelas dan tidak ada penggunaan kata yang salah

Contoh Soal Menilai Keunggulan/Kelemahan Teks (Kisi-Kisi UN 2019)
www.ilmubindo.com

3. Bacalah teks berikut!
1) My Idiot Brother merupakan sebuah novel hasil karya Agnes Davonar. 2) Novel My Idiot Brother ini bercerita tentang sebuah arti kehidupan yang membutuhkan sebuah pengorbanan. 3) Ada seorang anak bernama Angel. 4) Seorang gadis remaja yang baru berusia 15 tahun yang tidak pernah dapat menerima keadaan kakaknya yang bernama Hendra yang terlahir dengan keterbelakangan mental. 5) Meskipun Angel begitu malu dan membenci kakaknya, Hendra tak pernah bersedih hati.

Ketidakefektifan teks ulasan  di atas terdapat pada nomor ....
A. 3 dan 4
B. 2 dan 4
C. 1 dan 4
D. 1 dan 2

4. Bacalah teks berikut!
Kartini adalah seorang wanita jawa yang mempunyai pandangan melebihi jamannya pada saat itu. Meski dia sendiri terbelenggu oleh jaman yang mengikatnya dengan adat istiadat. Pada tanggal 17 September 1904, Kartini meninggal dunia pada usia 25 tahun, setelah melahirkan anak pertama dan satu-satunya.
Dia adalah salah satu wanita yang menjadi pelopor emansipasi wanita di tanah jawa. Surat-surat korespondensinya dengan teman-temannya di Belanda kemudian dibukukan oleh abendanon dengan judul "Door Duistemis Tot Licht" atau yang biasa kita kenal sebagai "Habis Gelap Terbitlah Terang".

Penulisan yang tepat yang bercetak miring adalah ....
A. Jawa, zaman, dan Abendanon
B. Jawa, zaman, dan abendanon
C. Jawa, zaman, dan abendanon
D. Jawa, jaman,  dan abendanon

5. Bacalah teks berikut!
Cara Mudah Membuat Slime
Slime adalah salah satu mainan favorit untuk anak-anak yang dapat kita beli di toko mainan. Namun, sebenarnya kita juga bisa membuat slime sendiri di rumah, berikut ini adalah caranya:

Alat dan Bahan:
  1. 1 botol slime activator yang bisa diperoleh di toko terdekat
  2. 1 botol baby oil
  3. Pewarna makanan (warna sesuai dengan selera yang kalian inginkan)
  4. 1 botol lem povinal
  5. Sendok dan piring
 Cara Membuat:
  1. Campur lem povinal dengan pewarna makanan dalam sebuah wadah sampai warnanya merata
  2. Setelah tercampur, selanjutnya tambahkan slime activator ke dalam wadah tersebut dengan menuangkannya sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai campuran membentuk gel dan tidak lengket di wadah.
  3. Selanjutnya tambahkan baby oil agar slime tidak lengket pada saat kita sentuh.
  4. Slime siap untuk  digunakan
 Kelemahan teks prosedur di atas adalah ....
A. tidak adanya tujuan
B. tidak ada judul
C. penggunaan ejaan salah
D. penggunaan langkah-langkah
6. Bacalah teks berikut!
Sebaiknya, kita sebagai orang tua mengawasi atau memantau penggunaan ponsel pintar yang dipakai oleh anak-anak di bawah umur, sehingga tidak ada sampai terjadi hal-hal yang berdampak negatif pada anak-anak dibawah umur. Justru sebaliknya, penggunaan telepon genggam tersebut harus dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak di bawah umur tersebut.
Tanggapan tentang teks tersebut di atas  adalah ....
A. Dua paragraf belum padu walaupun ditandai dengan penggunaan hubungan antarparagraf
B. Dua paragraf sudah padu, tetapi tidak ditandai dengan penggunaan hubungan antarparagraf
C. Dua paragraf belum padu karena tidak terdapat penggunaan hubungan antarparagraf
D. Dua paragraf sudah padu yang ditandai dengan penggunaan hubungan antarparagraf
7.Bacalah teks berikut!
1) Singgalang adalah nama penting bagi Sumatra Barat. Ini adalah nama gunung dengan ketinggian 2.877 meter. Oleh karena itu, ketika Muhammad Subhan menggunakan kata "Singgalang" di novelnya, pembaca akan langsung "terbawa" pada lokalitas Sumatra Barat.

2) Rinai Kabut Singgalang bercerita tentang perjuangan seorang remaja dalam meraih cita-citanya. Di sana, juga ada konflik kulkur. Ada Maimunah asal Pasaman, Sumatra Barat, yang menikah dengan lelaki Aceh bernama Munaf. lalu tinggal di Aceh. Dari pernikahan itulah, lahir tokoh Fikri, tokoh utama novel ini. Namun, perkawinan itu ditentang oleh keluarga Maimunah.

3) Fikri kemudian merantau ke Padang. Selanjutnya, muncul pula kisah cinta antara Fikri dan Rahima. Persoalan kultural mengemuka lagi dan menjadi "biang keladi" dalam hubungan kedua. Konflik ini lalu diaduk-aduk dalam muncul dengan beragam motif.

4) Subhan yang dikenal sebagai wartawan, tidak hanya berusaha menghadirkan persoalan kultur, ia juga "mereportasekan" sejumlah tempat di Sumatra Barat.

Pernyataan yang merupakan keunggulan buku pada teks tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

Kunci Jawaban:
  1. C
  2. C
  3. B
  4. A
  5. C
  6. B
  7. D

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Menilai Keunggulan/Kelemahan Teks (Kisi-Kisi UN 2019)

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template