Contoh Soal Menunjukkan Kalimat yang Tidak Sesuai dengan Kaidah - UNBK SMP 2020

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal ujian nasional sesuai dengan kisi-kisi mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 tahun 2019. Semoga contoh soal yang admin bagikan di sini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh soal ujian nasional indikator soal menunjukkan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah. Selamat belajar, semoga apa yang kalian pelajari hari ini memberi manfaat buat kalian semua. 

Contoh Soal Menunjukkan Kalimat yang Tidak Sesuai dengan Kaidah - UNBK SMP 2020
www.ilmubinco.com

Contoh Soal UN:
1. Perhatikan paragraf berikut!
1) Dua ruas jalan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ambles akibat hujan lebat sejak selasa, 27 November 2018 siang. 2) Peristiwa ini disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Prasetyo Budi Widodo. 3) Berada di ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Kalikesur dan Desa Windujaya, Kecematan Kedungbanteng. 4) Selain itu, titik ambles berada di ruas jalan desa yang masuk wilayah Desa Windujaya.

Kalimat yang tidak tepat dalam paragraf tersebut ditunjukkan pada kalimat berangka ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Jawaban: C

2. Perhatikan kalimat berikut!
Kereta Api Joglosemarkerto relasi Yogyakarta- Solo - Semarang - Purwekerto resmi diluncurkan di Stasiun Solo Balapan Solo, Jawa Tengah. Acara peresmian peluncuran kereta api tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 1 Desember 2018. Peluncuran dilakukan dengan prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga KA Joglosemarkerto.

Perbaikan kalimat bercetak miring tersebut adalah ....
A. Peluncuran KA Joglosemarkerto dilakukan dengan prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga.
B. Joglosemarkerto dilakukan peluncuran KA dengan prosesi pemecahan kendil dam pemotongan tali rangkaian bunga.
C. Dilakukan dengan peluncuran KA Joglosemarkerto prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga
D. Peluncuran KA Joglosemarkerto dilakukan pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga dengan prosesi

Jawaban: A

3. Perhatikan paragraf berikut!
Sampah menumpuk di sepanjang jalan Karang Satria, Desa Karang Satria, Desa Karang Satria, Kecematan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Warga RT. 006 setempat, Hasanah, mengatakan penumpukan sampah sudah lama terjadi dan belum pernah diangkut. Menurutnya, keberadaan sampah-sampah tersebut menimbulkan bau tidak sedap di lingkungan tempat tinggalnya. Hasanah berharap pemerintah setempat segera mengatasi masalah penumpukan sampah tersebut. Pemerintah telah menindak tegas para pembuang sampah sembarangan.

Kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut salah karena ....
A. penggunaan kalimat tidak baku
B. penggunaan kalimat tidak efektif
C. penggunaan kalimat tidak padu
D. penggunaan kalimat berlebihan

Jawaban: C
4. Perhatikan paragraf berikut!
Kacang kedelai secara alami mengandung banyak asam lemak, protein, vitamin dan mineral. Nutrisi-nutrisi ini memberikan energi dan membantu menjaga tubuh agar berfungsi optimal. Salah satu manfaat susu kedelai dapat mencegah osteoporosis untuk meningkatkan daya serap kalsium. Kedelai dapat mengandung beragam mikronutrium yang potensial menjaga kesehatan mental.

Perbaikan kalimat yang bercetak miring dalam paragraf tersebut agar menjadi padu adalah ....
A. Salah satu manfaat susu kedelai berkaitan dengan asam lemak omega -3 dan omega -6 untuk kebutuhan pembuluh darah
B. Salah satu manfaat susu kedelai yaitu memiliki kandungan gula yang lebih rendah untuk penurunan berat badan
C. Salah satu manfaat susu kedelai menghambat perkembangan diabetes tipe 2 yang mengandung mikronutrien
D. Salah satu manfaat susu kedelai yaitu membantu mengurangi risiko terkena tekanan mental

Jawaban: D

5. Bacalah paragraf berikut!
Matcha dan sencha merupakan dua jenis teh hijau ocha yang cukup populer di Jepang. Matcha merupakan bubuk ocha yang dibuat dengan teknik tertentu menggunakan batu. Dahulu Matcha dikonsumsi ketika upacara minum teh. Namun, kini matcah sudah menjadi bagian hidup sehari-hari. Selain diminum dalam bentuk teh, matcha bisa ditemukan dalam es krim, kue, dan masakan lainnya. Sencha adalah varian yang paling banyak diproduksi di Jepang. Sencha memiliki rasa sepat karena mengandung banyak chatecin, tetapi orang-orang Jepang merasa mengonsumsi sencha menjadi lebih segar. Ocha dibudidayakan dengan cara menutup kawasan perkebunan teh menggunakan terpal agar tidak terkena sinar matahari.

Kalimat terakhir pada paragraf tersebut terdapat kesalahan karena penggunaan ....
A. kalimat tidak efektif
B. kalimat tidak padu
C. kalimat berlebihan
D. kalimat ambigu

Jawaban: B

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Menunjukkan Kalimat yang Tidak Sesuai dengan Kaidah dalam Ujian Nasiona bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh soal terbaru seputar mata pelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses.

BUKA SOAL