Contoh Soal Ringkasan Isi Teks - UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal kisi-kisi ujian nasional tahun 2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9. Semoga soal kali ini dapat membantu anak didik dalam menghadapi ujian nasional tahun ini. Selamat belajar, semoga sukses.

1. Bacalah teks berikut!
Penyebab utama banyaknya gelandangan di kota-kota besar adalah terbatasnya lapangan pekerjaan di daerah asal. Lapangan kerja yang terbatas memicu banyak orang desa pergi mengadu nasib ke kota-kota besar. Akibatnya, mereka menjadi gelandangan di kota-kota besar tersebut.
Gelandangan di kota-kota besar perlu segera di atasi. Setidaknya ada dua cara untuk mengatasi keberadaan gelandangan tersebut. Pertama, dengan membekali mereka keahlian yang dapat mereka gunakan untuk mencari kerja pada kemudian hari. Kedua, memberikan penguatan mental agar mereka punya rasa malu menggelandangan di kota besar, lalu pulang ke daerahnya masing-masing.

Ringkasan tepat paragraf tersebut adalah ....
A. Gelandangan di kota-kota-kota besar timbul karena kurangnya lapangan pekerjaan di daerah asal. Gelandangan di kota-kota besar dapat diatasi dengan cara membekali mereka keahlian dan penguatan mental agar mereka malu menggelandangan.
B. Gelandangan di kota-kota besar perlu segera diatasi dengan cara membekali mereka dengan keahlian dan penguatan mental agar malu hidup menggelandang. Cara tersebut diharapkan dapat mengurangi jumlah gelandangan di kota-kota besar.
C. Penyebab utama banyaknya gelandangan di kota-kota besar adalah terbatasnya lapangan pekerjaan di daerah asal. Lapangan kerja yang terbatas mendorong mereka untuk mengadu nasib di kota besar.
D. Penyebab utama banyaknya gelandangan di kota-kota besar adalah terbatasnya lapangan pekerjaan di daerah asal. Akibatnya, mereka mencari pekerjaan dan menjadi gelandangan di kota-kota besar.

Contoh Soal Ringkasan Isi Teks - UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9
www.ilmubindo.com

 2. Bacalah teks berikut!
Nugget sangat digemari masyarakat. Nugget yang dijual di pasaran juga sudah sangat banyak. Nugget tersebut dijual dengan merek yang berbeda-beda. Nugget yang dijual dipasar ada yang ditambahi bahan makanan lain, seperti sayur dan udang. Nugget termasuk makanan yang mempunyai kandungan gizi tinggi.
Selain terbuat dari daging dan ikan, nugget dapat dibuat dari bahan nondaging, seperti sayuran. Nugget yang terbuat dari sayuran ini juga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan minat para konsumen terutama anak-anak yang tidak menyukai sayur-sayuran. Produk olahan ini juga menjadi pilihan tersendiri untuk para konsumen vegetarian yaitu konsumen yang tidak mengonsumsi daging dan ikan.

Ringkasan yang tepat bacaan tersebut adalah ....
A. Nugget dibuat dari sayuran untuk menarik minat anak-anak yang tidak suka sayuran
B. Nugget yang sangat digemari masyarakat dapat dibuat dari bahan nondaging
C. Nugget yang sangat digemari masyarakat terbuat dari daging dan ikan
D. Nugget yang sangat digemari masyarakat memunyai kandungan gizi tinggi

3. Bacalah teks berikut!
Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang. Bunga ini mekar pada musim semi. Bunga sakura dapat terlihat di berbagai tempat di Jepang. Masyarakat Jepang menganggap bunga sakura sebagai simbol penting. Gambar atau lukisan bunga sakura dapat ditemui hampir di semua barang yang ada di Jepang.
Bunga sakura dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Bunga sakura dapat digunakan untuk membuat teh. Bunga sakura yang sudah direndam air garam dimanfaatkan untuk acar. Bunga sakura bermanfaat untuk kecantikan kulit karena bunga sakura memiliki kandungan zat melatonin dan antioksidan.

Ringkasan yang tepat bacaan tersebut adalah ....
A. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang dan mengandung zat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit
B. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang karena dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan
C.  Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang karena gambar atau lukisannya dapat ditemui hampir di semua tempat di Jepang
D. Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang karena terlihat di berbagai tempat di Jepang pada musim semi.

4. Bacalah bacaan berikut!
Daun suji memiliki banyak manfaat. Daun suji sering dimanfaatkan sebagai bahan pewarna untuk makanan. Selain itu, daun suji sering digunakan sebagai obat tradisional.
Daun suji dapat digunakan untuk mengobati sakit perut. Daun suji mengandung flavonid dan tanin yang bersifat antibakteri. Jadi, bakteri yang menyebabkan sakit perut bisa diatasi dengan meminum air rebusan daun suji.
Selain sebagai obat sakit perut, daun suji digunakan untuk mengobati batuk berdarah. Lima belas lembar daun suji ditumbuk sampai halus, lalu ditambahkan setengah gelas air. Kemudian, diperas untuk diambil sarinya.

Ringkasan yang tepat teks tersebut adalah ....
A. Daun suji memunyai banyak manfaat bagi manusia. Daun suji biasa digunakan sebagai pewarna makanan. Selain itu, daun suji biasa digunakan untuk mengobati sakit perut.
B. Daun suji sering dimanfaatkan sebagai pewarna makanan. Daun suji juga dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut. Selain mengobati sakit perut, daun suji digunakan untuk mengobati batuk berdarah.
C. Daun suji dapat digunakan untuk mengobati sakit perut. Daun suji mengandung flavonid dan tanin antibakteri. Kandungan flavonid dan tanin tersebut akan membunuh bakteri yang menyebabkan sakit perut
D. Daun suji serig dimanfaatkan sebagai pewarna makanan. Selain, sebagai pewarna makanan, daun suji digunakan untuk mengobati sakit perut. Kandungan flavonid dan tanin pada daun suji berfungsi membunuh bakteri penyebab sakit perut

5. Bacalah bacaan berikut!
Upaya pemeliharaan kesehatan tidak akan berhasil jika tidak ada perubahan sikap mental dan perilaku. Dari sekian banyak penyakit terkini, sumbernya tiada lain adalah gaya hidup yang keliru. Jika menjalankan hidup yang sehat benar, penyakit akan jauh dari kita. Gaya hidup yang sehat dan benar dapat dilakukan dengan cara makan yang bergizi, berolahraga dengan takaran yang pas, stop merokok dan kurangi alkohol, serta mental batin yang tenang.

Ringkasan bacaan tersebut adalah ....
A. Berbagai penyakit yang menyerang seseorang dikarenakan pola makan yang keliru
B. Jika pemeliharaan sehat, jauhi merokok serta mental batin yang tenang
C. Upaya pemeliharaan kesehatan sangat penting bagi orang Indonesia
D. Gaya hidup yang sehat dan benar dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit

6. Bacalah teks berikut!
Diabetes militus merupakan kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik kenaikan kadar glukosa darah yang terjadi kelainan sekresi insulin, kelainan kerja insulin atau dua-duanya. Gejala penderita ini antara lain sering buang air kecil, mata kabur, lemah badan, serta mudah haus dan lapar. Komplikasi Diabetes miletus adalah penyakit jantung, stroke, buta, gagal ginjal, kerusakan syaraf, dan luka kaki yang sulit disembuhkan.
Diabetes militus tidak dapat disembuhkan. Namun, penderitanya tetap dapat melakukan aktivitas seperti orang normal jika dapat mengontrol kadar gula darah dengan baik.

Ringkasan bacaan yang tepat adalah ....
A. Penderita Diabetes dapat beraktivitas normal jika mengontrol kadar gula dengan baik
B. Diabetes miletus merupakan penyakit metabolik yang tidak dapat disembuhkan
C. Komplikasi Diabetes militus antara lain penyakit jantung, dan kerusakan syaraf
D. Penderita Diabetes harus mengontrol makanannya supaya kesehatannya stabil

7. Bacalah bacaan berikut!
Masker wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat melebabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri.
Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan  jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.

Ringkasan bacaan tersebut adalah ....
A. Gunakan masker sesuai dengan kulit
B. Masker membuat kulit wajah berseri
C. Masker lumpur mengurangi lemak
D. Fungsi masker dan penggunaannya

8. Bacalah teks berikut!
Kain batik kini mulai mendunia. Batik selalu dicari dan dijual diberbagai pasar, baik lokal maupun internasional. Daya tarik batik tidak hanya pada proses pembuatannya, namun juga pada berbagai pilihan motifnya. 
Warna batik memiliki daya pikat yang tinggi. Mula-mula batik hanya terdiri atas satu macam warna. Misalnya, di Jawa Barat, khususnya Cirebon, warna paling populer adalah putih-merah tua dan putih biru tua dan terkenal dengan motif mega mendungnya. Di Solo, terkenal warna batik sogan atau cokelat-putih. Sedangkan di Yogyakarta terkenal dengan warna batik hijau-putih.

Ringkasan tepat bacaan tersebut adalah ....
A. Mula-mula batik hanya memiliki satu macam warna, namun kemudian menjadi banyak warna dan motif
B. Daya tarik batik meliputi proses pembuatan, motif, serta warnanya
C. Batik Cirebon terkenal dengan motif mega mendung
D. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri mengenai warna batik

9. Bacalah paragraf berikut!
Bencana yang berupa gempa menimbulkan tsunami dan gunung meletus tengah melanda Indonesia. LSM Wahana Lingkungan Hidup pernah melakukan penelitian mengenai kondisi alam negeri ini. Hasilnya, 83 % wilayah Indonesia merupakan daerah rawan bencana. Dengan demikian, angka tersebut menunjukkan bahwa zona aman di negara kepulauan ini sangat sedikit di bawah 20%.

Ringkasan yang tepat isi paragraf tersebut adalah ....
A. Gempa, tsunami, gunung meletus yang terjadi menunjukkan bahwa zona aman negeri Indonesia sangat sedikit
B. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Indonesia termasuk negara rawan bencana
C. Hasil penelitian LSM Wahana Lingkungan Hidup sangat meresahkan masyarakat
D. Gempa di negara kita dapat menimbulkan bencana tsunami dan gunung meletus

10. Bacalah paragraf berikut!
Setipa hari sadar atau tidak sadar kita telah dijejali dengan berbagai iklan. Saat kita jalan-jalan. Kita dapat dengan mudah menjumpai papan iklan yang bertebaran di mana-mana. Saat kita sedang asyik menonton TV, kita juga rela disela iklan. Demikian juga, Saat kita mendengarkan radio, membaca koran, membaca majalah, nyaris dapat dipastikan iklan tidak mau ketinggalan. Hampir semua media yang menyentuh publik menjadi media iklan.

Ringkasan dari paragraf tersebut adalah ....
A. Hampir semua media menjadi media iklan
B. Saat kita menonton TV kita rela disela iklan
C. Papan iklan dengan mudah dapat kita jumpai di mana-mana
D. Setiap hari kita telah dijejali dengan berbagai iklan

Kunci Jawaban:
  1. A
  2. B
  3. B
  4. B
  5. D
  6. B
  7. D
  8. B
  9. B
  10.  D