Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Contoh Soal dan Pembahasan PG Bahasa Indonesia SMP - Karya Tulis



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal pilihan ganda materi bahasa Indonesia "karya tulis". Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dan juga Bapak/Ibu guru dalam mencari soal-soal terbaru seputar mata pelajaran karya tulis. Selamat belajar semoga sukses.

1. Sebelum kamu berangkat sekolah Pak RT datang ke rumahmu. Kebetulan ayahmu tidak ada di rumah. Pak RT berpesan agar ayahmu datang ke rumah Pak RT pukul 19.00 membawa buku daftar warga.
Memo yang kamu tulis kepada ayahmu yang tepat adalah ....
A. Karena ayah tidak ada di rumah pesan Pak RT saya yang menerimanya
B. Ayah, dimohon datang ke rumah Pak RT pukul 19.00, membawa buku daftar warga
C. Pak RT diharapkan datang bersama ayah dengan membawa daftar warga pukul 19.00
D. Tadi siang Pak RT datang ke sini menanyakan ayah dan ayah disuruh datang ke rumahnya

Contoh Soal dan Pembahasan PG Bahasa Indonesia SMP - Karya Tulis
www.ilmubindo.com

Pembahasan:
Memo adalah pesan singkat yang berisi, saran, arahan, atau penjelasan tentang suatu hal. Memo dibagi menjadi dua, yaitu memo vertikal yang sering dibuat oleh atasan ditujukan kepada bawahannya, sedang memo horizontal ditujukan dari orang yang berkedudukan setara. Memo yang tepat untuk soal di atas  adalah "Ayah, dimohon datang ke rumah Pak RT pukul 19.00, membawa buku daftar warga"

Jawaban: B

2. Paragraf yang dikembangkan dari pengalaman pribadi terdapat pada ....
A. Hampir saja aku tenggelam, jika aku tidak memegang kaki temanku yang pandai berenang. Kukira sungai itu dangkal. Aku tidak jera meskipun harus belajar berenang.
B. Harga kebutuhan pokok mesyarakat semakin meningkat. Keluhan masyarakat terdengar di mana-mana. Apa yang dapat mereka lakukan atau pasrah sajakah?
C. Jika kita telah mengenal produk-produk dalam negeri, kita dapat menghargainya. Apalagi jika kita dapat membeli dan menggunakannya.
D. Apa pun yang dikerjakan selalu salah. Padahal jika diperhatikan, ia anak yang paling rajin di antara saudara-saudara

Pembahasan:
Pengalaman pribadi adalah cerita bebas dari seseorang yang bersifat pribadi atau rahasia berisi tentang cerita yang menarik, sedih, jengkel, marah, dan lainnya. Paragraf yang dikembangkan dari pengalaman pribadi adalah "Hampir saja aku tenggelam, jika aku tidak memegang kaki temanku yang pandai berenang. Kukira sungai itu dangkal. Aku tidak jera meskipun harus belajar berenang".

Jawaban: A

3. (1) Buku ini terbitan Balai Pustaka. (2) Buku sastra ini sangat perlu dibaca oleh para pelajar. (3) Buku itu mengulas tentang sejarah sastra. (4) Juga menjelaskan aliran sastra dan tokohnya. (5) Hanya saja harga buku tersebut sangat mahal bagi ukuran kantong pelajar.
Kalimat yang menyatakan keunggulan buku adalah nomot ....
A. (1)-(2)-(3)
B. (1)-(3)-(4)
C. (2)-(3)-(4)
D. (2)-(4)-(5)

Pembahasan:
Resensi adalah tulisan yang berisi ulasan, pertimbangan, atau pembicaraan baik buruknya sebuah karya sastra. Kalimat yang berisi keunggulan buku ditandai dengan memaparkan kelebihan-kelebihan dari buku yang dipaparkan. Sedangkan, kekurangan buku berisi pemaparan tentang hal-hal yang dirasa kurang. Kalimat yang menyatakan keunggulan buku adalah: (2) Buku sastra ini sangat perlu dibaca oleh para pelajar. (3) Buku itu mengulas tentang sejarah sastra. (4) Juga menjelaskan aliran sastra dan tokohnya.

Jawaban: C

4. Hari ini tanggal 17 Agustus 2019, tim kamu akan menerima hadiah dan paila penghargaan dari bapak walikota karena kamu dan teman-temanmu memenangkan lomba musikalisasi puisi sebagai juara 1.
Catatan buku harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Kami menerima bingkisan dari walikota hadiah lomba musikalisasi puisi
B. Oh, asyiknya, aku mendapat hadiah dari walikota karena menang lomba
C. Tanggal 17  Agustus 2019 aku menerima piala  dari walikota sebagai juara lomba 
D. Tanggal 17 Agustus 2019 tim musikalisasi puisi kami terima hadiah dari walikota. Alangkah senangnya.

Pembahasan:
Buku harian atau diary berfungsi untuk mencatat cerita atau pengalaman pribadi yang bersifat senang, sedih, sebel, dan lainnya. Catatan buku harian yang sesuai dengan ilustrasi pada soal tersebut adalah "Tanggal 17 Agustus 2019 tim musikalisasi puisi kami terima hadiah dari walikota. Alangkah senangnya.".

Jawaban: D

Demikianlah yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal dan Pembahasan PG Bahasa Indonesia SMP - Karya Tulis

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template