Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan Karya Sastra

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal karya sastra dalam bahasa Indonesia. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar mata pelajaran karya sastra. Terima kasih dan salam sukses.

1."Jadi pionir berat, karena mereka menghela sejarah ke depan." Kalimat itu berulang-ulang tergiang di telinga Yusuf, sebuah pendapat yang keluar dari mulut perempuan Tionghoa. Yusuf amat terkagum pada Liam Min, berani mengajukan pendapat seperti itu, padahal Yusuf yakin bahwa kaum Tionghoa perantauan tidak pernah setuju terjadinya asimilasi antara masyarakat minoritas itu terhadap masyarakat Indonesia.

Konflik yang terjadi pada penggalan novel tersebut adalah ....
A. Fisik
B. Batin
C. Lahir
D. Ide

Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan Karya Sastra
www.ilmubindo.com

Pembahasan:
Konflik merupakan bagian dari alur atau plot. Konflik yang terjadi pada kutipan novel tersebut adalah konflik ide. Yakni, pendapat Yusuf mengenai orang Tionghoa dengan kenyataan yang didapatnya pada Liam Min (seorang keturunan Tionghoa).

Jawaban: D

2. Astaga, siapa orang-orang ini?  Tampang mereka seperti orang-orang kriminal. Namun, hak mereka sama dengan semua penumpang yang masuk taksiku. Aku tak perlu tahu urusan mereka. Barangkali juga tidak berhak tahu. Meskipun banyak juga yang aku tahu sebagai supir taksi.

Nilai moral yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ....
A. Kehati-hatian seseorang terhadap keadaan sekelilingnya
B. Ketakutan yang timbul akibat pengalaman masa lalu
C. Jangan berprasangka buruk hanya karena melihat penampilannya
D. Ketidakpercayaan terhadap orang-orang di sekitarnya

Pembahasan:
Nilai moral adalah akhlak, budi pekerti yang berhubungan dengan sikap, perbuatan (baik atau buruk), serta kesusilaan. Nilai moral yang terdapat pada penggalan novel tersebut adalah "Jangan berprasangka buruk hanya karena melihat penampilannya".

Jawaban: C

3. Di Pulau Pharos, Rutio sedang istirahat di luar menara yang sangat tinggi seperti menyentuh awan. Ia duduk sambil makan kurma di depan api unggun.

Sudut pandang pengarang pada petikan novel tersebut adalah ....
A. Orang pertama pelaku utama
B. Orang kedua pelaku sampingan
C. Orang ketiga serba tahu
D. Orang ketiga pelaku utama

Pembahasan:
Sudut pandang adalah cara pandang penulis dalam bercerita, apakah dia ada dalam cerita (orang pertama), atau sebagai orang ketiga yang serba tahu (pencerita). Sudut pandang pengarang dalam kutipan novel tersebut berlaku sebagai orang ketiga yang serba tahu.

Jawaban: C

4. Perhatikan penggalan teks berikut!
Jalan Tak Ada Ujung
Pada suatu malam di London tidak lama diantaranya setelah perang dunia berakhir, saya mendapat pelajaran yang sangat berharga. Pada waktu itu, saya menjadi pemimpin Sir Ross Smith. Selama peperangan Sir Ross adalah raja udara Australia di Palestina. Belum lama berselang setelah perjanjian damai diikat, Sir Ross membangkitkan keheranan dunia, karena membuat penerbangan keliling dunia dalam tempo 30 hari. Pemerintah Australia memberikan hadiah sepuluh ribu poundsterling. Raja Inggris mengangkat derajat keturunannya.

Latar yang paling banyak muncul adalah ....
A. Latar waktu
B. Latar tempat
C. Latar sosial
D. Latar peristiwa

Pembahasan:
Latar adalah penggambaran situasi tempat, waktu, dan suasana terjadinya suatu peristiwa. Latar yang paling banyak muncul dalam penggalan cerita di atas adalah latar waktu. Hal ini dapat ditunjukkan pada kata-kata: pada suatu malam, setelah perang dunia berakhir, pada waktu itu, selama peperangan, belum lama selang, dan tempo 30 hari.

Jawaban: A

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal dan pembahasan materi karya sastra. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar mata pelajaran bahasa Indonesia materi karya sastra. Terima kasih