Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Dilengkapi Kunci Jawaban



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan soal USBN bahasa Indonesia Kabupaten Kutai Timur tahun 2019. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya yang ada di Kabupaten Kutai Timur dalam mencari soal-soal ujian terbaru khusus mata pelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMP.  Selamat belajar, semoga sukses.

1. Rokok dapat memberi efek santi dan sugesti, merasa lebih jantan dengan memberikan candu kepada orang yang menikmatinya. Rokok mempunyai rupa silinder  dari kertas berukuran panjang, berisi daun tembakau yang telah dicacah, rokok biasanya dijual dalam bungkusan yang umumnya disertai pesan kesehatan yang mengingatkan perokok akan bahaya kesehatan akibat merokok misalnya, kanker, paru-paru, atau serangan jantung.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Dalam bungkusan terdapat pesan kesehatan yang mengingatkan perokok
B. Orang terbiasa merokok akan kecanduan dan susah untuk berhenti
C. Orang yang merokok akan terbiasa rileks dan nyaman
D. Kebiasaan merokok dapat merugikan kesehatan

Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Dilengkapi Kunci Jawaban
www.ilmubindo.com

2. Cermatilah teks berikut!
Gerhana bulan adalah fenomena alam ketika bulan terhalang bayangan bumi. Banyak ahli meneliti dan mempelajari proses terjadinya gerhana bulan. Gerhana bulan dapat muncul jika bulan dan matahari saling beroposisi. Namun, tidak semua oposisi ini mengakibatkan gerhana karena bulan memiliki orbit yang miring sebesar 5 derajat bidang ekliptika.
Perpotongan antara bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan menghasilkan dua titik yang dikenal dengan 'node'. Terjadinya gerhana bulan adalah ketika bulan beroposisi dengan matahari terhadap 'node', tepatnya di posisi 16,5 derajat dari node (di sebelah timur ataupun sebelah barat).
Tidak semua  gerhana bulan yang terjadi akan membuat bulan tidak dapat terlihat sementara. Beberapa fenomena gerhana bulan justru menampakkan bulan dengan cahaya seperti merah, tembaga, maupun jingga. Hal ini disebabkan masih ada cahaya matahari yang dibelokkan oleh atmosfer bumi. Cahaya yang dapat dibelokkan atmosfer bumi ini seringkali mempunyai spektrum cahaya berwarna merah.

Pernyataan yang merupakan isi teks tersebut adalah ....
A. Oposisi antara bulan dan matahari selalu menyebabkan gerhana bulan
B. Gerhana bulan akan terjadi bila bulan dan matahari beroposisi terhadap node
C. Bulan tidak terlihat untuk waktu yang lama ketika gerhana terjadi
D. Gerhana bulan dapat menyebabkan bulan berwarna merah jingga

3. Cermati paragraf berikut!
Seiring dengan adanya pertumbuhan populasi jumlah kendaraan yang beredar di masyarakat, Indonesia kebanjiran produk onderdil dan oli palsu yang dilempar ke pasaran dari produsen dalam negeri maupun luar negeri. Peredaran onderdil dan oli abal-abal tentu mengancam nyawa pengendara maupun penumpang pada saat menggunakan kendaraan tersebut.

Makna kata populasi pada bacaan di atas adalah ....
A. jenis
B. perpindahan
C. kumpulan
D. kawasan

4. Cermatilah kutipan teks biografi berikut!
Biji pepaya banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat melancarkan pencernaan. Kandungan zat papain dalam biji pepaya sangat baik untuk membantu enzim membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, biji pepaya dapat berfungsi membersihkan hati. Enzim proteolytic yang terdapat pada biji pepaya dapat membantu meringankan percernaan di hati, bahkan dapat meringankan sirosi, yaitu penyakit kronis pada hati.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. manfaat biji pepaya
B. cara memperlancar pencernaan
C. kandungan biji pepaya
D. fungsi enzim protecolytic

5. Cermati paragraf berikut!
Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipis tanpa biji. Beberapa petani di berbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha luas dan intensif. Bagi peminat bisnis jeruk nipis yang tidak memiliki lahan luas, dapat mempertimbangkannya penanaman dalam pot.

Makna tersirat dari paragraf di atas adalah ....
A. Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau amis
B. Jeruk nipis adalah buah yang berwarna hijau berbentuk bulat kecil seperti bola
C. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk campuran minuman dan berkhasiat  bagi kesehatan
D. Pasaran buah jeruk nipis tidak hanya diperdagangkan  dalam negeri tetapi, sudah merambah hingga hingga perdagangan luar negeri

6. Cermati teks berikut!
Manfaat buah naga yang melimpah membuat banyak petani di Kutai Timur berinisiatif untuk menanam dan mengembangkan buah naga. Selain itu, harga buah naga yang relatif mahal juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk menanamnya. Biasanya buah naga ditanam di depan rumah sekaligus sebagai hiasan pada taman mini atau bisa ditanam dihalaman belakang. Namun jika petani lebih serius untuk menekuni tanaman ini, biasanya akan menanam buah naga di lahan yang lebih luas seperti sawah atau pekarangan yang khusus dibuat untuk menanam buah naga agar hasil panen lebih melimpah.

Simpulan isi teks prosedur di atas adalah ....
A. Ketekunan petani dalam menanam buah naga
B. Buah naga yang memberikan manfaat ekonomi bagi petani
C. Petani menyiapkan lahan sawah dan pekarangan untuk menanam buah naga
D. Petani berinisiatif menanam dan mengembangkan buah naga karena mengandung manfaat dan nilai ekonomis.

7. Cermati kutipan teks berikut!                                   
Teks 1
Teks 2

Karimunjawa di Jepara berada di sebelah utara Pulau Jawa. Lokasi wisata bahari yang satu ini sejak dulu sudah menjadi salah satu alternatif liburan yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Bahkan, banyak juga backpacker yang berani untuk berwisata ke sana dengan budget rendah.
Kota Batu identik sebagai kota Apel. Karena besarnya jumlah pengunjung untuk berwisata di Kota Batu, potensi perkebunan apel juga dikembangkan sebagai objek wisata oleh masyarakat sekitar. Saat ini perkebunan apel yang tersebar di Kota Batu telah menjadi salah satu objek wisata favorit, terutama bagi wisatawan lokal.


Persamaan isi kedua kutipan teks tersebut adalah ....
A. menggambarkan objek wisata domestik
B. membahas penelitian pengembang wisata
C. menguraikan jenis wisata bahari di Jawa
D. menjelaskan ketertarikan wisatawan luar negeri

8. Cermati kutipan teks berikut!
Teks 1
Teks 2

Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 WIB menjelang tahun baru. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Menghindari kemacetan di jalur wisata puncak, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.


Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 diawali dengan mengapa, teks 2 diawali bagaimana
B. Teks 1 diawali dengan apa, teks 2 diawali bagaimana
C. Teks 1 diawali dengan siapa, teks 2  diawali mengapa
D. Teks 1 diawali dengan apa, teks 2 diawali mengapa

9. Bacalah paragraf berikut!
Tentara Nasional Indonesia berulang tahun ke-68 tahun. Dengan usia 68 tahun ini, TNI telah menunjukkan sumbangsihnya menjaga keamanan bangsa dan negara. Pengabdian TNI terutama mereka bertugas di daerah perbatasan tak perlu diragukan. Tegaknya NKRI bukti bahwa TNI tetap menjada keutuhannya.

Tanggapan logis terhadap paragraf tersebut adalah ....
A. Tentara Nasional Indonesia senantiasa menjaga keutuhan NKRI
B. Ulang tahun TNI memang selalu dilaksanakan
C. TNI perlu mendapat tambahan pendapatan
D. Rakyat tidak perlu campur tangan terhadap TNI

10. Perhatikan kutipan cerpen berikut ini!
Pada suatu hari, Kancil merasa sangat lapar. Dia berjalan ke sana kemari, tetapi tidak mendapatkan makanan. Ketika hari sudah sore, Kancil melihat Kera sedang asyik makan pisang di atas pohon. Nikmat betul kelihatannya. Kancil ingin sekali makan tapi ia tidak bisa memanjat pohon. Kancil mencari akal, Ia melempari Kera dengan batu kecil, awalnya Kera tidak peduli, tapi Kancil terus menerus melempari Kera. Lama-lama Kera kesal. Kera melempari Kancil dengan pisang dan Kancil pura-pura sakit. Kera dengan semangat menghabisi pisang untuk melempar Kancil. Setelah habis Kera meninggalkan pohon dan Kancil mengumpulkan pisang tersebut dan dimakannya dengan santai. Hmmmm ... enaknyaaa!

Makna tersurat dalam fabel tersebut adalah ....
A. Kera yang baik karena berbagi makanan dengan Kancil
B. Kancil dimusuhi Kera karena ulah jahilnya
C. Dengan akalnya, Kancil akhirnya dapat menikmati pisang tanpa memanjat
D. Dengan kecerdikannya, Kancil berhasil membuat Kera melemparinya dengan pisang

Kunci Jawaban: 
  1. A
  2. B
  3. C
  4. A
  5. D
  6. D
  7. A
  8. C
  9. A
  10. C                                                      

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Dilengkapi Kunci Jawaban

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template