Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Contoh Soal Arti Istilah dalam UN Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun 2020



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal dengan indikator "Arti Istilah" dalam ujian nasional bahasa Indonesia kelas 12. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 12 yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini. Semoga apa yang kalian pelajari hari ini dapat mengantarkan kalian memeroleh nilai terbaik di ujian nasional tahun ini. Tetap semangat dan tetap berdoa agar kalian dapat menyelesaikan ujian nasional tahun ini dengan baik dan bisa melanjutkan sekolah kalian ke jenjang lebih tinggi. 

Contoh Soal  Arti Istilah dalam UN Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun 2020
www.ilmubindo.com

Istilah ialah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Untuk mencari arti istilah, kalian dapat melihatnya di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang telah disempurnakan. Kalian dapat berlatih menemukan makna istilah dengan menggunakan cara sederhana berikut. a) Cermatilah istilah yang dijadikan soal. b) Cermati kalimat yang mengandung istilah tersebut. c) Pahamilah konteks kalimat dan paragraf pada soal tersebut. d) Gantilah istilah yang terdapat dalam kalimat dengan pilihan jawaban yang tersedia. e) Pilihlah pilihan jawaban yang memiliki kemungkinan terdekat untuk menggantikan istilah yang terdapat dalam kalimat. f) Kalian dapat mengecek KBBI untuk memastikan pilihan jawaban kalian.

Contoh Soal UN:
1. Bacalah paragraf berikut!
Kinerja industri tekstil dan produk tekstil (TPT) ternyata masih cukup bagus. Bahkan, produksi TPT naik dibandingkan tahun lalu. Ekspor TPT juga meningkat. Bukan hanya produksi dan ekspor TPT yang meningkat, melainkan investasi di sektor industri TPT juga meningkat. Pasar terbesar ekspor TPT Indonesia adalah AS dengan estimasi naik 27 persen dari Uni Eropa.

Arti istilah kata yang bercetak miring dalam teks tersebut adalah ....
A. perkiraan
B. harapan
C. sasaran
D. hasil
E. target

Jawaban: A

2. Bacalah paragraf berikut!
Limbah industri dari 200 hingga 250 perusahaan memberi kontribusi besar terhadap pencemaran air Waduk Sengguruh di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Selain limbah industri dari ratusan perusahaan, pengaruh limbah domestik dari rumah tangga juga cukup besar. Pengaruh limbah domestik dari rumah tangga antara 20 sampai 30 meter kubik per hari pada musim kemarau. Jika musim hujan pengaruh limbah domestik bisa mencapai 80 meter kubik per hari.

Arti kata yang bercetak miring pada paragraf di atas memiliki makna ....
A. ikut serta
B. peran serta
C. partisipasi
D. andil
E. sumbangan

Jawaban: E

3. Bacalah paragraf berikut!
Pertambangan batu bara di Indonesia telah berlangsung selama 40 tahun lebih sejak keluarnya UU No. 11 Tahun 1967 tentang pokok-pokok pertambangan, yang kemudian diganti dengan UU Pertambangan Mineral dan Batubara Tahun 2009. UU ini telah menjadi landasan eksploitasi sumber daya mineral dan batu bara secara besar-besaran untuk mengejar pertumbuhan ekonomi.

Arti kata yang bercetak miring yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ....
A. pemerasan tenaga orang lain untuk memperoleh suatu keuntungan yang berlipat
B. pengerukan kekayaan secara besar-besaran tanpa memperhatikan lingkungan
C. pemanfaatan sesuatu yang memberikan keuntungan terutama untuk diri sendiri
D. perencanaan dengan sungguh-sungguh sesuatu yang diusahakan
E. pengusahaan dengan cara besar-besaran dalam bidang usaha pertambangan

Jawaban: D

4. Bacalah paragraf berikut!
Bukti kesuksesan artis yang menang di beberapa pemilihan kepala daerah (pilkada) atau "aman" menjadi anggota DPR mungkin menjadi daya tarik baru bagi artis lainnya saat ini. Baik artis maupun partai politik sama-sama terlihat saling "membutuhkan" untuk menaikkan popularitas. Hampir semua partai besar dipastikan mengusung nama-nama artis beken dalam daftar calon legislatifnya. Tak sebatas artis, tetapi juga MC, penyanyi, hinga pelawak. Akan tetapi, dalam sebuah survei terlihat bahwa masyarakat tidak terlalu berharap pada masa depan para artis makin dominan dalam politik. Bahkan, sebagian besar cenderung tidak setuju jika di masa mendatang makin banyak artis yang menjadi anggota lembaga legislatif.

Makna kata yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ....
A. ketersanjungan
B. keterpercayaan
C. keseriusan
D. keterkenalan
E. kesungguhan

Jawaban: D

5. Bacalah paragraf berikut!
Sebuah kamar yang bagus dan sehat untuk anak yang harus ditunjang oleh sistem sirkulasi udara yang baik. Jangan sampai kamar anak tidak mempunyai akses dengan udara luar. Udara luar bisa diperoleh misalnya dari halaman atau taman. Dengan adanya akses secara langsung tersebut, disamping terjadi pertukaran udara dan masuknya cahaya, anak menjadi lebih peka terhadap lingkungannya. Dengan akses langsung, seorang anak dapat merasakan datangnya sinar matahari pagi dan udara pegi yang segar.

Arti Istilah kata yang bercetak miring dalam paragraf di atas adalah ....
A. jalan masuk
B. penutup
C. pembatas
D. menghilangkan
E. pembuka

Jawaban: A

6. Bacalah paragraf berikut!
Saat ini, dunia sedang berkembang dalam segala aspeknya, bagitu juga dengan kebudayaan begitu mudah menjalar dan bercampur menembus batas wilayah. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi menjadikan masyarakat begitu mudah menyerap segala hal yang diinginkan. Dengan kata lain dalam era ini siapa saja dapat memilih berbagai hal dari kebudayaan luar untuk dijadikan gaya hidup mereka. Kondisi ini selain membawa dampak positif bagi kemajuan masyarakat juga membawa banyak dampak negatif, khususnya dalam eksistensi kebudayaan lokal yang selama ini dianggap menjadi jati diri sebuah bangsa.

Arti kata yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ....
A. keadaan
B. kemajuan
C. keikutsertaan 
D. keterlibatan
E. keberadaan

Jawaban: D

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal UN bahasa Indoensia SMA/MA dengan indikator soal arti istilah dalam paragraf. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini bermanfaat buat anak didik dan dapat mengantarkan kalian untuk memeroleh nilai terbaik UN tahun ini khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan teruslah berlatih soal UN agar kalian percaya diri dalam menghadapi UN tahun ini. Sukses selalu buat kalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Arti Istilah dalam UN Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun 2020

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template