Contoh Soal Menentukan Ide Pokok Teks - UNBK SMP 2020

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan Contoh Soal Menentukan Ide Pokok Teks dalam ujian nasional mata pelajaran bahasa Indonesia. Semoga Contoh Soal Menentukan Ide Pokok Teks yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 9 dalam mencari contoh soal terbaru seputar indikator soal UNBK bahasa Indonesia  Menentukan Ide Pokok Teks. Selama t belajar dan semoga soal ini membantu kalian.

Contoh Soal Menentukan Ide Pokok Teks - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

1. Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, sederet film asing mengenai lingkungan hidup di putar. Film-film tersebut mengupas berbagai kasus dan kondisi bumi saat ini serta orang-orang pelestari bumi yang penuh inspirasi. Sebagian besar film tersebut menceritakan sosok yang mengabdi secara total kepada alam. Mereka gigih merawat kondisi bumi di lingkungan masing-masing.

Ide pokok teks ulasan tersebut adalah ....
A. Pemutaran film dalam rangka memeringati Hari Bumi
B. Film yang mengupas proses pelestarian lingkungan
C. Film yang menceritakan pengabdian seorang pelestari bumi
D. Cara melestarikan lingkungan yang baik

Jawaban: A

2. Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, sebuah arsip atau karya film Indonesia di masa lampau, dalam hal ini karya Usmar Ismail, bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi. Pentingnya sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa menyaksikan sebuah karya film-film produksi terdahulu dalam bentuk yang utuh. Hal ini tidak lain karena beberapa arsip film Indonesia yang diproduksi di masa lampau tidak mengalami perawatan yang memadai sehingga beberapa film klasik Indonesia tersebut tidak bisa disaksikan dalam kondisi utuh seperti kondisi awal ketika diproduksi. Setidaknya pengertian utuh di sini adalah perihal film dalam bentuk (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material film yang mengalami kerusakan karena usia dan perawatan yang tidak memadai.

Ide pokok teks ulasan tersebut adalah ....
A. Pentingnya sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa menyaksikan sebuah karya
B. Sebuah arsip atau karya film Indonesia bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi
C. Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, sebuah arsip atau karya film Indonesia di masa lampau, dalam hal ini karya Usmar Ismail
D. Setidaknya pengertian utuh di sini adalah perihal film dalam bentuk (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material

Jawaban: B

3. Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara lain cokelat, putih, hitam, dan perpaduan dari beberapa warna tersebut. Merpati memiliki semacam sensor dalam hidungnya yang digunakan untuk mengenali bau-bau rumahnya. Inilah penyebab burung merpati dapat pulang kerumahnya setelah terbang jauh. Makanan burung ini adalah biji-bijian seperti jagung, beras, kacang hijau, dan lain sebagainya.

Ide pokok kutipan teks laporan tersebut adalah ....
A. Makanan burung merpati adalah biji-bijian
B. Burung merpati memiliki beragam jenis warna
C. Burung merpati memiliki sensor di hidungnya
D. Burung merpati dapat pulang ke rumahnya setelah terbang jauh

Jawaban: B

4. Cermatilah kutipan teks laporan berikut
Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa. Taman Nasional Baluran terdiri atas tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pengunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Taman Nasional Baluran terdiri atas beberapa tipe. 
B. Taman Nasional Baluran terletak di Pulau Jawa.
C. Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan di pulau Jawa
D. Taman Nasional Baluran merupakan jenis hutan mangrove yang berada di Pulau Jawa.

 Jawaban: C

5. Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut
(1) Banyak hal yang menjadi penyebab kemacetan lalu lintas. (2) Pertama, adanya persilangan dengan jalan kereta api. (3) Kedua, semakin banyak kendaraan yang berlalu lalang di jalan-jalan. (4) Ketiga, banyak jalan digunakan untuk parkir kendaraan dan sebagai tempat para pedagang kaki lima berjualan.

Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

Jawaban: D

6. Cermatilah kutipan teks tanggapan kritis berikut
Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan
B. Pesawat kepresidenan memiliki biaya operasional yang sangat tinggi.
C. Pesawat kepresidenan adalah fasilitas negara yang mewah yang hanya dinikmati para pejabat.
D. Saat ini bukan waktu yang tepat memiliki pesawat kepresidenan karena rakyat belum terentaskan dari kemiskinan.

Jawaban: A

7. Bacalah paragraf berikut!
1) Obesitas yang mewabah di Amerika Serikat mulai menjangkiti Indonesia. 2) Tanpa kenal batas kelas sosial jumlah obesitas terus meningkat. 3) Obesitas merupakan penyakit gaya hidup. 4) Penyebab utamanya adalah pola makan yang tidak teratur.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Jawaban: A

8.  Bacalah paragraf berikut!
1) Ringkasan baik bukan sekadar catatan singkat. 2) Ringkasan baik berbentuk sebuah karangan. 3) Karangan terdiri atas beberapa kalimat utuh saling berkaitan satu sama lain. 4) Oleh karena itu, ringkasan merupakan rangkaian kalimat utuh.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Jawaban: A

9. Bacalah paragraf berikut!
1) Pembangunan sarana dan prasarana di bidang perikanan sangat dibutuhkan nelayan. 2) Salah satunya dengan membangun pelabuhan perikanan atau tempat pendaratan ikan. 3) Pelabuhan perikanan merupakan pusat pengembangan masyarakat nelayan. 4) Selain itu, pelabuhan perikanan menjadi tempat pertumbuhan ekonomi perikanan, pengembangan agrobisnis, dan agroindustri perikanan bagi nelayan.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Jawaban: A 

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang Contoh Soal Menentukan Ide Pokok Teks dalam ujian nasional bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam meraih nilai terbaik UN tahun ini. Selama belajar dan semoga sukses.

BUKA SOAL