Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Contoh Soal Menulis dengan Ilustrasi Tertentu - UNBK SMP 2020



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal menulis dengan ilustrasi tertentu dalam ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih dalam tentang contoh soal menulis dengan ilustrasi tertentu. Dan kiranya apa yang kalian pelajari hari ini dapat mengantarkan kalian memeroleh nilai terbaik di UN SMP tahun ini. Selamat belajar dan semoga sukses.

Contoh Soal Menulis dengan Ilustrasi Tertentu - UNBK SMP 2020
www.ilmubindo.com

1.Cermati ilustrasi berikut!
Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) terjadi di Kaimana, Papua Barat. Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Titik gempa itu berada di 120 km tenggara Kaimana. Papua Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

Teks laporan yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
A. Akhir-akhir ini gempa bumi sering melanda wilayah tanah air. Di Kaimana, Papua Barat telah terjadi gempa berkekuatan 5,2 skala Richter (SR). Gempa bumi tersebut tidak merusak bangunan.
B. Gempa bumi terjadi di Kaimana, Papua Barat berkekuatan 5,2 skala Richter. Titik gempa itu berada di 120 km tenggara Kiamana, Papua Barat, pada kedalaman 10 kilometer. Gempa bumi tersebut tidak menimbulkan tsunami.
C. Peristiwa gempa bumi sedang melanda negeri kita. Gempa bumi itu telah melanda Kaimana, Papua Barat. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan gedung karena pusat gempa ada di 120 kilometer tenggara Kaimana.
D. Peristiwa gempa bumi tidak dapat diketahui secara pasti. Gempa bumi terjadi secara tiba-tiba, seperti yang dialami warga di Kaimana, Papua Barat. Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala Richter tersebut tidak menimbulkan tsunami.

Jawaban: B

2. Cermatilah teks berikut!
Pohon kelapa merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi. Tingginya bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air. Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Kelapa menjadi tumbuhan serbaguna karena semua bagiannya dimanfaatkan oleh manusia. Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah, dan akar. Buah kelapa terdiri atas kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa, dan lembaga. Banyak pohon kelapa terdapat di tepi pantai. Berdasarkan penelitian, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan karena buah ini dapat menetralkan racun di dalam tubuh kita. Selain itu, buah kelapa dapat dijadikan makanan atau minuman.

Teks Eksposisi yang tepat berdasarkan paragraf tersebut adalah ....
A. Pohon kelapa menghasilkan buah bernama kelapa. Buah kelapa dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk membuat berbagai makanan dan minuman yang menyegarkan. Buah kelapa yang sering dikomsumsi biasanya masih muda sehingga sering disebut kelapa muda. Kelapa muda dapat dinikmati dengan gula jawa, gula pasir, maupun sirop. Kelapa muda juga cocok dinikmati dalam keadaan dingin.

B. Sebaiknya buah kelapa harus dihasilkan oleh pohon kelapa harus sering dikonsumsi. Pohon kelapa biasanya mudah ditemukan di tepi pantai, tetapi banyak pedagang menjual buah kelapa di tepi jalan. Berdasarkan penelitian yang ada, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu, buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan dalam tubuh.

C. Pohon kelapa termasuk jenis tumbuhan palem berbatang tinggi. Pohon kelapa menghasilkan buah bernama kelapa. Pohon kelapa  dapat dimanfaatkan semua bagiannya dari buah, batang, pelepah, hingga akar. Buah kelapa memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit TBC. luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Buah kelapa juga dimanfaatkan untuk mengobati keracunan karena dapat menetralkan racun di dalam tubuh.

D. Menurut saya, pohon kelapa dapat dimanfaatkan mulai dari daun hingga akar. Daun kelapa dapat dimanfaatkan untuk pembungkus makanan. Buah kelapa yang tertutup sabut dan tempurung keras di dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air. Buah kelapa diyakini dapat menyembuhkan penyakit TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Batang kelapa dapat digunakan sebagai kayu bakar.

Jawaban: C

3. Bacalah kalimat-kalimat fakta berikut!
1) Kapal terbakar di Tanjung Uncang, Batam
2) Kebakaran terjadi pada hari Kamis, 7 September 2017, pukul 15.20 WIB
3) Lima orang tewas dan satu orang terluka
4) Keenam korban adalah kariawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering yang sedang melakukan pengelasan di kapal itu.

Laporan yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ....
A. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20 WIB, telah terjadi peristiwa kebaran kapal di Tanjung Uncang, Batam. Diperkirakan seluruh penumpang kapal meninggal akibat peristiwa tersebut. Penyebab kebakaran kapal belum diketahui dengan pasti. Tim SAR masih melakukan penyelidikan terhadap penyebab kebakaran.

B. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20 WIB terjadi peristiwa kebakaran di Tanjung Uncang, Batam. Kebakaran tersebut terjadi akibat percikan api. Jumlah korban kebakaran masih belum dapat diidentifikasi. Akan tetapi, sudah diketahui bahwa korban kebakaran adalah karyawan PT Sinar Cendana/ Samchan Engineering yang sedang bekerja

C. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20 WIB, telah terjadi peristiwa kebakaran kapal di Tanjung Uncang, Batam. Korban kebakaran terdiri atas lima orang tewas dan satu terluka. Keenam korban adalah karyawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering yang sedang melakukan pengelasan di kapal itu

D. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20 WIB terjadi peristiwa kebakaran di Tanjung Uncang, Batam.Peristiwa tersebut memakan korban karyawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering yang sedang melakukan pengelasan. Peristiwa kebakaran diduga akibat percikan api pengelasan yang dilakukan oleh karyawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering.

Jawaban: C

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal menulis dengan ilustrasi tertentu. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar ujian nasional bahasa Indonesia di tingkat SMP. Semoga dengan berlatoh soal ini kalian dapat memeroleh nilai yang baik nantinya. Selamat belajar dan semoga sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Menulis dengan Ilustrasi Tertentu - UNBK SMP 2020

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template