Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Cara Menelaah dan Contoh Telaah Teks Tanggapan 2019 | Bahasa Indonesia SMP Revisi


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan tentang bagaimana cara menelaah dan lengkap dengan hasil contoh telaah dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 9 yang sedang mencari referensi tentang cara menelaah teks tanggapan. Dan harapannya materi ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. 

Cara Menelaah dan Contoh Telaah Teks Tanggapan 2019 | Bahasa Indonesia SMP Revisi
www.ilmubindo.com

Sebelum kita melakukan telaah terhadap sebuah teks tanggapan, kalian bisa memerhatikan cuplikan teks tanggapan berikut di bawah. Baca dan cermati kutipan teks dengan baik agar kalian dapat menelaah teks tersebut dengan sempurna.

Cermati cuplikan teks berikut!
Lewat Beth, Aria memang ingin menawarkan pandangan baru lewat suatu 'kerajaan' yang dibangunnya. Bukan di dunia waras tidak pula di dunia gila, tetapi di antara keduanya. "Melalui film ini saya hanya ingin mengungkap realitas dalam ekspresi yang jujur-jujur saja. Tak lebih dari itu," kata Aria.
Menurutnya, seperti juga dunia waras, kehidupan di 'dunia gila' juga memiliki logikanya sendiri. Itu sebabnya ada orang gila yang ternyata berpikiran justru lebih logis dari pada orang sehat. "Sebaliknyan banyak juga orang mengaku sehat tapi ternyata berperilaku tak lebih baik dari orang gila," tambah Aria.
Bagaimana pun keadaannya, film ini merupakan ungkapan semangat pembrotakan Aria pada sesuatu yang mapan. Dari sana Aria ingin memberi isyarat bawah sudah waktunya kita mengkritisi idiom-idiom sesat yang kini terlanjur hidup dalam masyarakat kita. Jelasnya, memandang hidup secara lebih jujur adalah sebuah kebutuhan mendesak.

Apabila ditelaah dengan cermat, cuplikan tersebut masih memiliki beberapa kekurangan yang harus kita revisi. Hal itu terutama berkaitan dengan kaidah kebahasaannya. Adapun berdasarkan strukturnya, cuplikan tersebut termasuk ke dalam bagian analisis dan penilaian. Pada aspek tersebut, cuplikan teks di atas sudah terstruktur dengan baik. Oleh karena itu, cuplikan tersebut tidak ada yang perlu diperbaiki.

Berdasarkan aspek kebahasaan, terdapat beberapa penulisan kata dan kalimat yang harus diperbaiki. Berikut beberapa di antaranya.
Penggunaan Kaidah Bahasa yang Salah
Penyebab
Perbaikan
Itu sebabnya ada orang gila yang ternyata berpikiran justru lebih logis dari pada orang sehat.
Penulisan kata dari pada harus disatukan.
Itu sebabnya ada orang gila yang ternyata berpikiran justru lebih logis daripada orang sehat.
‘kerajaan’ dan ‘dunia gila’
Tanda petik tunggal tidak digunakan untuk mengapit kata dengan makna khusus.
“kerajaan” dan ‘’dunia gila’’
Bagaimana pun keadaannya, film ini merupakan ungkapan semangat pembrontakan Aria pada sesuatu yang mapan.
Penulisan kata bagaimana pun harus ditulis serangkai atau disatukan. Dan kata pembrontakan harus ditulis pemberontakan.
Bagaimanapun keadaannya, film ini merupakan ungkapan semangat pemberontakan Aria pada sesuatu yang mapan.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang cara menelaah teks tanggapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga materi yang admin bagikan ini bermanfaat untuk kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menelaah dan Contoh Telaah Teks Tanggapan 2019 | Bahasa Indonesia SMP Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /