Cara Meringkas dan Menelaah Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia Semester 1

ilmubindo.com_ Kali ini admina akan membagikan tentang bagaimana cara yang tepat meringkas dan menelaah teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mengerjakan tugas sekolah tentang bagaimana cara meringkas dan menelaah materi teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat mengantarkan anak didik memeroleh nilai terbaik khusus materi teks laporan percobaan.

Cara Meringkas dan Menelaah Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia Semester 1
www.ilmubindo.com

Tahukah kalian bahwa teks laporan percobaan dapat dibuat ringkasan sederhana. Mungkin ada yang bertanya apakah teks laporan percobaan bisa diringkas? maka jawabannya adalah bisa. Kalian bisa membuat ringkasan teks laporan percobaan dengan sangat sederhana sehingga isi teks lebih padat dan jelas. Sebuah ringkasan adalah informasi penting yang terdapat dalam sebuah teks, tanpa terkecuali teks laporan percobaan. Kegunaan meringkas teks laporan percobaan adalah mengusai isi teks yang sebenarnya/asli secara singkat dan tepat.

Adapun cara meringkas teks laporan percobaan adalah sebagai berikut.
  1. Membaca dengan saksama teks laporan percobaan secara keseluruhan dan penuh dengan ketelitian.
  2. Tidak memakai atau membuang paragraf berisi contoh deskripsi atau kutipan tidak bermanfaat
  3. Tidak memakai atau membuang berbagai keterangan tambahan tidak penting atau bertele-tele dalam sebuah kalimat.
  4. Menulis atau mencatat gagasan utama atau ide pokok teks laporan percobaan tersebut
  5. Menyusun gagasan utama teks menjadi kalimat. Biar kalimatnya berbeda atau murni hasil ringkasanmu maka gunakanlah kalimatmu sendiri
  6. Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah ringkasan dengan mempertahankan susunan gagasan asli.
Menelaah merupakan kegiatan mengamati dan mengkaji kesalahan-kesalahan isi, struktur, dan tata bahasa teks. Adapun langkah-langkah menelaah teks laporan percobaan agar menjadi teks yang menarik dan baik adalah sebagai berikut.
  1. Memberi tanda pada setiap kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat salah
  2. Melakukan perbaikan setiap kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan
  3. Menulis kembali teks tersebut sehingga menjadi teks laporan percobaan yang baik dan benar
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang cara meringkas dan menelaah teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami lebih jelas tentang teks laporan percobaan. Selamat belajar dan sukses selalu buat kalian semua.