Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Gagasan Utama UN Bahasa Indonesia SMA/MA Dilengkapi Pembahasan - UNBK 2020



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal lengkap dengan pembahasan materi gagasan utama dalam UN bahasa Indonesia kelas 12 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh soal terbaru seputar UN bahasa Indonesia kelas 12 dengan indikator soal gagasan utama. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini bermanfaat buat kemajuan belajar kalian dan dapat mengantarkan kalian memeroleh nilai terbaik UN tahun ini. Sukses selalu buat kalian semua.

Contoh Soal Gagasan Utama UN Bahasa Indonesia SMA/MA Dilengkapi Pembahasan - UNBK 2020
www.ilmubindo.com

1. Bacalah paragraf berikut!
Tiap pengunjung akan berdecak kagum bila melihat keindahan Gunung Rinjani. Di sana kita dapat melihat lembah dan ngarai yang berkelok-kelok bagaikan akar pohon beringin yang menancap erat di permukaan tanah. Dipanyungi langit biru dan gumpalan-gumpalan awan, gunung itu tampak kokoh menghijau dengan puncak yang berpasir. Begitulah Gunung Rinjani menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Pemerintah daerah mempromosikannya.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....
A. keindahan Gunung Rinjani
B. lembah dan ngarai di sepanjang Gunung Rinjani
C. lagit biru, gumpalan awan tampak kokoh
D. pemandangan alam yang indah di Gunung Rinjani
E. promosi Gunung Rinjani

Jawaban: A
Ide pokok merupakan ide yang menjadi topik utama pembahasan suatu uraian. Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola deduktif (gagasan utama terletak di awal paragraf). Jadi, gagasan utama/ ide pokok tersebut adalah keindahan Gunung Rinjani. Hal ini ditunjukkan pada kalimat pertama.

2. Bacalah paragraf berikut!
Setelah alat dan bahan dipersiapkan, langkah pertama dalam menanam dalam pot adalah meletakkan media tanam berupa ijuk dan pecahan gentang pada dasar pot. Kemudian isi dengan media tanam. Penuhi pot dengan tanah dan media tanam. Padatkan media tanam di sekitar pangkal batang, pastikan tanaman sudah kuat tertopang. Siram dengan air untuk mempertahankan kelembaban. Simpan tabulampot di tempat yang agak teduh untuk beradaptasi. Siram tiap pagi atau sore hari. Setelah satu minggu, letakkan tabulampot di tempat terbuka.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....
A. langkah pertama menanam tanaman dalam pot
B. teknik perawatan tanaman dalam pot
C. prosedur pemanfaatan tabulampot
D. tahapan menanam dalam pot
E. langkah-langkah membudiyakan tanaman

Jawaban: D
Ide pokok merupakan ide yang menjadi topik utama pembahasan suatu uraian. Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola deduktif (gagasan utama terletak di awal paragraf). Jadi, gagasan utama/ide pokok tersebut adalah tahapan menanam tanaman dalam pot. Hal ini ditunjukkan pada kalimat pertama.

3. Bacalah paragraf berikut!
Kebanyakan petani kita tidak berbakat dalam masalah teknik dan selalu mengalami kesulitan kalau traktornya rusak. Traktor merupakan alat utama bagi petani. Untuk mengatasinya, dealer traktor, selain mempunyai stok suku cadang yang cukup sebaiknya mempunyai bengkel untuk mereparasi traktor-traktor yang rusak. Padahal, dengan perawatan yang memadai, umur traktor itu bisa mencapai dua puluh tahun. Hal ini tentu dapat membantu penghematan biaya. Dengan kata lain, uang reparasi dapat dimanfaatkan untuk keperluan yang lain.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. ketidaksediaan suku cadang mesin traktor
B. penyediaan bengkel alat-alat mesin pertanian
C. kesulitan dalam merawat alat pertanian
D. ketidakberbakatan petani dalam masalah teknik
E. penghematan biaya operasi alat pertanian

Jawaban: D
Ide pokok merupakan ide yang menjadi topik utama pembahasan suatu uraian. Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola deduktif (gagasan utama terletak di awal paragraf). Jadi, gagasan utama/ide pokok tersebut adalah ketidakberbakatan petani dalam masalah teknik. Hal ini ditunjukkan pada kalimat pertama (Kebanyakan petani kita tidak berbakat dalam masalah teknik dan selalu mengalami kesulitan kalau traktornya rusak).

4. Bacalah paragraf berikut!
Masih banyak guru yang belum mengetahui adanya buku pelajaran digital. Padahal, Kementerian Pendidikan Nasional sudah menyiapkan 49 judul buku digital kecil di internet. Karena itu, pada awal tahun ajaran sekarang, kemungkina kecil sekolah menggunakan buku digital. Walaupun program tersebut sangat bermanfaat dan menguntungkan murid, orang tua, dan guru belum sepenuhnya memahami cara memperolehnya. Di samping itu,  banyak guru belum mengenal buku digital yang diakses dari internet sehingga mereka harus dibekali pengetahuan tentang internet.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. pengetahuan guru tentang buku digital
B. keuntungan program buku digital
C. kemungkinan penggunaan buku digital
D. buku pelajaran digital di internet
E. empat puluh sembilan judul buku digital

Jawaban: A
Ide pokok merupakan ide yang menjadi topik utama pembahasan suatu uraian. Bacaan tersebut membahas mengenai pengetahuan guru tentang buku digital. Hal ini ditunjukkan pada kalimat pertama. Kalimat-kalimat berikutnya merupakan kalimat penjelas dari kalimat pertama.

5. Bacalah paragraf berikut!
Problema kurang nafsu makan sering terjadi pada anak. Penyebab anak kurang nafsu makan dan cara mengatasinya dapat dijelaskan secara psikologis. Perilaku dalam makan timbul karena anak meniru atas apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang enggan makan, lantaran diet misalnya, akan mengembangkan prilaku enggan makan pula . Oleh karena itu, kegiatan makan bagi seorang anak harus dibuat dalam suasana yang menyenangkan. Jangan ada unsur paksaan sehingga timbul kesan saat makan menjadi sesuatu yang menjengkelkan atau bahkan merupakan hukuman.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. jangan ada paksaan agar anak mau makan
B. suasana makan yang menyenangkan
C. cara mengatasi kurang nafsu makan
D. perilaku anak kurang nafsu makan
E. problema kurang nafsu makan pada anak

Jawaban: E
Ide pokok merupakan ide yang menjadi topik utama pembahasan suatu uraian. Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola deduktif (gagasan utama terletak di awal paragraf). Jadi, gagasan utama/ide pokok tersebut adalah problema kurang nafsu makan pada anak. Hal ini ditunjukkan pada kalimat pertama.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal  gagasan utama UN bahasa Indonesia. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam belajar, agar tahun ini dapat memeroleh nilai terbaik UN khusus mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 12. Selamat belajar dan sukses selalu buat kalian semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Gagasan Utama UN Bahasa Indonesia SMA/MA Dilengkapi Pembahasan - UNBK 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /