Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Menulis Surat Pribadi dengan Baik | Komposisi, Isi, dan Bahasa



Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang surat pribadi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi materi tentang surat pribadi. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Dan kiranya materi ini dapat memberikan pemahaman yang luar biasa kepada anak didik dalam memahami lebih tentang surat pribadi. Nah, kali ini admin akan menjelaskan bagaimana cara menulis surat pribadi dengan memerhatikan komposisi, isi, dan bahasa.

Langkah-Langkah Menulis Surat Pribadi dengan Baik | Komposisi, Isi, dan Bahasa
www.ilmubindo.com

Berikut adalah contoh surat pribadi.
Jakarta, 20 Juli 2019

Untuk sobatku Indri
di Malang

Halo, Indri, apa kabar? Kuharap kamu di sini sehat-sehat selalu dan baik-baik saja seperti aku. Dri, aku minta maaf kalau baru saat ini dapat mengirim surat untukmu. Ternyata alamat yang kamu berikan tempo hari ketika kamu belum pindah telah hilang. Aku kesulitan untuk mencari alamatmu. Aku senang ternyata kamu lebih dahulu mengirim surat untukku. Dari suratmu itu aku mengetahui alamatmu. Dri, aku sangat kehilangan dengan kepindahanmu, kamu tahu kita adalah sobat karib, sangat sulit untuk melupakan keakraban kita. Aku pun memahami kepindahanmu karena orang tuam ditugaskan di Malang. O, ya Dri, bagaimana ulanganmu? Apa masih selalu nomor satu? Itulah, Dri yang selalu kuingat yang akan kutiru. Kamu adalah pelajar yang pantang menyerah, rajin, dan pintar.
Aku kira hanya sampai di sini suratku, doakan aku agar dapat seperti dirimu!
Trims.

Sahabatmu,

Susana

Surat pribadi di atas digunakan untuk berkomunikasi antarpribadi dan sifatnya tidak resmi. Masalah yang dikomunikasikan juga masalah-masalah pribadi. Bahasa yang digunakan sangat dipengaruhi oleh sifat hubungan antarpribadi orang yang membuat surat tersebut. Misalnya, dengan orang yang lebih tua, lebih hormat, maka bahasa yang digunakan juga bahasa yang menunjukkan rasa hormat, dengan teman sebaya yang sudah akrab, maka dapat memakai bahasa pergaulan yang santai, hangat, dan sejenisnya.

Surat pribadi ditulis dengan bahasa santai, lugas, dan mudah dipahami. Hampir sama dengan jenis surat lainnya, susunan surat pribadi terdiri atas:
  1. tempat dan tanggal penulisan, biasanya terletak di sudut kanan atas, dari situ kita bisa mengetahui kapan dan di mana surat itu ditulis.
  2. tujuan surat, berisi kepada siapa surat itu ditujukan dan biasanya terletak di sudut kanan, di bawah penulisan tempat dan tanggal penulisan.
  3. isi surat
  4. identitas penulis, berisi identitas si penulis surat dan terletak di sudut kanan bawah setelah isi surat.
Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi bersifat subjektif. Akan tetapi, sebaiknya bahasa dalam surat pribadi harus komunikatif agar informasi yang disampaikan dapat dimengerti oleh penerima.

Kumpulan Contoh Surat Pribadi:
Contoh 1
Sangatta, 22 Mei 2019

Yth. Pamanda Resky
Jalan Pongtiku 989
Makale Toraja,

Dengan hormat,
Semoga rahmat Tuhan menyertai Paman sekeluarga di Toraja. Bagaimana keadaan bibi dan adik-adik di sana Paman? Tentu baik-baik seperti halnya keadaan keluarga kami di Sangatta.
Barangkali Paman terkejut dengan datangnya surat ini karena sudah lama kami tidak memberi kabar. Paman masih ingat Alex teman dekat Kak Serli itu? Kisah cinta mereka itulah yang menyebabkan kami berkirim surat kepada Paman.
Begini Paman, tanggal 21 Desember 2019 yang akan datang, Kak Serli akan menikah dengan Kak Alex. Ayah akan mengadakan acara sederhana pada pernikahan mereka. Maksud ayah hanya akan mengumpulkan sanak saudara pada acara pernikahan tersebut. Oleh karena itu, kami sekeluarga di Sangatta sangat mengharap Paman sekeluarga dapat menghadiri acara tersebut. Rasanya tidak lengkap jika paman tidak hadir.
Namun, kaulah Paman yang tidak dapat hadir, kami keluarga di Sangatta sangat memakluminya. Yang terpenting doa Paman untuk pernikahan Kak Serli, begitulah pesan dari ayah.

Paman, sekian dulu kabar dari kami.
Hormat kami,


Thiessa dan keluarga Sangatta

 Contoh 2
Palopo, 3 Juni 2019
Buat Yulius Kendek
di Sangatta

Salam jumpa,
Teman yang baik, teriring doa semoga engkau di Sangatta baik-baik saja. Sudah lama ya kita tidak saling berkirim kabar?
Yulius, kuharap persahabatan kita tidak akan putus begitu saja karena tempat dan waktu. Meskipun engkau sekarang sudah bekerja di luar Sulawesi, tetapi saya yakin jika ada waktu nanti kita akan bertemu lagi.
Walaupun berita ini bukanlah berita yang penting, aku tetap ingin berkirim kabar denganmu. Bagaimana mencari uang di sini? Ceritakan dong kisah dan pengalaman apa saja yang engkau dapatkan selama di perantauan! Aku selalu menunggu kabar darimu.

Salam, 
Teman sebangkumu dulu


Rudi Harianto

Contoh 3
Toraja, 5 Juni 2019
Untuk sobat baruku Irene Plasitha
di 
Kota Borneo

Jabat kenal,
Semoga Irene masih ingat dengan saya? Yaah, daripada nanti timbul jerawat di dahi, lebih baik saya coba ingatkan Irene sebentar ya...?
Ingat pesta ulang tahun Reka sekitar tiga bulan yang lalu? Ingat pula dengan MC amatiran yang tampak grogi saat berbicara di depan tamu undangan? Nah, kalau sudah ingat, tepat sekali tebakanmu Iren...! Saya MC konyol yang kampungan itu he... he... he...
Jangan tambah marah jika saya lancang berkirim surat kepada Irene. Juga jangan heran kalau saya mengetahui alamat Irene. Reka-lah sumber informasi saya. Tidak ada maksud apa-apa kok, selain ingin berkenalan dengan Irene. Jadi terimalah salam perkenalan ini, please dong! 
Mudah-mudahan Irene mau berkenalan dengan saya. Sungguh saya berharap Irene mau menerima salam kenal saya dan membalas surat dari saya.

Makasih


So' Kamboti  

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menulis surat pribadi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih dalam tentang surat pribadi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langkah-Langkah Menulis Surat Pribadi dengan Baik | Komposisi, Isi, dan Bahasa

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /