Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Menyimpulkan dan Memberi Tanggapan isi Teks Berita | Bahasa Indonesia SMP Revisi



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang cara menyimpulkan dan memberi tanggapan isi teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas VIII yang sedang mencari referensi tentang materi teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga materi ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses.

Langkah-Langkah Menyimpulkan dan Memberi Tanggapan isi Teks Berita | Bahasa Indonesia SMP Revisi
www.ilmubindo.com

Dalam kehidupan sehari-hari ada berbagai peristiwa yang dapat kalian lihat, bahkan kalian alami sendiri. Ada korban kecelakaan atau bencana alam. Peristiwa-peristiwa itu disampaikan secara tertulis maupun lisan yang disebut berita. Sebuah berita memuat enam unsur yang dikenal dengan 5W + 1H, yaitu who (siapa), what (apa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Berikut adalah contoh teks berita:

Millenium Enterprise
Melahirkan Banyak Juara

Berawal dari keinginan menyalurkan anak-anak yang punya hobi menyanyi, Hence, Comeles Takapaha dan Ibu Irma Andries membentuk sanggar Millenium enterprise. "Waktu itu, sekitar tahun 1998, kami kasihan melihat banyak anak yang punya bakat menyanyi, tetapi tidak tahu cara mengolahnya. Kebetulan kami tahu. Jadi, kamu bagi-bagi ilmu. Selain itu, kami ingin sanggar ini menjadi wadah untuk mengisi waktu luang sehingga anak-anak tidak terjerumus melakukan perbuatan tidak baik," jelas Hence, salah satu seorang pelatih.

Seperti halnya lembaga kursus menyanyi lain, waktu pertama kali berdiri, muridnya baru 10 orang . Itupun terbatas pada kalangan sendiri. Maksudnya, keluarga dan kenalan. Seiring perkembangan dan prestasi hasil yang dicapai, lama-kelamaan permintanya bertambah. Hingga kini mencapai 40-an orang. Bukan hanya dari Jakarta, tetapi ada juga dari Bekasi dan Depok.

"Lokasi tidak menjadi halangan bagi kami, yang penting bisa belajar cara menyanyi yang baik dan benar. Di samping itu, yang membuat kami betah latihan di sini adalah suasana keluarganya yang belum tentu di dapatkan di tempat lain," ujar Desi, salah seorang murid di Millenium Enterprise. Pilihan Desi dan teman-teman berlatih di sanggar yang berlokasi di Jln. Kelapa No. 2 Rawamangun, Jakarta Timur ini tepat. Banyak murid setelah berguru dengan sungguh-sungguh berhasil menjuarai berbagai lomba bernyanyi, bukan hanya seputar mall, tetapi juga televisi. Tidak jarang dalam satu lomba, murid sanggar tersebut saling bersaing.

"Kursus di sini tidak sia-sia. Sebelumnya, aku tidak bisa menyanyi. Setelah berguru di Millenium, ternyata aku bisa. Bahkan aku sering juara. Senangnya, pengalamanku jadi bertambah pula," jelas Indah. Ada juga yang sudah rekaman. Rata-rata diantara mereka sudah mengumpulkan puluhan, bahkan ratusan piala. Sanggar ini memang tidak melahirkan juara, terutama menyanyi. Banyak juga artis cilik ibu kota berguru pada pelatih di sanggar ini.

Simpulan isi teks
Semula sanggar itu didirikan untuk mengisi waktu luang. Lama-kelamaan berkembang pesat. Murid-muridnya yang tadinya 10 orang berkembang menjadi 40 orang. Kursus menyanyi ini membuktikan diri telah menghasilkan penyanyi-penyanyi yang berprestasi. Banyak juga artis cilik ibu kota yang berguru di sanggar itu.

Kalian dapat menyimpulkan isi berita jika memahami isi berita dengan baik. Ikuti langkah-langkah berikut agar kalian dapat menyimpulkan isi berita dengan baik dan benar.
1. Mendengarkan atau membaca kalimat demi kalimat dalam berita dengan penuh konsentrasi.
2. Mencatat informasi penting dari berita tersebut
3. Mencatat pokok-pokok berita meliputi:
   a. tema atau topik berita
   b. hal atau peristiwa yang diberitakan (what)
   c. orang yang diberitakan (who)
   d. tempat terjadinya hal yang diberitakan (where)
   e. waktu terjadinya hal yang diberitakan (when)
   f. sebab terjadinya hal yang diberitakan (why)
   g. proses terjadinya hal yang diberitakan (how)
4. Menjadikan pokok-pokok berita menjadi kalimat
5. Menyimpulkan isi berita berdasarkan pokok berita yang telah dicatat
6. Menyampaikan isi berita secara lisan dan tertulis

Mendengarkan berita dari media, mengingatnya, dan memberi tanggapan adalah kegiatan berpikir yang perlu dikembangkan oleh setiap orang. Untuk bisa memahami isi berita dengan baik, langkah-langkah lain yang bisa kalian lakukan adalah menemukan pokok-pokok berita. Pokok berita adalah pemeberitahuan atau pengumuman penting yang menjadi perhatian utama. Inti dari isi berita itulah pokok berita. Pertanyaan-pertanyaan berikut ini dapat membimbing kalian menemukan pokok berita.

What (apa), apa yang dibicarakan/apa yang terjadi?
Where ( di mana), di mana peristiwa itu terjadi?
When (kapan), kapan peristiwa itu terjadi?
Who (siapa), siapa pelakunya/siapa yang mengalami?
Why (mengapa), mengapa peristiwa itu terjadi?
How (bagaimana), bagaimana peristiwa itu terjadi?

Keenam pertanyaan di atas biasa disebut 5W + 1H. Untuk memahami lebih mendalam pokok berita, perhatikan conoth berikut.
Selama tujuh belas tahun, Noorsyaidah, guru di sebuah taman bermain di Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur, berkutat dengan penderitaan ekstraberat. Aneh tapi nyata. Kawat-kawat runcing secara rutin keluar dari perutnya. Dokter kebingungan menentukan jenis penyakitnya.

Pokok berita tersebut adalah
1. What/apa : Seorang guru menderita penyakit aneh
2. Where/di mana : Peristiwa itu terjadi di Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur
3. When/kapan : Peristiwa itu terjadi selama tujuh belas tahun
4. Who/siapa : Peristiwa itu dialami oleh seorang guru taman bermain bernama Noorsyaidah
5. Why/mengapa : Penyebab penyakit aneh tersebut belum diketahui dokter
6. Who/bagaimana : Kawat-kawat runcing keluar dari perut Noorsyaidah

Setelah membaca berita kalian dapat memberikan tanggapan berdasarkan pendapat kalian sendiri. Kalian dapat menanggapi bahasa atau isinya. Tanggapan kalian bisa berupa pernyataan positif, bisa pula negatif.

Contoh tanggapan positif terhadap teks berita "Sanggar Millenium Enterprise"
Menurut saya isi berita itu baik. Berita itu memberikan informasi kepada kita tentang sebuah sanggar menyanyi yang bagus. Sudah banyak siswanya yang meraih prestasi sehingga dikenal banyak orang.

Contoh tanggapan negatif terhadap teks berita "Sanggar Millenium Enterprise"
Isi berita itu hanya menceritakan keberhasilan sebuah sanggar vokal. Tidak ada manfaat yang bisa kita ambil dan kita renungkan.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menyimpulkan dan memberi tanggapan terhadap isi teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik khususnya materi teks berita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langkah-Langkah Menyimpulkan dan Memberi Tanggapan isi Teks Berita | Bahasa Indonesia SMP Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /