Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Menyusun Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia Kelas 9



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan bagaimana caranya menyusun laporan percoban dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari cara-cara dalam menyusun teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini dapat mengantarkan kalian memeroleh nilai terbaik khusus mata pelajaran bahasa Indonesia.

Langkah-Langkah Menyusun Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia Kelas 9
www.ilmubindo.com

Teks rekaman percobaan termasuk salah satu jenis karya tulis ilmiah berisi berbagai informasi. Informasi tersebut merupakan hasil percobaan, pengamatan, dan penelitian. Sebelum menyusun teks rekaman percobaan atau laporan percobaan, terlebih dahulu kita membuat kerangka teks atau strukturnya terlebih dahulu. Dengan itu, kalian akan dengan mudah menyusun teks laporan percobaan dengan cepat dan benar. Berikut ini adalah langkah-langkah menyusun kerangka teks laporan percobaan yang baik dan benar.

Langkah pertama menentukan tema atau topik percobaan
Contoh:
Uji Kandungan Bahan Makanan

Langkah kedua membatasi topik percobaan
Contoh:
Membuktikan bahwa proses uji kandungan bahan makanan menghasilkan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa.

Langkah ketiga menentukan masalah atau tujuan percobaan 
Contoh:
Masalah yang disajikan dalam teks berikut.
  1. Apakah uji kandungan makanan mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa
  2. Bagaimana cara mengetahui uji kandungan makanan mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa
Teks rekaman percobaan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa uji kandungan bahan makanan seperti nasi, roti dan kentang mengandung karbohidrat karena hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa exkstrak nasi, roti, dan kentang yang ditetesi lugol berubah warna menjadi biru tua. Mentega, avokad, dan minyak mengandung lemak karena saat dioleskan ke kertas buram, kertas tersebut berubah menjadi transparan. Permen dan gula mengandung glukosa karena pada saat pembakaran, ekstrak permen dan gula yang sudah ditambahkan benect atau fehling A dan B berubah warna menjadi merah bata. Putih telur dan tahu terbukti mengandung protein karena hasil uji laboratorium menunjukkan perubahan warna pada ekstrak putih telur dan tahu pada saat ditetesi biuret.

Langkah keempat adalah mendaftar gagasan atau masalah dalam teks laporan percobaan berdasarkan topik yang sudah dipilih sebelumnya

Langkah kelima sekaligus langkah terakhir adalah menyusun kerangka teks laporan percobaan

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang bagaimana cara menyusun teks laporan percobaan dengan baik dan tepat. Semoga langkah-langkah yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam membuat laporan percobaan dengan baik dan benar. Selamat belajara dan semoga berhasil. Sukses selalu buat kalian semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah-Langkah Menyusun Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia Kelas 9

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /