Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian Bahasa Ekspresif | Teks Buku Harian Revisi


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang pengertian bahasa ekspresif dalam buku harian materi bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang bahasa ekspresif dalam bahasa Indonesia. Dan harapannya materi kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Pengertian Bahasa Ekspresif | Teks Buku Harian Revisi
www.ilmubindo.com

Bahasa yang ekspresif adalah bahasa mampu mengungkapkan perasaan kalian.
Contoh:
Hari ini aku merasa senang sekali! Aku bertemu dengan teman-teman  baru di kelasku yang baru.

Buku harian merupakan milik pribadi sehingga isi buku harian tidak boleh diketahui oleh orang lain. Kalimat-kalimat yang kalian tulis dalam buku harian merupakan ekspresi dari perasaan kalian. Oleh karena itu, tanpa disadari dalam buku harian tersebut penuh dengan bahasa ekspresif. Saat ini sudah jarang kita jumpai anak-anak mau menulis di buku harian. Karena buku harian memiliki dampak positif yang baik, maka mulai dari sekarang kalian baiknya mulai menulis buku harian dari sekarang.

Buku harian berisi catatan pribadi yang digunakan untuk menuangkan perasaan senang, sedih, haru, atau jengkel yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Dalam buku harian, kalian dapat menulis tentang diri sendiri, orang tua, teman, guru, orang yang disayangi, orang yang dibenci, dan peristiwa-peristiwa lain di sekeliling kalian.

Model-Model Buku Harian
Berikut ini adalah contoh atau model penulisan buku harian yang bisa kalian jadikan sebagai contoh dalam menulis di buku harian nantinya. 

Model 1
Senin, 16 Juli 2019
Hari ini pertama masuk kelas 7 SMP. Jantungku berdebar-debar. Tak ada satu pun yang kukenal, karena aku pindahan dari Surabaya.

Selasa, 17 Juli 2019
Hari kedua menjadi siswa SMP di kota yang baru kukenal ternyata menyenangkan. Aku telah mengenal beberapa teman sekelasku. Tapi ada hal yang mengesalkan, aku tidak suka dengan kakak-kakak panitia yang suka membentak-bentak kami.

Rabu, 18 Juli 2019
Ada teman sekelasku yang rumahnya tidak jauh dari rumahku. Andi namanya. Aku senang sekali karena ada teman berangkat sekolah dan pulang sekolah.
dst.

Model 2
Sukabumi, 6 Agustus 2019
Aku pikir mama dan papaku lupa ulang tahunku, soalnya sejak kemarin aku ga bertemu dengan mereka. Ternyata mereka sibuk mempersiapkan pesta ulang tahunku.  Senang sekali mendapat surprise dari mereka. Semua teman-temanku diundang. Bahkan guru-guru pun tak ketinggalan. Meriah sekali pesta ini. Eh, tapi di mana Kak Ari. Aku tak melihat dia. Padahal, diakan kakak yang paling kusayangi. Meskipun aku anak tunggal, aku merasa punya kakak, karena Kak Ari, anak Bude Rini itu sangat menyayangi aku seperti menyayangi adiknya. Kemana Kak Ari?
...

Berdasarkan kedua model di atas, buku harian adalah buku yang berisi catatan tentang kegiatan yang telah dilakukan atau kejadian-kejadian yang dialami setiap hari. Buku harian biasanya memuat nomor kegiatan, hari, dan tanggal, jam, dan peristiwa/rencana kegiatan yang ingin dilakukan. Setiap kejadian menarik yang kita alami bisa dicatat dalam buku harian.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian bahasa ekspresif dalam buku harian pembelajaran bahasa Indonesia SMP. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Bahasa Ekspresif | Teks Buku Harian Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /