Pengertian, Isi, Tujuan, dan Contoh Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia SMP

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian, isi, dan tujuan teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya yang sedang mencari referensi tentang teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia mulai dari pengertian, isi, dan tujuan pembelajaran teks deskripsi. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini dapat mengantarkan kalian dalam meraih nilai terbaik khusus materi teks deskripsi. Sukses selalu buat kalian semua.

Pengertian, Isi, Tujuan, dan Contoh Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia SMP
www.ilmubindo.com

Apa sih teks deskripsi itu? Teks deksripsi adalah teks yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci. Pembaca seolah-seolah melihat, mendengar, dan merasakan sendiri sesuatu yang dideskripsikan oleh penulis. Dengan demikian, pembaca memeroleh kesan mendalam terhadap tulisan tersebut.

Ada empat ciri pokok teks deskripsi. Ciri-ciri teks deskripsi sebagai berikut.
1. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu
2. Melibatkan kesan indra sehingga gambaran objek menjadi jelas
3. Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri objek yang diamati penulis
4. Menjelaskan ciri objek secara terperinci suatu objek

Tujuan teks deskripsi terbagi menjadi 2
  1. Deskripsi sugestif bertujuan menciptakan pengalaman kepada diri pembaca karena berkenalan langsung dengan objeknya. Sasaran deskripsi sugestif disampaikan dengan kata-kata yang dipilih penulis untuk menggambarkan ciri, sifat, dan watak dari objek tersebut sehingga dapat tercipta sugesti tertentu kepada pembaca. Dengan kata lain, deskripsi sugestif berusaha untuk menciptakan suatu penghayatan terhadap objek tersebut melalui imajinasi pembaca.
  2.  Deskripsi teknis bertujuan memberi identifikasi atau informasi mengenai objek. Pembaca dapat mengenali objek jika bertemu atau berhadapan langsung.
Contoh Teks Deskripsi

Pantai Losari Makassar

Pantai lokasi Makassar, adalah sebuah pantai yang sangat terkenal yang terletak di Makassar. Pantai yang sangat indah yang berada  Jalan Penghibur sebelah barat kota Makassar. Pantai ini adalah sarana berkumpul dan hiburan  bagi warga Makassar dan para wisatawan  untuk sekadar melepas penat dan sarana hiburan. Pantai ini ramai hampir di setiap waktu pagi, sore, dan malam hari

Pantai Losari juga akan terlihat lebih indah ketika menjelang senja, Selain cuaca sudah tidak panas, fenomena matahari tenggelam atau sunrise pantai losari Makassar sangat indah. Banyak fotografer lokal maupun wisatawan yang mengabadikan keindahan sunrise di pantai losari Makassar ini.

Selain sunset yang indah, pantai losari Makassar terkenal akan  beraneka kuliner. Yang paling banyak dicari wisatawan adalah kuliner khas pantai losari yaitu pisang epe. Jajanan yang terbuat dari pisang mentah yang di geprek lalu dibakar dan disajikan dengan air gula merah yang di encerkan.

Secara administratif pantai losari ini berada di provinsi sulawesi selatan, Kota Makassar. rute untuk  menuju ke pantai Losari Makassar juga sangat mudah dan tidak rumit. Jika wisatawan datang dari bandara Hasanuddin, hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit untuk sampai di pantai losari. Jika wisatawan datang dari arah pelabuhan Soekarno-Hatta hanya butuh sekitar  20 menit untuk sampai di pantai losari

Bagi para wisaatwan yang datang dari luar Makassar, di sekitar pantai losari sudah banyak tersedia hotel dan penginapan. Bagi para backpacker, Hotel murah pantai losari juga banyak tersedia disana. Yang unik lagi di sepanjang pantai losari ini disediakan akses internet gratis tanpa login dan membayar.

Untuk masuk ke wisata pantai losari, wisatawan tidak di pungut biaya sepeserpun, pengunjung hanya perlu membayar uang untuk parkir. Toilet, kamar mandi dan mushola pun sudah tersedia di pantai losari. Untuk memanjakan perut wisatawan, di sana tersedia beraneka masakan khas Makassar, seperti pallu butung, jajanan pisang epek, es pisang ijo, menu sop konro dan coto makassar.

Yang banyak dicari oleh wisatawan di pantai losari Makassar adalah tulisan pantai losari. spot foto ini memang sangat terkenal, belum sampai di pantai losari jika belum berfoto di depan tulisan itu.

Sunset pantai losari yang begitu fenomenal adalah salah satu target bagi para wisatawan dan para fotografer. Dengan posisi pantai yang agak menjorok, maka posisi matahari tenggelam pas berada di laut, fenomena inilah yang menjadikan sunset di pantai losari begitu indah.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, isi, tujuan, dan contoh teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami teks deskripsi. Terima kasih.