Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian Membaca Cepat Dilengkapi dengan Latihan dan Rumus



Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang pengertian membaca cepat dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi terbaru seputar mata pelajaran bahasa Indonesia materi membaca cepat. Harapannya materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan anak didik dalam membaca cepat. Selamat belajar semoga bermanfaat.

Pengertian Membaca Cepat Dilengkapi dengan Latihan dan Rumus
www.ilmubindo.com

Membaca cepat adalah membaca dengan kecepatan yang tinggi, waktu yang singkat, tetapi juga memahami isi bacaan tersebut. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan bila ingin membaca cepat.
1. Dalam membaca hendaknya tidak bersuara, karena dengan bersuara kita terpaksa menggerakkan bibir. Dengan menggerakkan bibir. Dengan menggerakkan bibir, menganggu kecepatan membaca.
2. Tidak perlu menunjuk teks dengan jari/pensil
3. Kepala tidak perlu mengikuti baris-baris dalam teks, cukup bola matanya saja
4. Tidak mengulang kembali teks yang sudah dibaca

Oleh karena itu, dalam membaca cepat diharapkan kalian membaca dengan:
1. konsentrasi secara penuh
2. membaca dalam hati
3. luaskan pandangan mata untuk menjangkau baris-baris pada teks bacaan tersebut
4. tidak mengulang kata yang terlewatkan

Rumus kemampuan membaca
Rumus yang bisa digunakan untuk menghitung kemampuan membaca cepat adalah:

 

Keterangan:
Angka 60 yang ada pada rumus tersebut dipergunakan sebagai indeks untuk mengubah waktu-baca dalam sekon menjadi menit, karena  kemampuan membaca umumnya dinyatakan dengan jumlah kata per menit.

Untuk menghitung jumlah kata bacaan dapat dipergunakan cara berikut:
1. hitunglah jumlah kata yang terdapat dalam satu garis penuh
2. hitunglah jumlah baris pada tiap kolom/halaman yang bersangkutan
3. hasil perkalian antara jumlah kata dan dan jumlah baris adalah jumlah kata yang terdapat dalam kolom atau halaman yang bersangkutan. Jika bacaan itu terdiri atas beberapa halaman, jumlah kata ialah hasil kali dari jumlah kata tiap baris, jumlah baris, dan jumlah halaman.

Persentase jawaban adalah persentase jawaban yang benar atas pertanyaan-pertanyaan yang disediakan. Misalnya, jika ada lima pertanyaan dan jawaban yang benar adalah tiga, persentase jawaban adalah : 

  

  

Jadi, kecepatan membaca siswa tersebut adalah 120 kpm

Keterangan:
kpm = kata per-menit

Sebelum kalian membaca cepat, sebaiknya kamu melatih keterampilan gerak mata dan latihan konsentrasi. Latihan berikut ini dapat dilakukan untuk melatih gerak mata dan konsentrasi kamu.

Bacalah kata-kata berikut ini mulai dari kiri ke kanan! Ketika membaca jangan mengeluarkan suara dan pusatkan perhatian kalian hanya pada bacaan saja! Setelah selesai, tutuplah dan tuliskan kembali berapa jumlah kata yang kalian ingat!

Kunang, sunan, semangat, foto, bandar, bengawan, angkasa, jasa, jeruji, bola, kepiting, mawar, sumbat, zakat, heran, surau, perangko, cermat, tikar, rumbai, bawang, talang, pukat, kerdil, kuncir, jelaga, serabut, majalah, malang, pantai, zamrud, sunting, kolak, cermin, sendawa, delman, abang, jentik, ekor, lelap, janur, culas, kopiah, rudal, antena, gulali, gitar, bintang, dewan, tembikar, kopi, rahim, tunas, sayur, pesan.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian membaca cepat dilengkapi dengan latihan dan rumus. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah maupun di rumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Membaca Cepat Dilengkapi dengan Latihan dan Rumus

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /