Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian Teks Wawancara Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019



Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang teks wawancara dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMP 2019. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh teks wawancara dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Harapannya materi ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Pengertian Teks Wawancara Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Wawancara adalah tanya jawab dengan seseorang yang diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapat tentang suatu hal, untuk dimuat dalam surat kabar, disiarkan melalui radio, atau ditayangkan pada layar televisi.

Berikut ini kutipan wawancara yang dilakukan wartawan tabloid Nova pada salah seorang narasumber. Narasumber tersebut bernama Retno L.P. Marsudi yang bekerja di Departemen Luar Negeri sebagai diplomat.

1. Sejak kapan Anda bercita-cita menjadi diplomat?
Cita-cita menjadi diplomat mulai muncul sejak SMA kelas 9. Saat itu di televisi saya melihat pertemuan diplomat dan orang-orang yang pergi keluar negeri. Saya tertarik dan ingin tahu lebih banyak tentang profesi itu. Setamat SMA saya mendaftar ke jurusan Hubungan Internsional (HI), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

2. Apakah Keluarga Anda mendukung?
Keluarga saya adalah keluarga yang sangat demokratis. Saat saya mulai besar, ibu saya bertanya, "Kamu mau jadi apa?" Apa pun pilihan saya, Ibu selalu bilang oke, asal bisa dipertanggungjawabkan. Jadinya semua keluarga saya mendukung pilihan aya untuk kuliah di jurusan itu.

3. Dengan dukungan itu, Anda pasti menjadi bersemangat dalam kuliah?
Benar sekali. Selama belajar di bangku kuliah saya selalu merencanakan semuanya dengan matang. Berkat perencanaan yang matang, semua semester saya selalu mendapat nilai yang memuaskan. Saya juga memunyai program harian. Saya bangun pukul 3 pagi, salat tahajut, belajar, salat subuh, lalu tidur sebentar. Lalu, saya bangun pukul 7, kuliah, main secukupnya dengan teman, dan pulang saat magrib. Setelah itu belajar sampai pukul 9, nonton berita, dan tidur. Begitu seterusnya kecuali hari Sabtu. Karena hari Sabtu siang saya biasanya naik gunung.

4. Lantas bagaimana perjalanan Anda bisa masuk Departemen Luar Negeri?
Saya lulus November 1985 sebagai lulusan Fisipol termuda. Saya selesai  kuliah dalam waktu 3 tahun 10 bulan. Saya lalu ke Jakarta untuk mengikuti pendidikan diplomat yang dimulai April 1986 selama 1 tahun. Sebelum mulai bekerja, memang ada pendidikan khusus selama satu tahun. Pendidikan itu berjenjang tiga tahap.

5. Lalu bagaimana?
Setelah pelatihan satu tahun, unit pertama saya adalah ASEAN. Pada tahun 1990 saya ditempatkan di Canberra, Australia.

Simpulan dari teks wawancara di atas adalah sebagai berikut:
Retno L.P Marsudi berhasil mewujudkan cita-citanya menjadi seorang diplomat dengan perjuangan yang panjang. Dengan dukungan keluarga dan semangatnya yang tinggi untuk mencapai cita-citanya, ia berhasil menyelesaikan kuliahnya pada tahun 1985 sebagai lulusan fisipol termuda. Pada tahun 1990, akhirnya, ia ditempatkan di Canberra, Australia

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian teks wawancara lengkap dengan contohnya. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Teks Wawancara Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /