Pengertian, Unsur-Unsur, dan Contoh Teks Pengumuman | Bahasa Indonesia Revisi 2017

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang teks pengumuman dalam pembalajaran bahasa Indonesia SMP. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya yang sedang mencari referensi tentang teks pengumuman. Semoga materi ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan dan perkembangan anak didik di sekolah khususnya materi teks pengumuman. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini dapat membantu memeroleh nilai terbaik mata pelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan sukses selalu buat kalian semua.

Pengertian, Unsur-Unsur, dan Contoh Teks Pengumuman | Bahasa Indonesia Revisi 2017
www.ilmubindo.com

Teks pengumuman adalah pemberitahuan atau informasi yang disampaikan kepada orang banyak. Menyampaikan pengumuman berarti  memberitahukan kepada orang banyak atau menyebarluaskan kepada khalayak. Pengumuman dapat disampaikan secara tertulis seperti terdapat dalam surat kabar, majalah, atau papan pengumuman. Pengumuman dapat pula disampaikan secara lisan dan langsung di depan orang banyak seperti dilakukan petugas setelah upacara bendera.

Pengumuman harus disampaikan dengan bahasa yang singkat, tetapi jelas. Artinya pengumuman harus menggunakan kata yang komunikatif. Jika pengumuman disampaikan secara lisan, pengucapannya harus lantang, pelafalannya harus benar, intonasi harus benar, dan letak jeda (perhentian) harus tepat.

Unsur-Unsur Teks Pengumuman
Unsur-unsur yang harus ada dalam pengumuman adalah: informasi apa, ditunjukkan kepada siapa, kapan waktunya, di mana tempatnya, yang harus dibawa apa, dan siapa pembuat pengumuman tersebut.

Berikut ini cara menyampaikan pengumuman
1. Bacakan teks sebuah pengumuman di depan umum atau di depan teman kalian.
2. Tanyakanlah apakah ada teman-teman kalian yang belum mengerti isi pengumuman yang kalian bacakan
3. Ulangi lagi jika masih ada teman yang kalian belum mengerti isinya.

Contoh Teks Pengumuman:

LOMBA BACA PUISI

Dalam rangka memperingati HUT RI, OSIS SMP 3 Pematang Siantar menyelenggarakan lomba baca puisi dengan ketentuan sebagai berikut.
a. Peserta adalah siswa-siswi SMP 3 Pematang Siantar
b. Setiap peserta membacakan satu judul puisi wajib dan satu judul puisi pilihan yang disediakan panitia.
c. Pendaftaran tanggal 6-8 Agustus 2019 di kantor OSIS pukul 10.00 - 11.00
d. Pelaksana lomba tanggal 10 Agustus 2019 pukul 08.00 - 13.00 di ruang baca perpustakaan
e. Panitia menyediakan beasiswa selama 1 tahun kepada juara I, II, dan III.

Ketua OSIS,

Antonius

Pengumuman harus ditulis dengan bahasa yang efektif meliputi: Pilihan kata yang tepat, mudah dipahami, dan informatif. Selain itu, bahasa pengumuman juga harus komunikatif, artinya bahasanya mudah dipahami, singkat, dan jelas bagi pembaca atau pendengar.

Contoh 1:
Pengumuman

Akan diadakan rapat OSIS untuk perayaan HUT RI. Harap teman-teman hadir tepat pada waktunya.

Terima kasih.

Contoh 2:

Pengumuman

Dalam rangka merayakan HUT RI, Pengurus OSIS akan mengadakan rapat pada:
Hari/tanggal : Senin, 16 Juli 2019
Waktu : Pukul 14.00 WIB
Tempat : Ruang OSIS
Acara : Persiapan HUT RI tahun 2019
Diharapkan seluruh pengurus inti OSIS hadir tepat waktu. Terima kasih.

Jakarta, 12 Juli 2019
Ketua OSIS

Budi

Pengumuman 1) adalah pengumuman tidak berguna karena tidak lengkap. Pengumuman 2) adalah pengumuman yang lengkap sehingga berguna bagi pembaca. Pengumuman 2) juga komunikatif. Jadi, pengumuman yang baik harus memenuhi unsur-unsur berikut, yaitu:
1. Latar belakang munculnya pengumuman
2. Isi pengumuman (hari/tanggal, waktu, tempat, acara)
3. Ditujukan kepada siapa
4. Tempat/tanggal membuat pengumuman 
5. Yang membuat pengumuman

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian, unsur-unsur, dan contoh teks pengumuman dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik khususnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.