Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Pengertian dan Langkah-Langkah Menyimpulkan Isi Berita | Teks Berita Revisi



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian teks berita secara umum dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas VIII yang sedang mencari referensi tentang pengertian teks berita secara umum dan menurut KBBI. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik dalam memahami lebih dalam tentang materi teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses.

Pengertian dan Langkah-Langkah Menyimpulkan Isi Berita | Teks Berita Revisi
www.ilmubindo.com

Definisi berita menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah cerita atai keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar; laporan; pemberitahuan; pengumuman. Hampir setiap hari kita mendapat berita-berita baru. Di era kemajuan informasi dan teknologi, kita dapat memperoleh informasi-informasi mengenai peristiwa aktual dan terkini dari berbagai belahan dunia. Informasi tersebut melalui media cetak maupun media elektronik.

Arti lain dari berita merupakan kabar atau informasi mengenai sesuatu hal atau peristiwa yang disampaikan secara langsung oleh seseorang atau melalui media lainnya. Berita dapat disampaikan secara lisan maupun tertulis. Dengan demikian, berita dapat disampaikan dalam berbagai bentuk, misalnya cetak maupun elektronik.

Bagi penyampai berita, perbedaan penyampaian berita begitu menimbulkan permasalahan yang besar. Namun, bagi penerima berita, penyampaian suatu bentuk berita sangat berpengaruh terhadap informasi yang sama dari media berbeda, dapat memunculkan perbedaan pemahaman oleh seorang penerima berita.

Berkenaan dengan persoalan tersebut, kemampuan memahami berita yang disampaikan secara lisan sangat penting untuk kalian kuasai. Lalu, bagaimanakah agar kita dapat menyimak, memahami isi sebuah berita, serta menyimpulkannya? Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam proses menyimak berita yang disampaikan secara lisan. Dengan demikian, kalian dapat memahami isi dan membuat kesimpulannya.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat menyimak sebuah berita yang dibacakan atau dipertontonkan adalah sebagai berikut.

1. Konsentrasi
Konsentrasi sangat penting dalam kegiatan menyimak berita yang disampaikan secara lisan. Hal ini dikarenakan berita bersifat sekali tayang atau tidak ada pengulangan. Konsetrasi merupakan kegiatan pemusatan pemikiran dengan perhatian penuh terhadap suatu hal, Suatu hal tersebut meliputi sesuatu yang dilihat, didengar, atau dilakukan secara fokus. Berkonsentrasi dalam menyimak berita yang dibacakan atau dipertontonkan berarti memusatkan pikiran dengan perhatian penuh terhadap berita secara fokus.

2. Memperhatikan secara cermat setiap kalimat dan mengambil makna utama kalimatnya.
Memperhatikan setiap kalimat yang disampaikan penyampai berita merupakan hal yang penting. Namun, tidak semua kalimat dalam berita merupakan pokok atau inti dari berita. Jika kita tidak menyimaknya secara utuh, maka kita tidak akan mendapatkan berita secara utuh pula. dapat saja, satu kalimat yang terlewat kita simak merupakan kalimat penting dalam berita tersebut.

Pentingnya memahami makna setiap kalimat dalam berita membantu kita memahami berita secara menyeluruh. Untuk memahami berita yang kita simak, kita tidak perlu menghafal setiap kalimat yang disampaikan. Menghafal kalimat dalam berita justru dapat mengalihkan konsentrasi kalian. Ini justru membuat kalian terkonsentrasi pada mengingat kalimat dan bukan pada isi berita. Jadi, dalam menyimak berita, kita langusung mengambil makna kalimatnya dan bukan menghafal kalimat tersebut.

3. Menentukan pokok isi berita dan memahainya secara utuh dan lengkap
Setelah kalian menyimak dan memahami makna kalimat-kalimatnya, kalian dapat menentukan pokok isi berita. Menentukan pokok isi berita dilakukan dengan cara merangkai makna setiap kalimat. Dari pokok isi tersebut, kita dapat memahami maksud dari berita yang disampaikan.

Dalam menyimpulkan isi berita yang kalian simak, kalian dapat melakukannya dengan cara menganalisis point-point penting. Jika berita tersebut sifatnya penting, maka pokok isi berita tersebut dapat kalian catat. Pokok isi tersebut merupakan penyarian dari makna kalimat-kalimat dalam berita.

Supaya dapat menyimpulkan isi berita dengan tepat, kalian harus menganalisis poin-poin berita secara utuh dan lengkap. Pokok berita tersebut kalian urutkan dan cermati secara teliti. Dari proses ini, kalian akan mendapatkan sebuah kesimpulan isi berita.

Sekarang coba kalian baca dan perhatikan berita beserta contoh langkah-langkah penerikan kesimpulan.

Jogjakarta Diguyur Hujan Es

Jogjakarta- Hujan es sebesar kelereng disertai dengan angin puting beliung mengguyur Kota Jogjakarta, kemarin. Hujan es turun sekitar pukul 11.30 WIB selama 30 menit. Hujan es dan angin ini menyebabkan sebagian atap rumah penduduk rusak dan pohon-pohon bertumbangan, terutama di daerah Baciro, Kota Jogjakarta. " Di sini mendung gelap sekali dan disertai dengan petir. Tidak berapa lama, atap rumah seperti digelontor batu sebesar kelereng," jelas salah seorang warga Jalan Mawar, Baciro.

Hujan es ini sontak membuat warga panik. Umumnya warga tidak pernah menyangka daerahnya akan terjadi hujan es sebesar itu. Tidak hanya hujan es yang membuat warga panik. Warga makin ketakutan saat angin tiba-tiba datang dan menyapu segala sesuatu yang yang dilewati. 

Berdasarkan pantauan SINDO, daerah terparah berada di Jalan Kemuning tepat di depan SMK I Piri Jogjakarta. Hampir semua pohon tumbang diterjang angin kencang. Pohon-pohon yang tumbang menutup jalan dan merusak pagar milik warga dan halaman SMK I Piri.

Sementara itu, gempa kembali menguncang DIJ di hari kemarin. Beberapa warga berhamburan keluar rumah, saat gempa berkekuatan 3,1 skala Richter (SR) muncul diikuti suara gemuruh. Gempa berada di darat pada jarak 25 km ke arah barat daya Kota Jogjakarta atau disekitar Kecematan Srandaran, Kabupaten Bantul. Posisi gempa terjadi pada 7,94 Lintang Selatan (LS) dan 110,22 Bujur Timur (BT), pada kedalaman 10 km di bawah tanah.


Contoh beberapa pokok isi berita atau poin penting yang dapat kalian tuliskan berkaitan dengan isi berita adalah sebagai berikut.
  1. Hujan es sebesar kelereng disertai angin puting beliung terjadi di Kota Jogjakarta selama 30 menit. Hujan ini menyebabkan sebagian atap rumah penduduk rusak dan pohon-pohon bertumbangan, terutama di daerah Baciro, Kota Jogjakarta.
  2. Hujan es ini sontak membuat warga panik. Umumnya warga tidak pernah menyangka daerahnya akan terjadi hujan es sebesar itu.
  3. Daerah terparah berada di Jalan Kemuning tepat di depan SMK I Piri Jogjakarta. Hampir semua pohon tumbang diterjang angin kencang. Pohon-pohon yang tumbang menutup jalan dan merusak pagar milik warga dan halaman SMK I Piri.
  4. Gempa kembali menguncang DIJ di hari kemarin. Beberapa warga berhamburan keluar rumah, saat gempa berkekuatan 3,1 skala Richter (SR) muncul diikuti suara gemuruh. Gempa berada di darat pada jarak 25 km ke arah barat daya Kota Jogjakarta atau disekitar Kecematan Srandaran, Kabupaten Bantul. Posisi gempa terjadi pada 7,94 Lintang Selatan (LS) dan 110,22 Bujur Timur (BT), pada kedalaman 10 km di bawah tanah.
Setelah point penting dari berita tersebut didapatkan, kalian dapat menganalisis atau mencermatinya. Berdasarkan pokok isi berita tersebut, kalian dapat mengambil sebuah kesimpulan isi berita. Contoh kesimpulan isi dari berita tersebut adalah sebagai berikut.

Hujan es sebesar kelereang disertai angin puting beliung terjadi di Kota Jogjakarta selama 30 menit. Hujan ini menyebabkan sebagian atap rumah penduduk rusak dan pohon-pohon bertumbangan, Warga panik dan ketakutan. Daerah terparah berada di Jalan Kemuning, tepat di depan SMK I Piri Jogjakarta. Hampir semua pohon tumbang.

Gempa kembali menguncang DIJ dengan kekuatan 3,1 skala Richter (SR). Gempa berada di darat pada jarak 25 km ke arah barat daya Kota Jogjakarta. Posisi gempa terjadi pada 7,94 Lintang Selatan (LS) dan 110,22 Bujur Timur (BT), pada kedalaman 10 km di bawah tanah.


Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan langkah-langkah membuat simpulan teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kali ini. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik terutama dalam pembelajaran teks berita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Langkah-Langkah Menyimpulkan Isi Berita | Teks Berita Revisi

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template