Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

7+ Perbedaan Teks Deskripsi dengan Teks Lain | Bahasa Indonesia SMP 2019


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan 7 perbedaan teks deskripsi dengan teks lainnya (Teks Imajinasi). Semoga 7 perbedaan yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih dalam mencari referensi tentang perbedaan teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya semoga perbedaan yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses. 

7+ Perbedaan Teks Deskripsi dengan Teks Lain | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Perbedaan Teks Deskripsi dengan Teks Imajinasi
1. Dari segi pengertian
Teks deskripsi merupakan teks yang berisi gambaran suatu objek secara jelas dan melibatkan kesan indera. Sedangkan teks imajinasi adalah teks yang berisi gambran kejadian berdasarkan daya pikir atau daya khayal seseorang.

2. Dari segi isi
Isi teks deskripsi merupakan fakta sehingga isinya sesuai dengan kenyataan. Sedangkan teks imajinasi bersifat khayal (imajinatif) sehingga isinya bukan merupakan fakta/tidak nyata

3. Dari segi struktur
Struktur teks deskripsi terdiri atas dua bagian penting, yakni deskripsi umum dan deskripsi bagian. Sedangkan struktur teks imajinasi terdiri atas orientasi, komplikasi, dan resolusi.

4. Dari segi tujuan
Tujuan tek deksripsi adalah untuk menggambarkan suatu objek degan sejelas-jelasnya kepada pembaca (terbagi menjadi dua teks deskripsi sugestif dan ekspositoris). Sedangkan teks imajinasi adalah untuk menciptakan khayal (imaji) pembaca.

5. Dari segi ciri-ciri
Ciri-ciri teks deskripsi 1) menggambarkan/melukiskan sesuatu. 2) melibatkan kesan indera sehingga gambaran objek menjadi lebih jelas. 3) membuat pembaca seolah-olah merasakan sendiri hal yang dideskripsikan penulis. 4) menjelaskan ciri-ciri objek secara terperinci. Sedangkan ciri-ciri teks imajinasi adalah 1) mengandung keanehan, keajaiban, dan kemisteriusan. 2) bersifat fiksi/fiktif (bukan kejadian nyata). 3) tokoh dalam cerita unik (memiliki kesaktian). 4) menggunakan tokoh alur, dan tema yang tidak berakar dalam kehidupan sehari-hari.

6. Dari segi informasi 
Informasi dalam teks deksripsi diperoleh dari kegiatan yang melibatkan kesan indera misalnya pengamatan. Sedangkan teks imajinasi informasi isi teks imajinasi diperoleh dengan berimajinasi/mengkhayal.

7. Dari segi struktur
Struktur/kaidah teks kebahasaan teks deskripsi meliputi ejaan, tanda baca, pilihan kata, tata kalimat, dan kepaduan paragraf. Sedangkan struktur/kaidah kebahasaan teks imajinasi meliputi konjungsi urutan waktu, penggunaan kata ganti, dan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang 7 perbedaan antara teks deksripsi dengan teks imajinasi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi terbaru seputar teks deskripsi dan teks imajinasi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7+ Perbedaan Teks Deskripsi dengan Teks Lain | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /