Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Cara Membedakan Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia SMP 2019


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang bagaimana cara membedakan teks laporan percobaan dengan teks yang lain dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas 9 dalam mencari referensi tentang cara membedakan teks laporan percobaan. Dan harapannya materi yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik baik di sekolah maupun di rumah dalam mempelajari materi teks laporan percobaan. Selamat belajar dan semoga sukses.

Cara Membedakan Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Teks laporan percobaan memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki oleh jenis teks lain. Ciri yang paling mencolok adalah teks ini berisi kegiatan percobaan. Umumnya, teks laporan percobaan berupa narasi yang kronologis (sesuai urutan waktu). Sifat kronologis ini sangat penting karena dalam percobaan, urutan-urutan langkah-langkah kegiatan adalah hal yang paling utama. Jika salah urutan, percobaan akan berjalan tentunya tidak sesuai dengan rencana.

Lalu, apakah perbedaan teks laporan percobaan dengan teks prosedur? Bukankah teks prosedur juga berisi langkah-langkah yang berurutan? Perbedaan jelas di antara keduanya terletak pada tujuan langkah-langkah kegiatannya. Pada teks prosedur, langkah-langkah kegiatan dilakukan untuk membuat atau melakukan sesuatu yang sudah pasti. Di lain pihak, pada teks laporan percobaan, langkah-langkah keguatan dilakukan untuk membuktikan hipotesis (dugaan) dan menjawab pertanyaan penelitian.

Contoh teks laporan percobaan

Membuat Baterai dari Sabun

Tujuan
Seperti yang kita tahu baterai merupakan salah satu alat untuk menyimpan energi secara sementara. Banyak alat yang membutuhkan baterai, contohnya mouse tanpa kabel, remote tv, dan lainnya.

Nah ternyata terdapat kreasi yang unik yaitu baterai dari sabun yang bisa kita buat dengan mudah tanpa mengeluarkan banyak biaya. Pembuatan baterai ini bisa menambah kreativitas dan menambah wawasan kita.

Alat dan Bahan
1. Sabun mandi (merk apapun)
2. Kawat tembaga
3. Aluminium dari kaleng minuman bersoda, bisa juga bekas plat nomor maupun panci.
4. Lampu LED 1 buah
5. Gunting besi, pisau, dan kabel secukupnya.

Langkah-langkah

- Potong aluminium dengan bentuk persegi panjang sebanyak 10 buah, dengan ukuran 0,5 X 10 cm
Cm.
- Potong kawat tembaga sebanyak 10 buah dengan panjang sekitar 10 cm.
- Potong sabun menjadi 10 buah dengan pisau.
- Tancapkan potongan Aluminium dan kawat tembaga tadi pada potongan sabun berhadapan tanpa saling bersentuhan.
- Hubungkan potongan kawat tembaga dengan potongan Aluminium sampai semua potongan tadi saling terhubung, ujung susunan 10 sabun tadi diawali dengan kawat tembaga dan diakhiri potongan aluminium.
- Beri 1 atau 2 tetes air pada potongan sabun yang telah terpasang logam tembaga dan aluminium.
- Kabel listrik lalu dihubungkan dengan kaki lampu LED. Apabila tidak menyala kabel tersebut ditukarkan posisinya pada kaki LED tersebut.
- Lampu LED akan menyala selama sabun dalam keadaan basah, Apabila mati tinggal meneteskan 1, 2 tetes air pada potongan sabun.

Hasil
Ketika proses pembuatan sudah selesai maka kamu sudah mempunyai energi alternatif. Bisa juga kamu mengembangkan kreasi ini sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Kesimpulan
Kita bisa memanfaatkan bahan disekitar kita untuk membuat energi, misalnya dengan menggunakan bahan wortel, kentang, jeruk nipis, dan lainnya. Bahan bisa digunakan untuk membuat baterai asalkan kandungan pH diatas 7.

Contoh Teks Prosedur

Membuat Boneka Lucu

Boneka merupakan salah satu sarana hiburan bagi sebagian orang, khususnya anak-anak perempuan. Boneka dapat dibeli di toko-toko boneka. Meskipun demikian, boneka juga dapat dibuat sendiri.
 
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
- gunting,
- kain,
- pin,
- mesin jahit,
- isian atau dakron,
- benang
- pola

Langkah-langkah:
- Buat pola boneka lebih dahulu! Kalian dapat membuat pola menggunakan komputer, lalu mencetaknya. Penggunaan komputer dilakukan agar menghasilkan pola rapi. Namun, kamu juga dapat membuat pola secara manual.
- Gunting kain sesuai pola yang dibuat!
- Jahit potongan kain sesuai pola!
- Masukkan isian atau dakron ke dalam kain!
- Sempurnakan jahitan pada kain!
- Tambahkan berbagai aksesori agar semakin menarik!
- Boneka lucu telah selesai dibuat.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang perbedaan teks laporan percobaan dengan teks yang lain (teks prosedur) dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 7. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membedakan Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /