Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Cara Menelaah dan Merevisi Teks Tantangan | Bahasa Indonesia SMP 2019



Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang cara menelaah dan merevisi teks tantangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang bagaimana cara menelaah teks tantangan dalam bahasa Indonesia. Dan harapannya semoga teks tantangan yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik dalam teks tantangan. Selamat belajar semoga berhasil.

Cara Menelaah dan Merevisi Teks Tantangan | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Perhatikan kutipan teks berikut!
Tidak ada yang salah memang dengan fenomena seperti itu karena berbahasa, apa pun yang dipakai, merupakan hak seseorang. Hanya saja, ditinjau dari sudut pandang budaya, hal tersebut menjadi suatu pertanyaan besar:"Mengapa di tengah-tengah pergaulan mereka, yang pada umumnya berbahasa Sunda, mereka lebih senang menggunakan Bahasa lain."

Hal ini tidak terkecuali ketika seseorang menggunakan kata kata Inggris di tengah-tengah percakapan mereka dalam bahasa Indonesia. Fenomena seperti ini banyak pula terjadi dalam pergaulan beberapa kelompok masyarakat. Cara seperti ini seolah-olah akan meningkatkan pamor penggunanya bahwa biasa berbahasa asing identik dengan ciri orang yang terpelajar.

Apabila kutipan tersebut ditelaah secara lebih cermat, terdapat beberapa kesalahan dalam penggunaan bahasanya. Secara khusus, kesalahan tersebut berkaitan dengan pemilihan kata, penggunaan ejaan, dan pemakaian tanda baca. Berikut kesalahan-kesalahan yang dimaksud.

1. Kesalahan pilihan kata
Tampak pada kata hanya dan saja. Kedua kata tersebut memiliki makna serupa. Oleh karena itu, cukup digunakan salah satu kata, yakni hanya atau kata lain yang semakna dengan menghapus kata saja.

2. Tata bahasa
Dalam kalimat terakhir paragraf pertama seharusnya menggunakan huruf kecil. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), yakni kata bahasa harus ditulis dengan huruf kecil. Hal senada juga berlaku ketika kata tersebut diikuti dengan nama bahasanya, misalnya bahasa Sunda, bahasa Indonesia, atau bahasa Inggris.

3. Kata
Kata-kata dalam kalimat pertama dan kedua merupakan kata ulang sempurna sehingga harus disertai dengan penggunaan kata penghubung (-).

Contoh Teks Tantangan:

Kepadatan Penduduk sebagai Akar
dari Permasalahan Kota Jakarta

Jakarta sebagai ibu kota merupakan contoh kota dengan permasalahan kepadatan penduduk. Jakarta sebagai pusat ekonomi, sosial, budaya, hukum pemerintahan, dan politik. Jakarta menjadi pusat segala peradaban yang terjadi di Indonesia. Semuanya ada di Jakarta. Masyarakat Indonesia memandang Jakarta sebagai tambang emas karena di Jakarta semuanya ada. Oleh karena itu, para urban berbondong-bondong ke kota itu dengan tujuan dapat mengubah perekonomian di desa.
 
Ada banyak faktor pemicu urbanisasi, misalnya modernisasi teknologi. Rakyat perdesaan selalu dibombardir dengan kehidupan serbawah di kota besar sehingga semakin mendorong mereka meninggalkan kampung.Pemicu lain adalah pendidikan. Faktor pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap lonjakan jumlah penduduk. Universitas terbaik di Indonesia baik negeri maupun swasta ada di perkotaan termasuk di Jakarta. Pemicu selanjutnya adalah lapangan kerja. Jakarta sebagai kota besar dan berpenduduk padat tentu sangat menjanjikan orang-orang kecil yang berniat mencari sesuap nasi di kota tersebut. Ada pedagang kaki lima (PKL), pedagang asongan, tukang ojek, tukang semir sepatu, buruh pabrik, pembantu rumah tangga, atau sopir yang penting bisa bekerja tanpa memiliki keahlian khusus. Selain itu, ditambah pula orang-orang yang berkeahlian khusus yang didatangkan dari luar maupun luar negeri.
 
Berdasarkan pemicu-pemicu urbanisasi dalam penjelasan tersebut, pantaslah jika Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia mempunyai permasalahan pelik tentang kependudukan. Tentu ada dampak dari suatu yang berlebihan dengan kepadatan penduduk di Jakarta tersebut.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang cara menelaah dan merevisi teks tantangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah khususnya materi teks tantangan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menelaah dan Merevisi Teks Tantangan | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /