Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Cara Mengidentifikasi Informasi Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia Revisi 2018


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang cara mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX. Semoga langkah-langkah yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas IX dalam mengidentifikasi informasi dalam teks laporan. Dan harapannya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Cara Mengidentifikasi Informasi Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia Revisi 2018
www.ilmubindo.com

Teks laporan percobaan adalah teks berisi paparan data secara terperinci hasil praktik, pengamatan, dan penelitian. Teks laporan percobaan ditulis berdasarkan percobaan data setelah pengamat selesai melakukan percobaan atau penelitian. kegiatan percobaan atau penelitian ini digunakan untuk memeroleh pengetahuan dalam bidang ilmu alam, psikologi, atau sosial.

Teks laporan percobaan memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki oleh jenis teks lain. Ciri yang paling mencolok adalah teks ini berisi kegiatan percobaan. Umumnya, teks laporan percobaan berupa narasi yang kronologis (sesuai urutan waktu). Sifat kronologis ini sangat penting karena dalam percobaan, urutan-urutan langkah-langkah kegiatan adalah hal yang paling utama. Jika salah urutan, percobaan akan berjalan tentunya tidak sesuai dengan harapan.

Kekurangan teks laporan percobaan dapat berkenan dengan isi, struktur, dan kaidah kebahasaan.
1. Berkenan dengan isi
Misalnya teks tesebut menyajikan teori, tujuan, dan langkah-langkah kegiatan yang tidak jelas
2. Berkenaan dengan struktur
Misalnya teks tersebut memiliki struktur yang tidak lengkap dan sistematis.
3. Berkenaan dengan bahasa
Misalnya kalimat-kalimatnya tidak efektif, pilihan kata-katanya tidak tepat, ataupun ejaan/tanda bacanya tidak baku.

Ciri-ciri teks laporan percobaan
- disusun berdasarkan hasil percobaan
- pembahasan dikemukakan secara objektif atau nyata
- disusun berdasarkan struktur isi teks secara runtut
- menggunakan bahasa ilmiah baku, jelas, dan komunikatif
- ditulis dengan data lengkap
- dibuat menarik dan interaktif
- menuntaskan masalah yang dimunculkan dengan lengkap

Contoh teks laporan percobaan

Membuat Pendingin Sederhana
Tujuan
Pendingin seperti kulkas banyak ditemukan di rumah warga maupun toko, tetapi harga yang terbilang mahal dan membutuhkan listrik yang tidak sedikit, membuat masyarakat berfikir dua kali untuk membelinya.

Sayangnya makanan mudah membusuk apabila tidak disimpan di kulkas, dan sebenarnya kita bisa membuat kreasi dengan membuat kulkas sederhana dari pot tanah liat.

Alat dan Bahan
1. 2 buah pot dari bahan tanah liat (tembikar) dengan diameter 60 cm dan 40 cm.
2. Lem kayu.
3. Kain penutup.
4. Pasir.
5. Air.
6. Sterofom.

Langkah-langkah
Tutup terlebih dahulu lubang pot menggunakan pecahan genting dan lem, usahakan agar tidak ada lubang pada kedua buah pot yang akan digunakan sebagai pendingin.
Tempelkan pot kecil ke dalam pot besar seperti pada gambar diatas menggunakan lem. Siapkanlah pasir atau bahan yang bisa dibasahi lainnya seperti pasir laut dsb.
Masukkan pasir ke dalam ruang antara pot besar dan pot kecil sampai penuh, basahi pasir menggunakan air dan kemudian tutuplah ruangan yang tersisa menggunakan stereofom.
Masukan buah-buahan serta sayuran kedalam pot kecil.
Tutup dengan kain dan ukur suhunya.

Hasil
Kini pendingin sudah bisa digunakan untuk menyimpan sayur dan buah, air dalam pasir akan mengalami evaporasi, evaporasi inilah yamg akan mendinginkan ruangan di dalam pot. Pendingin berbahan pot ini cukup efektif mengawetkan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Kesimpulan
Benda yang bermanfaat tidak selalu didapatkan dengan mengeluarkan biaya mahal. Pendingin ini bisa bermanfaat ke daerah yang belum terjangkau oleh listrik.

Agar kerja pendingin optimal, jangan menaruh pendingin di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung untuk menjaga suhu pendingin tetap stabil!

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang cara mengidentifikasi teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengidentifikasi Informasi Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia Revisi 2018

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /