Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Ciri-Ciri Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia SMP 2019


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan ciri-ciri teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX tahun 2019 revisi terbaru. Semoga ciri-ciri teks laporan yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas IX yang sedang mencari referensi tentang ciri-ciri teks laporan percobaan. Dan harapannya ciri-ciri teks laporan yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Ciri-Ciri Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia SMP 2019

Perhatikan contoh teks laporan percobaan berikut ini!

Membuat Taplak Meja

Tujuan
Taplak meja biasa dipakai untuk menghias meja dan sangat banyak tersedia di toko-toko dengan harga yang bisa dibilang lumayan. Tetapi pernah enggak sih kamu kepikiran untuk membuat taplak meja sendiri ? Kamu sebenarnya bisa membuat taplak meja sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah.
Tujuan dari pembuatan taplak meja ini agar kita dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang berada disekitar kita sehingga lebih bernilai dan bermanfaat.

Alat dan Bahan
1. Kain perca 2 meter
2. Jarum dan benang
3. Pensil, gunting, dan kertas
4. Jangka 

Langkah-Langkah Membuatnya
1. Buatlah sketsa gambar terlebih dahulu pada kertas dengan menggunakan jangka dengan diameter 8 cm, kemudian gunting sesuai pola jangka tersebut.
2. Tempelkan pada kain perca lalu jiplak polanya dan gunting kain percanya, ulangi sampai 60 bulatan.
3. Jahit pinggirnya lalu tarik kemudian di tali, ulangi sampai 60 bulatan.
4. Langkah selanjutnya, rangkaikan bulatan satu dengan bulatan yang lainnya dan kemudian bentuk pola seperti taplak meja.
5. Setelah membentuk sebuah pola yang kamu inginkan, jahit bulatan satu dengan yang lainnya.
6. Kemudian setelah selesai membentuk taplak meja, kamu bisa merapihkan jahitannya agar terlihat lebih indah.

Hasil
Jadilah taplak meja dengan kreasi tangan kamu sendiri. Sekarang kamu dapat meletakkan taplak meja tersebut di meja ruang makan atau bisa juga meja ruang tamu. Kamu dapat mengembangnya menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan.

Kesimpulan
Membuat taplak meja tidaklah begitu sulit, tetapi kamu juga harus telaten dan ulet dalam proses pengerjaannya. Sehingga keterampilan yang kamu miliki akan terus terasah dan berkembang, sekaligus kamu dapat menghemat biaya dan bisa menambah keuntungan jika kamu memanfaatkannya sebagai peluang usaha.

Adapun ciri-ciri teks laporan percobaan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Disusun berdasarkan hasil percobaan/pengamatan
2. Pembahasan masalah dikemukakan secara objektif sesuai realitas/fakta dan kebenarannya dapat diuji.
3. Disusun berdasarkan struktur isi teks secara runtut dan sistematis.
4. Menggunakan bahasa ilmiah baku, jelas, komunikatif, dan logis sehingga tidak terbuka kemungkinan adanya ambiguitas, ketaksaan, ataupun kerancuan.
5. Ditulis dengan data lengkap sebagai pendukung laporan
6. Dibuat menarik dan interaktif
7. Menuntaskan masalah-masalah yang dimunculkan secara terperinci dan lengkap

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang ciri-ciri teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan anak didik khususnya dalam memahami lebih dalam tentang ciri-ciri teks laporan percobaan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri-Ciri Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /