Ciri Kebahasaan Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia SMP 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan ciri kebahasaan teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga ciri kebahasaan teks laporan percobanaan yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang ciri kebahasaan teks laporan percobaan. Dan harapannya ciri kebahasaan yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga bermanfaat. 

Ciri Kebahasaan Teks Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Perhatikan contoh teks laporan percobaan berikut!

Tujuan
Pernahkah kamu mengalami mati lampu di rumah? Rasanya tidak enak jika harus beraktivitas dalam kegelapan. Selama ini listrik yang kamu gunakan masih menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Suatu saat sumber energi itu akan habis.

Oleh karena itu, sebuah energi alternatif sangat diperlukan untuk menghindari krisis energi. Percayakah kamu jika alam ini sebenarnya memiliki banyak sumber energi? Ada sebuah energi listrik alternatif yang dapat dikembangkan di kemudian hari.

Alat dan bahan yang digunakan:
1. Kentang.
2. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil juga bisa).
3. Kabel.
4. Penjepit buaya.
5. Lempengan tembaga.
6. Lempengan seng.
7.  Untuk pengganti tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam.

Langkah-Langkah Pembuatan:
1. Tusukkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang dengan jarak beberapa mili/ senti (jangan disatukan)!
2. Jepitkan kabel pada tiap-tiap lempengan tersebut dan hubungkan dengan lampu!
3. Perhatikan nyala lampu yang terjadi! Jika nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik! Jika lampu tidak menyala juga, silakan tambah kentang tersebut agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar!
Setelah langkah-langkah terlaksana, kini kamu memiliki salah satu energi alternatif. Jika terus dikembangkan, energi alternatif ini tidak menutup kemungkinan menjadi energi yang dapat digunakan di masa yang akan datang.

Lampu tersebut dapat menyala karena adanya arus listrik yang mengalir. Seperti halnya baterai lampu senter, kentang dan lempengan-lempengan itu pun menghasilkan arus listrik walaupun sangat lemah. Getah kentang mempengaruhi logamlogam itu secara kimiawi layaknya larutan elektrolit dalam aki. Oleh karena itu, susunan seperti ini disebut elemen galvani karena yang pertama kali mengamati proses ini dalam eksperimen ialah seorang dokter dari Italia bernama Galvani.

Adapun ciri kebahasaan teks laporan percobaan sebagai berikut
1. memperkenalkan aspek umum atau kelompok (generik)
2. menggunakan kata tugas hubungan logis
3. menggunakan kalimat aktif
4. menggunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi
5. tidak ada urutan waktu
6. menggunakan kata benda dan frasa
7. disertai dengan foto, diagram, atau tabel untuk memperkuat hasil pengamatan.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang ciri kebahasaan teks laporan percobaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkambangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.