Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Pokok-Pokok dalam Sebuah Cerita | Bahasa Indonesia SMP 2019


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh pokok-pokok dalam sebuah cerita. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh pokok-pokok dalam sebuah cerita. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik dalam mempelajari contoh pokok-pokok dalam sebuah cerita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Contoh Pokok-Pokok dalam Sebuah Cerita | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Baca dan cermatilah contoh teks berikut untuk menentukan pokok-pokok teksnya. 

Ke Jogja adalah tujuan pertamaku saat naik pesawat. Senang sekali rasanya! Aku bisa melihat awan-awan yang bentuknya lucu-lucu. Aku jadi ingin memegangnya. Aku tahu dari ibu, awan itu kan  hanya kumpulan uap air. Lautan yang luas pun dapat kulihat dari atas sana. Indah sekali! Kebetulan waktu itu aku duduk dekat jendela.

Tujuan keduaku naik pesawat adalah ke Bali. Pemandangan dari atas itu selalu terlihat indah bagiku. Kalau pesawat sudah terbang di udara dengan tenang aku paling senang jalan-jalan di lorong pesawat dan "ngemil".

Telingaku pernah sakit saat pesawat anak naik ke udara. Lalu Eyang menyuruh aku untuk menarik nafas dalam-dalam. Benar lho, sakitnya hilang. Aku paling tidak suka kalau pesawat yang kutumpangi masuk ke awan. Pesawat jadi bergoyang-goyang. Aku kan jadi mabuk udara. Pernah juga sampai muntah. Cuma satu kali, kok!

Saat pramugari memeragakan cara penyelamatan diri, aku senang memerhatikannya. Itu penting dan berguna di saat darurat. Aku juga selalu membaca selebaran yang isinya tentang cara-cara penyelamatan diri yang ditaruh di kantong belakang kursi setiap penumpang.

Pokok-pokok cerita dari teks di atas adalah sebagai berikut!
1. Pengalaman naik pesawat
2. Pengalaman kedua naik pesawat
3. Pengalaman di dalam pesawat
4. Memerhatikan penjelasan pramugari

Dengan empat pokok cerita di atas. Adinda dapat menyampaikan cerita pengalaman mengesankan tanpa harus membaca tulisannya sendiri. Intinya, pokok-pokok cerita pengalaman dapat memudahkan kalian untuk menyampaikan cerita secara lengkap.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh pokok-pokok dalam sebuah cerita. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Pokok-Pokok dalam Sebuah Cerita | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /