Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Kalimat Utama | UN Bahasa Indonesia SMA 2020



ilmubindo.com-   Kali ini admin akan membagikan contoh soal UN Bahasa Indonesia kelas XII materi soal kalimat utama. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Dan harapannya contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari soal-soal terbaru seputar UN Bahasa Indonesia kelas XII SMA. Selamat belajar dan semoga sukses.

Contoh Soal Kalimat Utama | UN Bahasa Indonesia SMA 2020
www.ilmubindo.com

1. Bacalah paragraf berikut!
1) Industri kimia seperti alkohol , dalam proses pembuatannya membutuhkan air yang sangat banyak. 2) Akibatnya, limbah cairan yang dikeluarkan ke lingkungan sekitarnya menjadi banyak pula. 3) Air limbah ini mengandung mikroorganisme, senyawa organik dan anorganik, serta senyawa tambahan yang terbentuk karena proses fermentasi. 4) Industri ini memunyai limbah cair dari sisa pencucian peralatan limbah padat berupa uap alkohol. 5) Limbah industri ini termasuk limbah bahan beracun berbahaya yang mencemari air dan udara.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

Jawaban: A
Kalimat utama adalah kalimat yang dimuati ide pokok/gagasan utama. Pada umumnya, kalimat utama terdapat di awal, akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Paragraf pada soal tersebut dikembangkan dengan pola deduktif, yakni kalimat utama terdapat pada kalimat pertama, yakni Industri kimia seperti alkohol , dalam proses pembuatannya membutuhkan air yang sangat banyak.

2. Bacalah paragraf berikut!
1) Makin meningkatnya para penderita penyakit jantung, baik penyakit jantung koroner maupun penyakit jantung lainnya, diperkirakan sangat berkaitan dengan keadaan orang-orang pada zaman sekarang. 2) Hal ini disebabkan orang dituntut untuk super sibuk dalam pekerjaan. 3) Tuntutan pekerjaan yang banyak menyita waktu dan harus bergerak cepat menyebabkan seseorang untuk tidak sempat mengatur pola hidup dan pola makan yang baik. 4) Hal ini menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan atau ketidakserasian antara pola hidup dan pola makan. 5) Sebagaimana sering dijelaskan oleh para pakar kesehatan, baik para medis, maupun pakar herbal atau herbalis, bahwa katidakserasian pola hidup dan pola makan merupakan faktor utama seseorang terjangkit berbagai macam penyakit berat seperti jantung, jantung koroner, liver, ginjal, asam urat, stroke, darah tinggi, dan sebagainya.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

Jawaban: A
Kalimat utama adalah kalimat yang dimuati ide pokok/gagasan utama. Pada umumnya, kalimat utama terdapat di awal, akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Paragraf pada soal tersebut dikembangkan dengan pola deduktif, yakni kalimat utama terdapat pada kalimat pertama, yakni Makin meningkatnya para penderita penyakit jantung, baik penyakit jantung koroner maupun penyakit jantung lainnya, diperkirakan sangat berkaitan dengan keadaan orang-orang pada zaman sekarang.

3. Bacalah paragraf berikut!
1) Kita perlu membangun kembali pondasi pola berpikir kita sebagai pengemban tugas berat penerus cita-cita bangsa yang beradab sesuai dengan perilaku kita sebagai orang timur. 2) Langkah awal yang harus dilakukan adalah mencoba menggali potensi yang terdapat pada bangsa kita. 3) Masih banyak potensi yang belum digali yang sangat berpengaruh bagi kita untuk tepa menjaga dan melestarikan ekstensi kultur sosial budaya bangsa Indonesia. 4) Jangan jadikan budaya barat yang masuk melalui era globalisasi sebagfai patron pola berpikir karena dari pola berpikir inilah perilaku kita dalam kehidupan sehari-hari terpengaruh oleh budaya barat yang bebas. 5) Kalau tidak cepat dilakukan pembinaan, apa yang akan terjadi pada generasi di masa mendatang?

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

Jawaban: A
Kalimat utama adalah kalimat yang dimuati ide pokok/gagasan utama. Pada umumnya, kalimat utama terdapat di awal, akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Paragraf pada soal tersebut dikembangkan dengan pola deduktif, yakni kalimat utama terdapat pada kalimat pertama, Kita perlu membangun kembali pondasi pola berpikir kita sebagai pengemban tugas berat penerus cita-cita bangsa yang beradab sesuai dengan perilaku kita sebagai orang timur. 

4. Bacalah paragraf berikut!
1) Situs purbakala di kawasan Kota Banda Aceh kuno saat ini dalam kondisi terbengkalai. 2) Rumput ilalang tumbuh subur di kawasan itu. 3) Makam-makam kuno peninggalan masa Kerajaan Aceh yang dibuat sekitar abad ke-17 dan ke-18 berserak tak terurus. 4) Banyak  yang tidak utuh atau terbelah. 5) Sebagian besar batu nisan berkaligrafi musnah terbawa tsunami atau diambil orang. 6) Manuskrip batu nisan berserakan dan tak diketahui lagi posisi awalnya. 6) Padahal, tulisan kaligrafi pada nisan itu memunyai pesan dan teks sejarah yang berguna.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

Jawaban: A
Kalimat utama adalah kalimat yang dimuati ide pokok/gagasan utama. Pada umumnya, kalimat utama terdapat di awal, akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Paragraf pada soal tersebut dikembangkan dengan pola deduktif, yakni kalimat utama terdapat pada kalimat pertama, yakni Situs purbakala di kawasan Kota Banda Aceh kuno saat ini dalam kondisi terbengkalai.

5. Bacalah paragraf berikut!
1) Tiap pengunjung akan berdecak kagum bila melihat keindahan Gunung Rinjani. 2) Di sana kita dapat melihat lembah dan ngarai yang berkelok-kelok bagaikan akar pohon beringin yang menancap erat di permukaan tanah. 3) Dipayungi langit biru dan gumpalan-gumpalan awan, gunung itu tampak kokoh menghijau dengan puncak yang berpasir. 4) Begitulah Gunung Rinjani menyuguhkan pemandangan alam yang indah. 5) Pemerintah daerah mempromosikannya.

Kalimat utama paragraf di atas terletak pada ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

Jawaban: A
Kalimat utama adalah kalimat yang dimuati ide pokok/gagasan utama. Pada umumnya, kalimat utama terdapat di awal, akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Paragraf pada soal tersebut dikembangkan dengan pola deduktif, yakni kalimat utama terdapat pada kalimat pertama, yakni Tiap pengunjung akan berdecak kagum bila melihat keindahan Gunung Rinjani.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal UN Bahasa Indonesia kelas XII materi kalimat utama dalam paragraf. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Kalimat Utama | UN Bahasa Indonesia SMA 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /