Contoh Soal Membandingkan Dua Karya Sastra Dilengkapi Kunci Jawaban dan Pembahasan 2020

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikancontoh soal membandingkan dua karya sastra dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari soal-soal terbaru seputar UN bahasa Indonesia. Dan harapannya semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah khususnya kelas XII yang akan mengikuti UN tahun ini. Selamat belajar dan semoga sukses.

www.ilmubindo.com

1. Bacalah kutipan novel berikut!
Kutipan 1
Dari kamar Ibu yang tertutup melata kabut. Kabut itu berjelanak dari celah bawah pintu. Merangkak memenuhi ruang tengah, ruang tamu, dapur, kamar mandi, hingga merebak ke teras depan.

Awalnya, orang-orang mengira bahwa rumah kami tengah dilalap api. Tapi kian waktu mereka kian bosan membicarakannya karena mereka tak pernah melihat api sepercik pun menjilati rumah kami. Yang mereka lihat hanya asap tebal yang bergulung-gulung. Kabut, pada akhirnya, mereka akan hanya saling berbisik, "Begitulah rumah pengikut setan, rumah tanpa Tuhan, rumah itu pasti dikutuk."

Kutipan 2
Sebenarnya tidak ada keistimewaan khusus mengenai keahlian Darko dalam memijat . Standar tukang pijat pada layaknya. Namun, keramahannya yang mengalir menambah daya pikat tersendiri. Kami menemukan ketenangan di wajahnya yang membuat kami senantiasa merasa dekat. Mungkin oleh sebab itu, kami terus membicarakannya.

Entah dari mana asalnya, tiada seorang warga pun yang tahu. Tiba-tiba saja datang ke kampung kami dengan pakaian tampak lusuh. Kami sempat menganggap dia adalah pengemis yang diutus kita suci.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kutipan cerita di atas adalah ....

Kutipan 1
Kutipan 2
A.
menggunakan ungkapan
tidak menggunakan ungkapan
B.
bahasa lugas
bahasa kias
C.
kalimatnya menggunakan majas
kalimat tidak menggunakan majas
D.
bahasa mudah dipahami
bahasa sulit dipahami
E.
bahasa sulit dipahami
bahasa sulit dipahami

Jawaban: A
Untuk mengetahui perbedaan antara dua teks sastra, kalian harus mencermati isi teks tersebut dengan saksama. Perbedaan kedua kutipan cerita tersebut dapat diketahui, yaitu kutipan cerita 1: menggunakan ungkapan, kutipan cerita 2: tidak menggunakan ungkapan.

2. Bacalah kutipan novel berikut!
Novel 1
Siti Qonaah memang sudah dua kali ditolak utang beras, lantaran Siti Qonaah terlambat menerima upah dari orang yang menyuruhnya mencuci pakaian. Terpaksa hari itu Siti Qonaah hanya mengisi perutnya dengan air. Jika siang itu Siti Qonaah makan, dapat dipastikan, kedua anaknya tidak akan kabagian nasi. Siang itu pun, nasi yang masih ada diusahakan Siti Qonaah untuk dua orang anak. Kendati ia yakin mereka tidak terlalu kenyang. Untunglah sore harinya Andi, anak Priono datang. Lelaki itu mengantar upah cucian dari orang tuanya.

Novel 2
Tuti yang tertua antara dua saudara itu, telah dua puluh lima tahun usianya, sedang adiknya Maria baru dua puluh tahun. Mereka ialah anak Raden Wiraatmaja, bekas wedana di daerah Banten, yang pada ketika itu hidup dengan pensiunnya di Jakarta bersama-sama kedua anaknya itu. Maria masih murid H.B.S. Carpentier Atting Strichting kelas penghabisan dan Tuti menjadi guru pada sekolah H.I.S. Arjuna di Petojo.

Perbedaan latar sosial kutipan novel tersebut adalah ....

Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
A.
kesulitan ekonomi perjuangan hidup
B.
pekerja kasar pekerja di kota
C.
keluarga ekonomi rendah keluarga ekonomi cukup
D.
anaknya masih kecil anaknya sudah dewasa
E.
keluarga kaya raya keluarga miskin

Jawaban: C
Untuk mengetahui perbedaan antara dua teks sastra, kalian harus mencermati isi teks tersebut dengan saksama. Perbedaan kedua kutipan cerita tersebut dapat diketahui, yaitu kutipan novel 1: keluarga ekonomi rendah, kutipan novel 2: keluarga ekonomi cukup.

3.  Bacalah dua pantun berikut!
Pantun 1
Orang naik menjerat rusa,
Rusa digulai diberi sambal.
Orang baik ingat usia,
Usia dipakai mencari bekal.

Pantun 2
Daun teratap di atas dulang,
Anak udang mati di tuba.
Dalam kitab ada terlarang,
Yang haram jangan dicoba-coba.

Perbedaan isi kedua pantun tersebut adalah ....

Pantun 1
Pantun 2
A.
berpesan agar kita membawa bekal berpesan agar tidak melaukan hal yang haram
B.
hidup hendaknya digunakan untuk mencari bekal di akhirat kita tidak boleh melakukan hal yang terlarang
C.
menjerat rusa dapat digunakan sebagai bekal kita dapat mencari udang di dulang
D.
dagung rusa enak dimakan jika diberi sambal kitab terlarang tidak boleh dibaca
E.
gulai rusa sangat baik untuk orang lanjut usia hal yang haram tidak boleh dicoba-coba

Jawaban: B
Untuk mengetahui perbedaan antara dua teks sastra, kalian harus mencermati isi teks tersebut dengan saksama. Perbedaan kedua kutipan cerita tersebut dapat diketahui, yaitu pantun 1: hidup hendaknya digunakan untuk mencari bekal di akhirat, pantun 2: kita tidak boleh melakukan hal yang terlarang.

4. Perhatikan kedua kutipan cerita berikut!
Teks 1
Ada banyak Banun di perkampungan lereng bukit yang sejak dulu tanahnya subur hingga tersohor sebagai daerah penghasil padi kwalitet nomor satu itu. Partama, Banun dukun patah tulang yang dangau usangnya kerap didatangi laki-laki pekerja keras bila pinggang dan pangkal lengannya terkilir akibat terlampau bergairah mengayun cangkul. Disebut-sebut, kemampuan turun-temurun Banun ini tak hanya ampuh mengobati patah tulang.

Teks 2
Begitu pentingnya Makaji. Tanpa campur tangannya, kenduri terasa hambar, sehambar gulai kambing dan gulai rebung karena bumbu-bumbu tak diracik oleh tangan dingin lelaki itu. Makaji tidak pernah keberatan membantu keluarga mana saja yang hendak menggelar pesta. Makaji tak pilih kasih, meski ia satu-satunya juru masak yang masih tersisa di Lareh Panjang.

Persamaan unsur intrinsik kedua cerita tersebut adalah ....
A. menceritakan seseorang yang menjadi bahan pembicaraan dilingkungannya
B. banyak tokoh sebagai orang seperti Banun dan juru masak
C. pekerjaan kedua tokoh cerita sangat berat
D. hasil pekerjaan tokoh cerita sangat mengagumkan
E. latar kedua cerita berada di keluarga berada

Jawaban: D
Untuk mengetahui perbedaan antara dua teks sastra, kalian harus mencermati isi teks tersebut dengan saksama. Perbedaan kedua kutipan cerita tersebut dapat diketahui, yaitu hasil pekerjaan tokoh cerita sangat mengagumkan.

5. Perhatikan kedua kutipan novel berikut ini!
Kutipan Novel 1
Banyak aturan dan adat bangsa asing yang sudah kita tiru denga tiada di perkirakan dalam-dalam buruk baiknya. Baju jas dan sepatu, pakaian siapa itu? Bukankah pakaian orang Barat? Mengapakah dipakai juga? Berkursi, bermeja, berlampu gantung, bukan adat nenek moyang kita turut juga. Piring dan mangkuk, perbuatan siapa? Tetapi dipakai juga? Manakah adat dan aturan kita yang asli?

Kutipan Novel 2
Beberapa bulan yang lalu, suamiku dipindah perusahaannya ke kota besar ini. Aku sendiri, waktu itu menjadi guru di Purwodadi dengan panggilan nama Bu Suci. Hampir sepuluh tahun aku menjadi guru di sana. Pekerjaan ini bukan pilihanku sendiri. Ketika aku lulus SD, orang tuaku menasihatkan agar aku masuk ke sekolah guru. Katanya sangat cocok bagi wanita. Aku sebenarnya bercita-cita menjadi sekretaris. Aku sering melihat gadis atau wanita muda yang mengetik dan mengurus kantor. 

Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah ....

Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
A.
kehidupan adat kehidupan modern
B.
keluarga persahabatan
C.
permusuhan persekutuan
D.
religi sosial
E.
budaya kebiasaan

Jawaban: A
Untuk mengetahui perbedaan antara dua teks sastra, kalian harus mencermati isi teks tersebut dengan saksama. Perbedaan kedua kutipan cerita tersebut dapat diketahui, yaitu kutipan novel 1: kehidupan adat, kutipan novel 2: kehidupan modern.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal membandingkan dua karya sastra. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembanan anak didik dalam mengerjakan soal-soal UN yang diujikan di sekolah. Selamat menemouh UN tahun ini dengan selamat. Semoga mendapatkan nilai yang memuaskan. Sukses buat kalian semua. Terima kasih.