Contoh Soal Menentukan Bukti Simpulan | UN Bahasa Indonesia SMA 2020

ilmubindo.com- Kali ini admin akan membagikan contoh soal UN Bahasa Indonesia kelas XII SMA dengan indikator soal menentukan bukti simpulan. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari soal-soal terbaru seputar UN Bahasa Indonesia. Dan harapannya contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah dalam mengerjakan soal-soal UN yang diujikan di sekolah. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Contoh Soal Menentukan Bukti Simpulan | UN Bahasa Indonesia SMA 2020
www.ilmubindo.com

1. Bacalah paragraf berikut!
1) Hasil survei yang diungkapkan oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan sebanyak 74,9 persen pasien kurang mampu mengeluhkan pelayanan rumah sakit. 2) Pasien kerap dimintai Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) lebih dahulu, bahkan disuruh pulang, padahal sudah sakit parah. 3) Tentu saja hal itu memberatkan masyarakat yang tidak mampu. 4) Alasan pihak rumah sakit bermacam-macam: terbatasnya tempat tidur 38,6 persen, peralatan rumah sakit tidak atau kurang memadai untuk pengobatan pasien 17,0 persen, tidak ada dokter spesialis 3,4 persen, administrasi tidak lengkap 5,7 persen, dan tidak ada uang muka 2,3 persen. 5) Jadi, dapat dikatakan bahwa masih banyak rumah sakit yang belum memberikan pelayanan secara baik.

Kalimat simpulan paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. 5)
B. 4)
C. 3)
D. 2)
E. 1)

Jawaban: E
Suatu paragraf dapat dikembangkan melalui dua cara, yaitu deduktif dan induktif. Paragraf pada soal tersebut dikembangkan dengan pola induktif. Berdasarkan hal tersebut, simpulan paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor 5) Jadi, dapat dikatakan bahwa masih banyak rumah sakit yang belum memberikan pelayanan secara baik.

2. Bacalah paragraf berikut!
Banjir bandang adalah banjir yang secara tiba-tiba di permukaan rendah yang disebabkan hujan yang turun terus-menerus. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi. Air tergenang lalu terkumpul didaerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. Sampah yang menumpuk di saluran drainase turut memperparah hal itu. Akhirnya, terjadilah banjir yang tidak dapat di atasi dan dihindari di wilayah tersebut.

Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Banjir bandang adalah banjir yang secara tiba-tiba di permukaan rendah yang disebabkan hujan turun terus-menerus.
B. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi
C. Air yang tergenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah
D. Sampah yang menumpuk di saluran drainase turut memperparah hal itu
E. Akhirnya, terjadilah banjir yang tidak dapat di atasi dan dihindari di wilayah tersebut.

Jawaban: E
Suatu paragraf dapat dikembangkan melalui dua cara, yaitu deduktif dan induktif. Paragraf pada soal tersebut dikembangkan dengan pola induktif. Berdasarkan hal tersebut, simpulan paragraf tersebut adalah Akhirnya, terjadilah banjir yang tidak dapat di atasi dan dihindari di wilayah tersebut.

3. Bacalah paragraf berikut!
1) Keadaan ekonomi di berbagai daerah di Indonesia memnyebabkan banyak pencari kerja yang rela melakukan apa saja agar dapat bekerja di Malaysia, Singapura, dan Thailand. 2) Mereka rela mengeluarkan uang puluhan juta agar berangkat ke negara tujuan. 3) Sesampainya di negara tujuan memang dengan mudah mereka memperoleh pekerjaan. 4) Akhirnya, pemalsuan paspor, visa, dan identitas mereka lakukan agar memasuki negara tujuan tersebut. 5) Banyak para pekerja itu yang meminta upah melebihi kemampuan kerjanya.

Kalimat simpulan paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

Jawaban: A
Suatu paragraf dapat dikembangkan melalui dua cara, yaitu deduktif dan induktif. Paragraf pada soal tersebut dikembangkan dengan pola deduktif. Berdasarkan hal tersebut, simpulan paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor 1) Keadaan ekonomi di berbagai daerah di Indonesia memnyebabkan banyak pencari kerja yang rela melakukan apa saja agar dapat bekerja di Malaysia, Singapura, dan Thailand.

4. Bacalah paragraf berikut!
1) Minyak sawit memiliki keunggulan tahan oksidasi dengan tekanan tinggi. Keunggulan yang dimiliki sawit multiguna. 2) Minyak sawit dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak makan dan margarin. 3) Selain itu, minyak sawit juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan sabun, kosmetika, dan industri farmasi. 4) Bahkan, minyak sawit juga digunakan sebagai bahan baku industri baja, kawat, radio, dan kulit. 5) Jadi, Minyak sawit dapat digunakan untuk beragam peruntukan karena keunggulannya.

Kalimat simpulan paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

Jawaban: E
Suatu paragraf dapat dikembangkan melalui dua cara, yaitu deduktif dan induktif. Paragraf pada soal tersebut dikembangkan dengan pola induktif. Berdasarkan hal tersebut terdapat pada kalimat nomor 5) Jadi, Minyak sawit dapat digunakan untuk beragam peruntukan karena keunggulannya.

5. Bacalah paragraf berikut!
1) Imbas era globalisasi secara transparan telah menyuguhkan apa yang dikenal dengan budaya pop. 2) Budaya ini muncul melalui berbagai mode pakaian, makanan, dan kebudayaan dalam perpektif keindonesiaan. 3) Kondisi masyarakat kita belum terbiasa dengan kebebasan yang menyebabkan kejutan budaya (culture shock). 4) Lemahnya perekat moral yang dibangun dalam sistem pendidikan nasional turut mendorong suburnya budaya tersebut. 5) Semua itu, merupakan krisis spiritual dan akhlak yang dialami masyarakat dewasa ini.  

Kalimat simpulan paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

Jawaban: E
Suatu paragraf dapat dikembangkan melalui dua cara, yaitu deduktif dan induktif. Paragraf pada soal tersebut dikembangkan dengan pola induktif. Berdasarkan pola tersebut, simpulan paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor 5) Semua itu, merupakan krisis spiritual dan akhlak yang dialami masyarakat dewasa ini.  

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan soal UN Bahasa Indonesia SMA kelas XII. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Dan harapannya kalian dapat lulus dengan baik tahun ini dengan nilai yang memuaskan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.