Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal Menentukan Makna Rujukan | UN Bahasa Indonesia SMA 2020


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soaol UN bahasa Indonesia kelas XII lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan materi "Menentukan makna rujukan". Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik khususnya kelas XII yang sedang mencari contoh soal terbaru seputar UN bahasa Indonesia. Dan harapannya contoh soal yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Contoh Soal Menentukan Makna Rujukan | UN Bahasa Indonesia SMA 2020
www.ilmubindo.com

1. Bacalah paragraf berikut!
1) Volume sampah elektronik terus bertambah, tetapi belum ada satu pun pusat daur ulangnya di Indonesia. 2) Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2014, tercatat 19.300 ton sampah elektronik dari sekitar 2.000 industri besar. 3) Itu belum termasuk dari sektor rumah tangga dan industri besar. 4) Sampah elektronik yang tergolong bahan berbahaya dan beracun (B3) dapat mencemari lingkungan, dan membahayakan manusia jika dibiarkan terpapar lingkungan tanpa pengelolaan. 5) Baterai, aki, telepon seluler, televisi, dan pendingin ruangan yang rusak dan tak terpakai merupakan limbah mengandung B3, seperti timbal dan polychlorinated biphenyl (PCB).

Kata itu pada kalimat 3) merujuk pada ....
A. sampah elektronik
B. volume sampah elektronik
C. data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2014
D. sampah elektronik dari industri besar
E. penambahan volume sampah elektronik

Jawaban: C
Kata tunjuk ialah kata yang digunakan untuk menunjuk/merujuk suatu hal. Untuk mengetahui hal yang dirujuk oleh kata tunjuk, kalian dapat melihat kalimat sebelumnya. Kata itu pada kalimat 3) merujuk pada data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2014.

2. Bacalah paragraf berikut!
Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN), kasus pemakaian narkoba oleh pelaku dengan tingkat pendidikan SD hingga tahun 2007 berjumlah 12.305. Data ini begitu mengkhawatirkan karena seiring dengan meningkatnya kasus narkoba (khususnya di kalangan usia muda dan anak-anak, penyebaran HIV/AIDS makin meningkat dan mengancam. Hal ini menegaskan bahwa sekarang perlingdungan anak dari bahaya narkoba masih belum cukup efektif. Walaupun pemerintah dalam UU Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002 dalam pasal 20 sudah menyatakan bahwa negara, pemerintah, masyarakat, keluarga, dan orang tua berkewajiban dan bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan perlindungan anak.

Kata ini pada kalimat ketiga pada ....
A. Pengguna narkoba di kalangan usia muda dan anak-anak
B. Hasil data Badan Narkotika Nasional (BNN)
C. UU Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002
D. Meningkatnya kasus narkoba di kalangan usia muda
E. Perlindungan terhadap anak-anak pengguna narkoba

Jawaban: D
Kata tunjuk ialah kata yang digunakan untuk menunjuk/merujuk suatu hal. Untuk mengetahui hal yang dirujuk oleh kata tunjuk, kalian dapat melihat kalimat sebelumnya. Kata ini pada kalimat ketiga merujuk pada Meningkatnya kasus narkoba di kalangan usia muda.

3. Bacalah paragraf berikut!
Guru adalah aktor utama dalam kerangka kualitas pembelajaran. Dahulu, faktor ekonomi dianggap sebagai penyebab kinerja guru tidak bermutu sehingga tunjangan profesi sebagai insentif dianggap sebagai solusi. Hal itu ternyata dinilai kurang tepat. Susah 10 tahun tunjangan profesi diberikan, tetapi belum ada tanda-tanda perbaikan secara kualitatif. Hal tersebut tidak sejalan dengan besarnya alokasi belanja Kemdikbud dalam APBN 2016 sebesar Rp49.232,8 miliar.

Kata itu pada paragraf tersebut merujuk pada ....
A. faktor ekonomi
B. penyebab kinerja guru tidak bermutu
C. guru tidak bermutu
D. pemberian tunjangan profesi
E. solusi meningkatkan mutu guru

Jawaban: D
Kata tunjuk ialah kata yang digunakan untuk menunjuk/merujuk suatu hal. Untuk mengetahui hal yang dirujuk oleh kata tunjuk, kalian dapat melihat kalimat sebelumnya. Kata itu pada kalimat kedua merujuk pada pemberian tunjangan profesi.

4. Bacalah paragraf berikut!
1) Swasembada garam konsumsi sebenarnya telah dicapai sejak 2013, tetapi belum berujung pada peningkatan kesejahteraan petani. 2) Petani garam rakyat selama ini tertekan harga jual yang jauh di bawah harga patokan pemerintah (HPP) serta derasnya arus impor garam. 3) Sementara itu, impor garam industri dibuka untuk memenuhi kebutuhan industri karena garam produksi rakyat dinilai belum mampu memenuhi standar industri. 4) Namun, hal itu ditengarai merembes ke pasar.

Kata itu pada kalimat nomor 3) merujuk pada ....
A. produksi garam rakyat
B. impor garam industri
C. pemenuhan industri
D. kebutuhan industri
E. penilaian garam produksi rakyat

Jawaban: B
Kata tunjuk ialah kata yang digunakan untuk menunjuk/merujuk suatu hal. Untuk mengetahui hal yang dirujuk oleh kata tunjuk, kalian dapat melihat kalimat sebelumnya. Kata itu pada kalimat 3) merujuk pada impor garam industri.

5.Bacalah paragraf berikut!
1) Generasi hari ini berbeda dengan generasi sebelumnya karena generasi hari ini lahir di tengah kecanggihan teknologi digital sehingga mereka dimanjakan game online dan media sosial. 2) Sejatinya, smart phone mendukung proses belajar-mengajar sehingga proses transfer of knowledge dan pembinaan karakter dan keterampilan belajar lancar. 3) Namun, kita juga sering menjumpai remaja yang berada dalam sebuah forum tanpa berkomunikasi satu sama yang lain, karena asyik dengan dunianya sendiri. 4) Meminjam bahasa Don Tapscott (2013), generasi ini adalah generasi acuh tak acuh. 5) Minat mereka hanya mengenai budaya populer, para pesohor, dan teman-teman mereka. 6) Hal itu menunjukkan bahwa teknologi digital membawa sejumlah dampak positif dan negatif.

Kata ganti mereka pada kalimat 5) merujuk pada ....
A. generasi acuh tak acuh
B. generasi ini
C. generasi
D. remaja
E. siswa

Jawaban: B
Kata tunjuk ialah kata yang digunakan untuk menunjuk/merujuk suatu hal. Untuk mengetahui hal yang dirujuk oleh kata tunjuk, kalian dapat melihat kalimat sebelumnya. Kata mereka pada kalimat nomor 5) merujuk pada generasi ini.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal UN bahasa Indonesia kelas XII SMA lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh soal terbaru seputar UN bahasa Indonesia pada tingkat SMA. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Menentukan Makna Rujukan | UN Bahasa Indonesia SMA 2020

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /