Contoh Teks Tantangan Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia SMP

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan tentang contoh teks tantangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga contoh teks tantangan yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh teks tantangan terbaru 2019. Dan harapannya contoh teks tantangan yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik dalam memahami lebih dalam tentang teks tantangan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Contoh Teks Tantangan Terbaru 2019 | Bahasa Indonesia SMP
www.ilmubindo.com

Kepadatan Penduduk sebagai Akar
dari Permasalahan Kota Jakarta

Jakarta sebagai ibu kota merupakan contoh kota dengan permasalahan kepadatan penduduk. Jakarta sebagai pusat ekonomi, sosial, budaya, hukum pemerintahan, dan politik. Jakarta menjadi pusat segala peradaban yang terjadi di Indonesia. Semuanya ada di Jakarta. Masyarakat Indonesia memandang Jakarta sebagai tambang emas karena di Jakarta semuanya ada. Oleh karena itu, para urban berbondong-bondong ke kota itu dengan tujuan dapat mengubah perekonomian di desa.
Ada banyak faktor pemicu urbanisasi, misalnya modernisasi teknologi. Rakyat perdesaan selalu dibombardir dengan kehidupan serbawah di kota besar sehingga semakin mendorong mereka meninggalkan kampung.Pemicu lain adalah pendidikan. Faktor pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap lonjakan jumlah penduduk. Universitas terbaik di Indonesia baik negeri maupun swasta ada di perkotaan termasuk di Jakarta. Pemicu selanjutnya adalah lapangan kerja. Jakarta sebagai kota besar dan berpenduduk padat tentu sangat menjanjikan orang-orang kecil yang berniat mencari sesuap nasi di kota tersebut. Ada pedagang kaki lima (PKL), pedagang asongan, tukang ojek, tukang semir sepatu, buruh pabrik, pembantu rumah tangga, atau sopir yang penting bisa bekerja tanpa memiliki keahlian khusus. Selain itu, ditambah pula orang-orang yang berkeahlian khusus yang didatangkan dari luar maupun luar negeri.
Berdasarkan pemicu-pemicu urbanisasi dalam penjelasan tersebut, pantaslah jika Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia mempunyai permasalahan pelik tentang kependudukan. Tentu ada dampak dari suatu yang berlebihan dengan kepadatan penduduk di Jakarta tersebut.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal teks tantangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga contoh teks tantangan yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfatat dan terima kasih.