Pengertian dan Contoh Pembuka dalam Teks Pidato Persuasif 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh pembuka dalam teks pidato persuasif bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi bahan tugas tentang teks pidato persuasif. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah, khususnya materi teks pidato persuasif. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Pengertian dan Contoh Pembuka dalam Teks Pidato Persuasif 2019
www.ilmubindo.com

Pembuka merupakan bagian awal dalam suatu pidato. Pembuka dalam pidato berisi beberapa bagian, bagian dalam pidato persuasif sebagai berikut. Salam pembuka, sapaan, ucapan syukur kepada Tuhan, ucapan terima kasih, tujuan pidato.

Salam Pembuka
Salam pembuka berisi salam dan sapaan kepada orang yang menghadiri acara tersebut.
Contoh:
1. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
2. Salam sejahtera
3. Selamat pagi

Salam Sapaan
Sapaan ini ditujukan kepada pendengar yang menghadiri acara atau pesta tersebut

Ucapan Syukur kepada Tuhan yang Maha Esa
Bagian ini berisi ucapan syukur yang dipanjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa karena telah diberi kesehatan dan rahmat sehingga dapat menghadiri suatu acara atau kegiatan

Ucapan Terima Kasih
Bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dan mendukung acara tersebut. Dan kepada para hadirin yang telah datang ke acara tersebut.

Tujuan Pidato
Tujuan pidato berisi pembuka untuk masuk ke isi pidato yang akan disampaikan kepada khalayak umum. Tujuan pidato ini menjelaskan inti pesan pidato yang akan disampaikan.

Contoh Pidato Persuasif

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Kepada yang terhormat Ibu pembimbing, serta teman-temanku yang berbahagia. 
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita rizky berupa kesehatan.

Dan seperti kita ketahui, kesehatan kita beranjak dari pola hidup kita yang sehat pula. Pola hidup sehat memang penting. Selain dapat membuat badan sehat, hal itu juga dapat membuatkita terhindar dari penyakit. Ada beberapa pola hidup sehat yang perlu diperhatikan, antara lain pola makan, olahraga, dan istirahat.

Pola makan harus dijaga agar tidak menimbulkan hal yang tidak kita inginkan, seperti obesitas ataupun malah kekurangan gizi.

Berikutnya adalah olahraga. Nah seperti kita ketahui, olahraga merupakan kegiatan yang mudah dilakukan, tapi banyak diabaikan. Padahal olahraga yang teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selanjutnya adalah masalah istirahat.

Istirahat yang cukup akan memulihkan tubuh kita yang letih dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.

Baiklah, pola hidup sehat yang dimulai dengan pola makan yang baik, olahraga teratur dan istirahat yang cukup, maka perlu pula didukung sikap yang selalu optimis. Sebab, tidak ada sesuatupun yang dapat menghalangi langkah seseorang yang optimis, bahkan kegagalan dan halangan malah akan dianggap sebagai pelajaran. Optimisme ini juga berdampak bagi bagi kesehatan tubuh.

Demikianlah apa yang saya sampaikan. Harapanya apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat  buat kita semua. Dan mohon maaf apabila terdapat tutur kata yang kurang berkenan. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan contoh pembuka dalam teks pidato persuasif. Semoga aoa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi terbaru seputar teks pidato. Semoga bermanfaat dan terima kasih.