Pengertian dan Contoh Teks Pidato Instansi | Bahasa Indonesia SMP 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh teks pidato instansi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX semester 1. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh teks pidato instansi. Dan harapannya materi kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah khususnya materi teks pidato persuasif. Berikut ini adalah pengertian dan contoh teks pidato instansi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian dan Contoh Teks Pidato Instansi | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Pidato instansi adalah pidato yang bersifat memberi penerangan, penjelasan, dan pendidikan. Pidato ini dapat disampaikan melalui berbagai media massa. Isi pidato harus jelas, tepat, dan pasti. Contoh dari pidato instansi adalah pidato instansi kesehatan yang memberikan penjelasan tentang pola hidup sehat.

Berikut ini adalah contoh pidato instansi kesehatan tentang pola hidup sehat.

Pola Hidup Sehat

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Kepada yang terhormat Ibu pembimbing, serta teman-temanku yang berbahagia. 
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita rizky berupa kesehatan.

Dan seperti kita ketahui, kesehatan kita beranjak dari pola hidup kita yang sehat pula. Pola hidup sehat memang penting. Selain dapat membuat badan sehat, hal itu juga dapat membuatkita terhindar dari penyakit. Ada beberapa pola hidup sehat yang perlu diperhatikan, antara lain pola makan, olahraga, dan istirahat.

Pola makan harus dijaga agar tidak menimbulkan hal yang tidak kita inginkan, seperti obesitas ataupun malah kekurangan gizi.

Berikutnya adalah olahraga. Nah seperti kita ketahui, olahraga merupakan kegiatan yang mudah dilakukan, tapi banyak diabaikan. Padahal olahraga yang teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selanjutnya adalah masalah istirahat.

Istirahat yang cukup akan memulihkan tubuh kita yang letih dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.

Baiklah, pola hidup sehat yang dimulai dengan pola makan yang baik, olahraga teratur dan istirahat yang cukup, maka perlu pula didukung sikap yang selalu optimis. Sebab, tidak ada sesuatupun yang dapat menghalangi langkah seseorang yang optimis, bahkan kegagalan dan halangan malah akan dianggap sebagai pelajaran. Optimisme ini juga berdampak bagi bagi kesehatan tubuh.

Demikianlah apa yang saya sampaikan. Harapanya apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat  buat kita semua. Dan mohon maaf apabila terdapat tutur kata yang kurang berkenan. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan contoh teks pidato instansi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari contoh teks pidato instansi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.