Pengertian Kepala Berita atau Lead Lengkap dengan Contohnya 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian kepala berita atau lead dalam teks berita. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari pengertian kepala lead dalam teks berita. Dan harapannya semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampal positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian Kepala Berita atau Lead Lengkap dengan Contohnya 2019
www.ilmubindo.com

Kepala berita atau lead merupakan unsur penting sebuah berita. Lead menentukan isi berita akan dibaca atau tidak. Lead merupakan sari pati berita. Lead melukiskan seluruh berita secara singkat. Unsur penting berita 5W+1H pada umumnya ditulis pada paragraf pertama dan kedua. Paragraf tersebut diperlukan untuk merangkum atau meringkas berita yang disusun. 

Lead atau teras berita setidaknya mengandung jawaban atas pertanyaan apa, siapa, kapan, dan di mana. Sementara itu, pertanyaan mengapa dan bagaimana dapat ditemukan pada bagian tubuh berita. Lead terdiri atas satu ataupun dua kalimat. Lead yang baik memudahkan pembaca memahami maksud berita.

Contoh Lead dalam Teks Berita:
1. Kompas.com_  Penyanyi asal Kanada berusia 51 tahun, Celine Dion memamerkan gaya rambut terbaru, dengan potongan pendek berwarna gelap.

2. Kompas.com_ Melacak siklus menstruasi tidaklah hanya sekadar menandai titik merah di sebuah kalender masa subur, dan berharap datang pada waktu yang sama di bulannya.

3. Kompas.com_ Bagi pemilik kulit wajah sensitif, menemukan produk skincare yang tepat memang tidak mudah. Termasuk memilih sabun muka. Jika salah, wajah akan makin kering dan kemerahan.

4. Jakarta, Kompas.com_  Direktur Imparsial Al Araf menilai, Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional TNI merupakan solusi jangka pendek mengatasi penumpukan perwira di TNI.

5. Jakarta, Kompas.com_ Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 575 calon legislatif terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024. 

6. Jakarta, Kompas.com_ Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh meminta pemerintah tidak menggunakan represif dalam menangani gejolak di wilayah Papua.

7. Jakarta, Kompas.com_ Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan perolehan suara partai politik setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan hasil sengketa hasil pemilu legislatif (pileg).

8. Jakarta, Kompas.com_ Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mendukung kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

9. Jakarta, Kompas.com_ Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebut. Presiden Joko Widodo meminta masyarakat dilindungi terkait demo berujung kerusuhan di Papua. Jokowi tak ingin ada msyarakat yang menjadi korban.

10. Jakarta, Kompas.com_ Ibunda Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhono (SBY), Siti Habibah meninggal dunia, Jumat (30/8/2019) di RS Mitra Keluarga Cibubur, Jakarta.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan contoh lead dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.