Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian Kritik dan Contohnya dalam Berbagai Karya | Bahasa Indonesia SMP


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh kritik dalam berbagai karya. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh kritik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapanya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian Kritik dan Contohnya dalam Berbagai Karya | Bahasa Indonesia SMP
www.ilmubindo.com

Mengkritik dapat diartikan sebagai kegiatan mengemukakan pendapat atau tanggapan terhadap sesuatu hal yang disertai dengan uraian dan pertimbangan baik burukya hal tersebut. Akan tetapi, sebuah kritikan oleh orang-orang sering dikaitkan dengan hal-hal yang buruk saja, sedangkan untuk hal-hal yang bagus sering disebut pujian. Baik kritikan ataupun pujian hendaknya selalu diutarakan dengan alasan yang logis dan bahasa santun sehingga tidak menyinggung perasaan orang yang dikritik atau dipuji. 

Perhatikan ilustrasi berikut di bawah ini!

Pada suatu hari murid-murid kelas IX SMP Assisi ditugasi gurunya untuk melihat pameran pembangunan dan membuat laporan. Usai melihat pameran itu mereka berbincang-bincang tentang pameran tersebut.

Rosa : "Jel, ramai ya pengunjung pameran tadi?."
Jelsi : "Iya, Ros. Yang dipamerkan pun bermacam-macam."
Rosa : "Kamu benar Jel, kamu tadi memerhatikan tidak lukisan harimau yang sedang menerkam kijang. Wah, sungguh indah lukisan itu. Warna lukisannya pas dan kelihatan hidup sekali."
Jelsi : "Kamu benar, Ros, maklum kan itu karya pelukis terkenal. Jadi, ya tentu baik dan indah. Eh. Ros, kamu tadi melihat di bagian mebel tidak?'
Rosa : "Ya, melihat. Meja, kursi, dan lemari yang dipajang di situ harganya mahal-mahal."
Jelsi : "Bukankah yang disebelah kiri harganya agak lebih murah, Ros?"
Rosa : "Iya juga sih, tetapi buatannya kurang baik, kurang halus, dan peliturnya banyak yang lecet." 
Jelsi : "Ya, memang mesti begitu Ros. Yang harganya murah biasanya mutunya juga kurang baik."

Pada ilustrasi tersebut pernyataan yang berisi pujian. Pujian itu diucapkan oleh Rosa. Dalam pujian itu Rosa juga menyebutkan alasan mengapa ia memuji lukisan itu. Selain memuji lukisan, Rosa juga mengucapkan kritikan. Rosa mengkritik pameran mebel yang harganya mahal-mahal, dan ketika Rosa mengatakan bahwa yang sebelah kiri kurang halus, dan peliturnya lecet-lecet. Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam memuji atau mengkritik, seseorang harus menyebutkan alasan mengapa suatu barang atau karya seni dianggap baik atau tidak baik.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan contoh kritik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Kritik dan Contohnya dalam Berbagai Karya | Bahasa Indonesia SMP

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /