Pengertian Pidato Ceramah Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang pengertian ceramah lengkap dengan contohnya. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh teks ceramah. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah khususnya materi teks ceramah. Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian dan contoh ceramah dalam pembelajara bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pengertian Pidato Ceramah Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Ceramah merupakan jenis pidato untuk menjelaskan sesuatu di hadapan pendengar. Ada juga ceramah yang diselingi sesi tanya jawab antara pendengar dengan penceramah. Masalah yang disampaikan dalam ceramah bersifat umum. Contoh ceramah antara lain ceramah keagamaan, ceramah kesehatan, dan ceramah politik.

Berikut ini adalah contoh ceramah

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Alhamdulilah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan curahan nikmatnya. Hingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal'afiat. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit berceramah mengenai perlunya sabar.

Saudaraku, pertama saya akan membahas tentang apa itu sabar? Pada dasarnya sabar berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinya adalah menahan. Yang mana menahan disini memunyai arti yang luas. Misalnya saat berpuasa, kita menahan semua hawa nafsu untuk banyak hal.

Seperti menahan lapar dan adzan subuh hingga adzan magrib tiba untuk saat berbuka. Selain itu hendaknya kita juga diharuskan bersabar dalam menghadapi perilaku buruk seseorang kepada kita. tetapi harus juga diketahui, bahwa tidak semua orang dapat menikmati sebuah kesabaran. Karena pada hakikatnya tidak semua orang dapat menahan rasa sabar tersebut.

Untuk itu semua saudaraku hendaknya kita selalu berdoa dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT agar diberi kesabaran melimpah dan tidak ada batasnya. Supaya kita semua mendapat pahala dari-Nya yang seluas-luasnya. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqoroh ayat 153 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." Bercermin dari ayat tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Allah SWT akan selalu memberikan pertolongan untuk setiap hamba-hambanya yang mau menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhkan diri dari segala larangan-Nya.

Didalam ayat Surat Al-Baqoroh tersebut disebutkan Keuntungan orang-orang yang mau mengerjakan sholat wajib 5 waktu. Serta mereka mampu menegakkan rasa sabarnya. Yaitu niscaya Allah SWT akan menjanjikan pertolongan saat mendapat kesusahan.

Walaupun begitu saudaraku, sabar memang tidaklah mudah justru adalah sebuah ujian. Namun justru karena ketidak mudahan tersebut menjadikan sabar adalah sarana Allah SWT untuk menguji hambanya apakah bisa lolos atau tidak dalam ujian-Nya. Hendaknya kita harus selalu istighfar dan berpikir positif agar dapat lolos ujian kesabaran yang diberikan Allah SWT.

Dan begitulah sedikit mengenai sabar yang bisa saya bagikan kepada saudara-saudara sekalian. Semoga setelah mendengar ceramah ini kita semua dapat lebih memahami arti penting dari sebuah kesabaran. Dan untuk kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu saya akhiri ceramah ini dan mohon maaf apabila terdapat salah kata saat penyampaian tadi. 

Wassalamu'alaikum Wr, Wb.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan contoh ceramah dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam berceramah yang baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.