Pengertian Pidato Pemerintahan Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019

ilmubindo.com- Kali ini admin akan membagikan materi tentang pengertian pidato pemerintahan lengkap dengan contohnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian dan contoh pidato pemerintahan lengkap dengan contohnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. 

Pengertian Pidato Pemerintahan Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Pidato pemerintahan adalah pidato yang berasal dari pemerintah untuk rakyat. Pidato ini berisi informasi resmi menyangkut kebijakan pemerintahan. Bentuknya berupa pengumuman, penjelasan, imbauan, dan pesan pemerintah. Pidato ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, pertemuan antara pejabat dengan sebagian rakyat. Kedua, pemerintah dengan media massa. Pidato ini harus jelas, tepat, dan pasti. Pidato pemerintahan harus jelas, tepat, dan pasti karena kesalahan dalam penjelasan akan berakibat fatal. Contoh pidato pemerintahan adalah pidato kenegaraan Presiden dan imbauan pemerintah.

Contoh Pidato Pemerintahan

Bismillahhirahmanirrahim
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang saya hormati Yang Mulia para Menteri Luar Negeri anggota ASEAN
Yang saya hormati Sekretaris Jenderal Lim Jock Hoi
Yang saya hormati para Duta Besar negara-negara sahabat
Yang saya hormati Gubernur DKI

Hadirin undangan yang berbahagia,
Selamat datang di gedung baru Sekretariat ASEAN dan secara khusus saya menyampaikan kepada para Menteri Luar Negeri ASEAN yang telah meluangkan waktu hadir dalam acara peresmian rumah baru ASEAN ini.

Tujuh tahun yang lalu, saat saya masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, saya masih ingat, saya lama berdiskusi dengan Wakil Sekjen ASEAN dan topik bahasanya adalah mengenai penggunaan gadung lam Wali Kota Jakarta Selatan untuk perluasan gedung Sekretariat ASEAN.

Ya memang sejak awal saya memiliki keterikatan pribadi dengan sejak awal saya memiliki keterikatan pribadi dengan pembangunan gedung ini. Oleh karena itu, saya selalu pantau dari dekat pembangunan gedung ini dan saya sadar bahwa gedung ini sangat diperlukan ASEAN . Gedung ini diperlukan ASEAN untuk menunjang misinya ke depan.

Hadirin yang  saya hormati,
Dalam 52 tahun ini, ASEAN telah dapat memainkan peran sebagai motor bagi perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan kawasan. Dan pada bulan Juni 2019, para menteri ASEAN telah mengadopsi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. Outlook ini merupakan sebuah pegangan dan sikap ASEAN dalam menjawab dinamika di kawasan Indo-Pasifik.

ASEAN prihatin dengan menajamnya rivalitas negara-negara besar dan semakin tingginya ketidakpercayaan satu sama lain, melemahnya multilateralisme, dan sering dianggapnya hukum-hukum internasional. Outlook ASEAN ini insyaallah juga akan dapat membangun monentum bagi upaya memperkuat strategic trust dan kerja sama yang saling menguntungkan.

Kita ingin ASEAN terus berperan dalam menyebarkan nilai-nilai dialog dan kerja sama. ASEAN harus menjadi magnet bagi pengembangan kerja sama dan dialog. Saya paham ini bukan merupakan sebuah misi yang mudah. Namun, saya yakin misi ini akan dijalankan oleh ASEAN.

Hadirin yang saya hormati,
Untuk terus dapat memainkan peran sentral ke depan, satu kunci utama yang diperlukan ASEAN adalah persatuan. ASEAN harus bersatu. ASEAN terus bersatu. Persatuan inilah yang mampu membuat ASEAN bertahan selama 52 tahun ini.

Padahal semua orang tahu bahwa tantangan ASEAN sangat besar. Tantangan ASEAN sangat besar. ASEAN juga sangat majemukbaik dari sisi ekonomi, dari sisi sistem politik, dari sisi agama, dan tentunya dari sisi etnis. Sekali lagi, persatuan ASEAN unity menjadi kunci bagi masa depan ASEAN.

Dari waktu ke waktu persatuan ASEAN saya lihat semakin kokoh. Kekokohan persatuan ASEAN inilah yang akan membuat ASEAN dapat mempertahankan sentralisasinya.

Hadirin yang saya hormati,
Ke depan, tantangan ASEAN untuk lima pulun tahun tidaklah mudah. Tarik menarik antara kekuatan besar sudah dapat dipastikan akan semakin tajam. Sementara di dalam negara kita masing-masing rakyat akan terus bertanya mengenai manfaat ASEAN bagi rakyat, manfaat ASEAN bagi rakyat ASEAN.

Oleh karena itu, ASEAN harus dapat mempertahankan relevasinya. Relevan bagi perkembangan baru dunia, relevan bagi pemenuhan kepentingan rakyat ASEAN, dan ASEAN harus bekerja lebih cepat dalam merespons perubahan yang sangat cepat. Semua bergerak cepat, ASEAN harus bergerak cepat dan solid. Sebagai tuan rumah Sekretariat ASEAN, Indonesia berusaha memfasilitasi ASEAN dalam bergerak cepat dan soliddan bekerja secara efektif dan efisien. Dengan pemikiran itulah gedung ASEAN ini kita bangun.

Gedung baru ini mencerminkan spirit baru ASEAN, mencerminkan The New ASEAN. Dan saya berharap ke depan sebagian besar kegiatan ASEAN sudah selayaknya dapat dilakukan di gedung ini. Hal ini akan mengurangi secara drastis biaya perjalanan yang harus dikeluarkan, terutama oleh Sekretariat ASEAN dan juga para wakil tetap ASEAN. Uang perjalanan yang dibelanjakan selama ini dapat digunakan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat bagi kegiatan ASEAN lainnya.

Saya rasa itu yang penting, yang bisa saya sampaikan. Maka dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, saya resmikan gedung baru Sekretariat ASEAN dan kita serahkan gedung baru Sekretariat ASEAN ini kepada Sekretaris Jenderal ASEAN.

Dirgahayu ASEAN yang ke-52,
Long life ASEAN,
Terus bersatulah kita,
Jayalah ASEAN.

Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian teks pidato pemerintahan lengkap dengan contohnya. Semoga apa yang admin bagikan kali ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.