Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Perbedaan Teks Imajinasi dengan Teks Lain | Bahasa Indonesia SMP 2019


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang teks imajinasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan teks lain. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang perbedaan teks imajinasi dengan teks lain. Dan harapannya materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah khususnya materi teks imajinasi. Selamat belajar dan semoga sukses. 

Perbedaan Teks Imajinasi dengan Teks Lain | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Adapun perbedaan antara teks imajinasi dengan teks-teks yang lain terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

Teks imajinasi bersifat khayalan atau fiktif, sedangkan teks deskripsi bersifat menggambarkan atau mendeskripsikan.

Teks imajinasi melibatkan kesan indra, sedangkan teks deskripsi melibatkan kesan indra (penglihatan, penciuman, pencecapan, dsb)

Teks imajinasi gaya bahasa yang digunakan bersifat bebas dan ekspresif, sedangkan teks deskripsi digunakan baku/formal.

Teks imajinasi berstruktur orientasi, komplikasi, dan resolusi, sedangkan teks deskripsi memiliki struktur deskripsi umum dan deskripsi bagian.

Teks imajinasi menjelaskan atau menceritakan suatu objek atau kejadian berdasarkan khayalan atau tidak akurat, sedangkan teks deskripsi menjelaskan atau menceritakan suatu objek atau kegiatan berdasarkan yang dialami langsung oleh penulis.

Teks imajinasi tidak memuat kebenaran atau fakta, tetapi memuat keajaiban, dan kemisteriusan, sedangkan teks deskripsi memuat kebenaran atau fakta

Teks imajinasi tokoh aktif dapat berupa manusia, hewan, tumbuhan, alam, dan benda, sedangkan teks deskripsi tokoh aktif berupa manusia.

Teks imajinasi tokoh-tokoh tidak terdapat di dunia nyata (memiliki kekuatan, keajaiban, dll), sedangkan teks deskripsi tokoh terdapat di dunia nyata.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang perbedaan antara teks imajinasi dengan teks yang lain (teks deskripsi) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Teks Imajinasi dengan Teks Lain | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /