Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Perbedaan Teks Prosedur dengan Teks Lain | Bahasa Indonesia SMP 2019



Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan perbedaan antara teks prosedur dengan teks yang lain (teks cerpen) dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMP 2019. Semoga perbedaan yang admin bagikan ini tentang teks prosedur dan teks cerpen dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks prosedur dan teks cerpen. Dan harapannya perbedaan antara teks prosedur dan teks cerpen yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Perbedaan Teks Prosedur dengan Teks Lain | Bahasa Indonesia SMP 2019
www.ilmubindo.com

Berikut ini adalah 7 perbedaan antara teks prosedur dengan teks cerpen dalam pembelajaran bahasa Indonesia, adapun 7 perbedaan teks tersebut adalah sebagai berikut:

1. Teks prosedur merupakan sebuah teks yang menjelaskan tentang proses membuat atau melakukan sesuatu, Sedangkan teks cerpen adalah karya sastra yang berbentuk fiksi. Cerpen kependekan dari cerita pendek.

2. Ciri-ciri teks prosedur adalah 1) panduan langkah-langkah yang harus dilakukan; 2) aturan atau batasan dalam hal bahan/kegiatan dalam melakukan kegiatan; dan 3) isi kegiatan yang dilakukan secara urut (kalau tidak urut disebut tips), Sedangkan teks cerpen adalah 1) panjang karangan lebih kurang 10 halaman; 2) habis dibaca sekali duduk; 3) dalam cerpen hanya ada satu peristiwa yang menguasai jalan cerita; 4) terdapat konflik, tetapi tidak menimbulkan perubahan nasib pelaku; 5) hanya memunyai satu alur; dan 6) perwatakan tokoh dilukiskan secara singkat.

3. Teks prosedur memiliki struktur 1) judul; 2) pengantar yang menyatakan tujuan penulis; 3) bahan atau alat untuk melaksanakan suatu prosedur; dan 4) langkah tahapan dengan urutan yang benar.

4. Teks prosedur memiliki ciri kebahasaan 1) penggunaan kalimat perintah; 2) penggunaan bentuk pas (untuk proses); 3) penggunaan kriteria/batasan; 4) penggunaan kata cara, alat, dan tujuan; 5) menggunakan kalimat saran/larangan; 6) menggunakan kata penghubung, pelesapan, dan kata acuan" dan 7) penggunaan akhiran -i dan akhiran -kan. Sedangkan teks cerpen memiliki ciri kebahasaan 1) kosakata; 2) gaya bahasa; 3) kalimat deskriptif; 4) bahasa tidak baku dan formal; dan 5) penggunaan kalimat yang menunjukkan keterangan waktu.

5) Teks prosedur tokoh yang digunakan adalah 'kamu' dan 'Anda', Sedangkan teks cerpen tokoh yang digunakan adalah tokoh 'saya'.

6. Teks prosedur tidak dapat atau tidak bisa direkayasa, Sedangkan teks cerpen dapat atau bisa dikarang-karang (direkayasa).

7. Teks prosedur berupa bagian-bagian yang menjelaskan proses pembuatan/melakukan sesuatu, Sedangkan teks cerpen berupa cerita dan berbentuk paragraf.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang perbedaan teks prosedur dengan teks lain (teks cerpen) dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Teks Prosedur dengan Teks Lain | Bahasa Indonesia SMP 2019

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /