Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Tokoh, Unsur-Unsur, Perbedaan, dan Macam-Macam Dongeng


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan tokoh, unsur-unsur, perbedaan, dan macam-macam dongeng dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMP. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang dongeng. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tokoh, Unsur-Unsur, Perbedaan, dan Macam-Macam Dongeng
www.ilmubindo.com

Macam-macam dongeng
1. Fabel
Fabel adalah dongeng tentang binatang yang dapat berprilaku seperti manusia. Contohnya: dongeng Si Kancil Mencuri Mentimun, Mickey Mouse, Donald Bebek, dan lain-lain.

2. Mitos
Mitos adalah dongeng tentang makhluk halus atau dewa-dewa dan erat kaitannya dengan kepercayaan masyarakat. Contohnya mitos tentang Nyai Roro Kidul, penguasa atau ratu selatan.

3. Sage
Sage adalah dongeng tentang seseorang pahlawan atau tokoh sejarah yang sudah tercampur dengan fantasi. Contohnya: tentang Prabu Siliwangi yang dapat berubah menjadi harimau putih.

4. Parabel
Parabel adalah dongeng yang berisi perumpamaan atau kiasan yang bersifat mendidik. Contohnya: dongeng Pak Belalang.

5. Pelipur Lara
Pelipur Lara adalah dongeng yang memberikan pendidikan dengan cara jenaka dan menghibur. Contohnya dongeng pelipur lara Si Kabayan.

Perbedaan Dongeng
Walaupun berbeda, dongeng pada dasarnya mempunyai persamaan, yaitu bersifat anonim tidak diketahui nama pengarangnya dan digunakan untuk memberi pendidikan moral kepada anak sekaligus menghibur dengan cara yang menyenangkan. Dongeng secara umum ditujukan ke anak-anak.

Unsur Intrinsik Dongeng
Tema, pesan, alur, watak dan perwatakan, latar, sudut pandang, tokoh dan penokohan, dan gaya bahasa.

Tokoh dalam Dongeng
1. Tokoh protagonis:
Tokoh yang membawa kebaikan.
2. Tokoh antagonis:
Merupakan tokoh penentang tokoh kebenaran. Sering disebut sebagai tokoh lawan. Tokoh utama dapat pula merupakan tokoh antagonis. Tokoh utama belum tentu mensyiarkan kebaikan.
3. Tokoh bulat:
Tokoh yang memiliki beraneka watak, yang selalu berubah-ubah dan berkembang.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang tokoh, unsur, perbedaan, dan macam-maca, dongeng. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tokoh, Unsur-Unsur, Perbedaan, dan Macam-Macam Dongeng

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /