Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

5+ Fungsi dan Kegunaan Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan fungsi dan kegunaan teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi pembelajaran tentang fungsi dan kegunaan teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami fungsi dan kegunaan teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

5+ Fungsi dan Kegunaan Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Fungsi/Kegunaan Teks Diskusi

Di bawah ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan dari teks diskusi. Adapun fungsi dan kegunaan dari teks diskusi adalah sebagai berikut.
  1. Berdiskusi membuat pikiran menjadi terbuka dan segera bertindak menyikapi kenyataan dan masalah di sekitar kita.
  2. Melatih untuk berani mengemukakan pendapat dan berpikir secara kritis, tepat, logis, dan objektif.
  3. Membentuk sikap diri peserta. Diskusi tidak hanya menambah pengetahuan dan pengalaman serta kecakapan, tetapi juga semangat demokratis dan toleransi berkembang.
  4. Menemukan sumber bagi pemecahan masalah
Contoh Teks Diskusi

Di bawah ini adalah salah satu contoh teks diskusi yang berjudul tentang perkembangan teknologi di masyarakat. Adapun contoh teks diskusi adalah sebagai berikut.
 
Perkembangan Teknologi di Masyarakat

Dewasa ini, teknologi telah berkembang dengan sangat pesat dan cepat. Teknologi-teknologi tersebut mengisi semua sendi-sendi kehidupan manusia. seperti transportasi, pengobatan, komunikasi, dan masih banyak lagi. Perkembangan ini tidak bisa dibendung, sehingga menimbulkan beberapa pandangan-pandangan di masyarakat mengenai perkembangan teknologi ini. Beberapa pihak yang pro terhadap perkembangan teknologi, tetapi ada juga pihak yang kontra terhadap teknologi.

5+ Fungsi dan Kegunaan Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Masyarakat yang pro terhadap perkembangan teknologi beranggapan bahwa hal ini adalah suatu hal yang positif karena dengan begitu pekerjaan mereka akan menjadi lebih mudah. Bagi mereka teknologi ibarat dewa penyelamat yang bisa memudahkan bahkan memenuhi kebutuhan mereka. Contohnya, pada teknologi transportasi, saat manusia tidak membutuhkan waktu yang lama menuju suatu tempat yang jauh. Mereka hanya membutuhkan hitungan jam untuk menyeberangi sebuah negara. Bahkan kini, mereka juga bisa menuju bulan, tempat yang tidak bisa mereka bayangkan sebelumnya untuk disinggahi.

Disamping mempercepat dan memudahkan dalam hal berpergian, teknologi juga bisa menghubungkan manusia walaupun dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh. Teknologi ini hadir dalam bentuk jaringan komunikasi atau sering disebut dengan handphone. Kini manusia bisa saling berhubungi kapanpun, di manapun, dan dalam kondisi apapun berkat bantuan satelit yang mengorbit bumi.

Tidak hanya dalam bidang transportasi dan komunikasi, teknologi juga turut berkembang dalam bidang pengobatan. Saat ini telah diciptakan berbagai macam pengobatan dan alat media yang canggih, seperti donor organ, cuci darah, kemoterapi, dan lain-lain yang bisa membantu penderita penyakit-penyakit parah tersebut agar bisa sembuh. Bahkan kini teknologi juga bisa membantu pasangan yang tidak subur untuk bisa memiliki anak dengan teknologi bayi tabung. Namun, di lain pihak ada juga masyarakat yang tidak setuju dengan perkembangan teknologi ini. Mereka menganggap bahwa perkembangan teknologi yang tidak terbatas ini bisa menyebabkan kehancuran bagi manusia. Teknologi-teknologi tersebut ibarat sebuah bom waktu yang siap meledak dan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kehidupan manusia. 

Pihak yang kontra terhadap perkembangan teknologi beralasan bahwa sudah banyak dampak buruk yang diciptakan oleh teknologi saat ini. Di antaranya adalah teknologi membuat manusia menjadi malas baik dalam kehidupannya maupun terhadap lingkungannya. Manusia yang telah dimanjakan dengan teknologi akan menyerahkan semua keperluannya untuk dikerjakan oleh teknologi. Mereka manjadi jarang bergerak dan menjadi pasif akan lingkungannya. Akibatnya, mereka menjadi gambang sakit dan kehilangan rasa kemanusiaan mereka. Terlebih lagi, perkembangan teknologi yang tidak terbatas ini juga turut menciptakan senjata-senjata yang mematikan. 

Yang lebih mengkuatirkan adalah teknologi cloning yang sedang dikembangkan saat ini. Mereka mulai mencari cara untuk melebihi kekuatan sang pencipta yaitu dengan menciptakan manusia lainnya. Hal ini sangat mengkuatirkan membuat manusia semakin terjerumus ke dalam teknologi dan melupakan Sang Penciptanya.

Berdasarkan hal-hal di atas dapat disimpulkan bahwa selain memberikan manfaat bagi kemaslahatan manusia, teknologi juga dapat menjerumuskan manusia. Oleh sebab itu, sebaiknya kita bisa mengontrol dan menyaring perkembangan teknologi ini dengan mencari mana yang baik dan bermanfaat bagi kita.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang fungsi dan kegunaan teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami fungsi dan kegunaan teks diskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5+ Fungsi dan Kegunaan Teks Diskusi | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /