Contoh Kalimat Komentar dan Tanggapan Isi Teks (Tanggapan, Dongeng, Cerpen, Ulasan, dan Eksposisi)

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh kalimat komentar dan tanggapan terhadap isi cerita dalam sebuah teks. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh kalimat komentar dan tanggapan terhadap isi cerita dalam sebuah teks. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik dalam memahami contoh kalimat komentar dan tanggapan terhadap isi cerita dalam sebuah teks.

Contoh Kalimat Komentar dan Tanggapan Isi Teks (Tanggapan, Dongeng, Cerpen, Ulasan, dan Eksposisi)
www.ilmubindo.com

Contoh Komentar Buku Cerita Anak (Anne si Rambut Merah)
  1. Memiliki kedekatan antara isi cerita dengan kehidupan sehari-hari sehingga mempermudah penghayatan terhadap isi cerita.
  2. Ceritanya efektif, artinya ceritanya mudah ditangkap atau dipahami maksudnya oleh pembaca.
Keterkaitan antara isi buku cerita dengan kehidupan

Keterkaitan antara isi buku cerita dengan kehidupan disertai bukti pendukungnya. Yang dimaksud bukti pendukung adalah kata, kalimat, paragraf yang mendukung pernyataan.

Contoh:
"Diana, silakan minum juice ini!" Tetapi beberapa saat kemudian, wajah Diana menjadi merah. Lalu ia terjatuh. Anne ternyata keliru. Ia mengeluarkan minuman anggur, bukan juice strawberry. Diana yang telah minum empat gelas menjadi mabuk.

Contoh Komentar1

Ibu Diana marah kepada Anne, dan melarang Diana bersahabat dengan Anne. Peristiwa ini menunjukkan bahwa Ibu Diana termasuk orang yang tidak bisa mengendalikan emosi.

Tanggapan:
  1. Hal ini sebagai cermin kehidupan, bahwa orang baik sekalipun, ketika sedang marah kadang-kadang menjadi bersikap tidak santun.
  2. Ibu Diana yang marah pada Anne bukan berarti dia jahat, tetapi karena Anne meminta maaf ketika situasi Ibu Diana masih dalam keadaan marah.
Teks Pendukung:
Keesokan harinya ketika Anne akan meminta maaf kepada Ibu Diana, Ibu Diana marah. "Walaupun kau masih kecil, tapi kau memberi Diana anggur. Anak jahat! Diana tidak boleh lagi bergaul dengan anak seperti kamu. "Brak" pintu dibanting. Anne tidak lagi berangkat ke sekolah bersama dengan Diana, sahabatnya.

Contoh Komentar 2 

Anne memiliki sikap bisa diteladani yaitu keberanian mengakui kesalahan.

Tanggapan:

Hal ini mengajarkan kepada kita untuk berani mengakui kesalahan dan meminta maaf, dimaafkan atau tidak itu adalah persoalan lain.

Teks Pendukung:
Keesokan harinya ketika Anne akan meminta maaf kepada Ibu Diana, Ibu Diana marah.

Contoh Komentar-Komentar Lain 
  1. Keteledoran mengakibatkan kesusahan dan ketelitian membawa kita pada keselamatan.
  2. Orang tua yang sedang marah menjadi tidak bijaksana dalam menghadapi anak kecil sekalipun.
  3. Kesigapan Paman Matiu yang tidak menyia-nyiakan waktu mengakibatkan tibanya dokter lebih cepat.
  4. Menolong orang tanpa pamrih, salah satu sikap yang harus dimiliki setiap orang
  5. Bila kita tidak menyimpan dendam, kita akan dengan mudah memaafkan orang lain
  6. Kita harus berani meminta maaf walaupun kepada anak kecil sekalipun. Seperti yang dilakukan Ibu Diana kepada Anne setelah menyadari kesalahannya.
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh kalimat komentar dan tanggapan terhadap isi cerita dalam sebuah teks. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh kalimat komentar dan tanggapan terhadap isi cerita dalam sebuah teks. Semoga bermanfaat dan terima kasih.