Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Contoh Soal PTS Teks Observasi Semester 1 | Bahasa Indonesia SMP K13



Soal PTS | Kali ini admin akan membagikan contoh soal pilihan ganda teks observasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari soal-soao terbaru seputar teks observasi dalam bahasa Indonesia. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan belajar anak didik di sekolah, khususnya teks observasi. Berikut ini adalah contoh soal pilihan ganda teks observasi.

Contoh Soal PTS Teks Observasi Semester 1 | Bahasa Indonesia SMP K13
www.ilmubindo.com

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
Berbeda dengan budaya pop Jepang yang hanya menjangkau anak-anak dan remaja, budaya Pop Korea mampu menjangkau segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Menurut Kim Song Hwan, seorang pengelola sindikat siaran televisi Korea Selatan, produk budaya Korea berhasil mengjangkau pengemar di semua kalangan terutama di Asia disebabkan teknik pemasangan Asian Values Hollywood Style. Artinya, nilai-nilai Asia dikemas dengan pemasaran gaya modern.

1. Objek yang diamati dalam teks tersebut adalah ....

A. Pengaruh barat di budaya Asia
B. Fenomena budaya pop Korea
C. Perbandingan budaya Jepang dan Korea
D. Budaya Asia

2. Untuk dapat menulis teks seperti ini, hal yang harus dilakukan adalah ....

A. Penyebaran angket
B. Pengamatan langsung
C. Wawancara ahli
D. Diskusi

3. Bacalah dengan saksama 
Kita telah melihat perkembangan pesat telekomunikasi selama 200 tahun terakhir. Dampak yang ditimbulkannya terhadap kita sangat hebat. Seandainnya orang yang hidup 200 tahun lampau bisa dihadirkan kembali untuk menyaksikan telepon, radio, televisi, satelit gambar-gambar venus, optik, dan sebagainya, mereka akan sangat terpesona dan menganggap semua itu perbuatan tukang sihir.

Perbedaan teks di atas dengan teks hasil observasi adalah ....

A. Tidak diawali dengan kegiatan pengamatan
B. Tidak memiliki gagasan utama yang jelas
C. Lebih banyak mengungkapkan argumen
D. Menyajikan sebuah cerita

4. Bacalah dengan saksama
Musik berirama dangdut banyak pengermarnya. Jenis musik tersebut tidak hanya disenangi oleh masyarakat pedesaan. Dangdut juga digemari oleh masyarakat perkotaan. Oleh sebab itu, tidaklah berlebihan bila semua stasiun televisi yang ada di negeri ini memprogramkan paket khusus penayangan musik berirama dangdut dengan jam tayang yang berbeda-beda. Banyak pengusaha rekaman yang juga memanfaatkan kondisi tersebut.

Teks tersebut mengamati tentang ....

A. Pengusaha rekaman di nusantara
B. Musik dangdut
C. Siaran stasiun televisi
D. Musik sebagai kegemaran masyarakat desa

5. Istilah lain dari observasi adalah ....

A. Pegamatan
B. Pencatatan
C. Penelitian
D. Penginderaan

6. Bagian teks hasil observasi memuat hal-hal berikut, kecuali ....

A. Biaya observasi
B. Waktu observasi
C. Tempat observasi
D. Objek observasi

7. Pernyataan berikut yang merupakan bagian pengertian umum adalah ....

A. Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang memunyai ekosistem asli dan dikelola dengan bersistem untuk keperluan berbagai penelitian, perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pariwisata.
B. Taman Nasional berfungsi sebagai tempat pelestarian habitat hean dan tumbuhan yang hidup di wilayah Indonesia.
C. Taman Nasional didirikan dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan mengembangkan pengetahuan.
D. Taman Nasional ini berguna sebagai tempat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, misalnya untuk pengamatan fenomena alam, konservasi alam, pemanfaatan air, energi air panas, dan angin serta wisata alam.

8. Bacalah paragraf berikut dengan saksama
OSIS SMP Sudirman mengadakan rapat dengan para anggotanya pada hari Senin, 24 Juni 2013 pada pukul 15.00. Tujuan dari rapat ini adalah membicarakan rencana pesantren kilat dan bakti sosial menjelang bulan Ramadan. Hampir semua pengurus OSIS serta pembina OSIS hadir. Rapat berlangsung dengan serius dan menghasilkan beberapa keputusan penting. Ketua OSIS, sebagai pemimpin rapat, membacakan keputusan-keputusan itu dan semua yang hadir menyepakatinya. Rapat ditutup pada pukul 17.00.

Aspek yang perlu ditambahkan dalam penjelasan teks tersebut adalah .....

A. Waktu pelaksanaan rapat
B. Tempat berlangsungnya rapat
C. Isi keputusan rapat
D. Peserta rapat

9. Pernyataan berikut yang berupa deskripsi manfaat ....

A. Sampah ialah sebagian dari sesuatu yang tidak dipakai, disenangi atau sesuatu yang harus dibuang, yang umumnya berasal dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia (termasuk kegiatan industri) dan umumnya bersifat padat.
B. Pada prinsipnya sampah dibagi menjadi sampah padat, sampah cair, dan sampah dalam bentuk gas 
C. Banyak sampah organik masih mungkin digunakan kembali, akan tetapi bahan tersebut tidak dapat digunakan kembali.
D. Sampah adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi, atau sesuatu yang dibuang berasal dari kegiatan manusia.

10. Bacalah dengan saksama kutipan berikut
Beberapa orang sibuk membereskan pinggir-pinggir parit yang penuh dengan rerumputan liar. Sebagian lagi membetulkan batu-batu yang bergeletakan di tengah jalan. Ibu-ibu tidak ketinggalan, menyapu sampah-sampah yang berserakan. Mereka tampak sibuk sambil sesekali bercanda satu sama lain. Ada pula yang menikmati makanan ringan yang disuguhkan oleh Bu Lurah. Ramai sekali suasana ketika itu. Tidak ada rasa lelah di wajah mereka walau kegiatan bersih-bersih jalan itu sudah berlalu dua jam lamanya.

Objek yang diamati dalam teks di atas adalah ....

A. Kehidupan penduduk
B. Keadaan jalan raya
C. Peristiwa yang terjadi di jalan
D. Kegiatan pembersihan jalan

11. Bacalah teks berikut!
Mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang walaupun beberapa kultivar yang merupakan hasil metode penyambungan dapat tumbuh di daerah beriklim subtropis. Selain sebagai bunga potong, mawar memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. Mawar juga dapat dimanfaatkan untuk teh, jelly, parfum, dan selai.
 
Simpulan kutipan teks laporan tersebut adalah ....
 
A. mawar dapat mengobati berbagai penyakit
B. mawar tanaman yang mudah ditanam
C. beragam manfaat bunga mawar
D. tempat tumbuh bunga mawar

12. Bacalah teks berikut!
Sebagai hasil olahan industri makanan, junk food biasanya banyak mengandung lemak jenuh. Ketika dipanaskan, lemak jenuh dapat bertahan pada temperatur tinggi. Bahayanya, lemak jenuh dapat menjadi biang kegemukan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Apabila kondisi tersebut terjadi pada tubuh seseorang, maka masalah kesehatan serius lainnya pun akan terpicu. Kanker, penyakit jantung, dan stroke adalah contoh penyakit yang diakibatkan kandungan lemak jenuh tinggi.
 
Simpulan isi teks tersebut adalah ....
 
A. Junk food memiliki harga sangat murah dan ketika dipanaskan dapat bertahan pada temperatur tinggi
B. Lemak jenuh menjadi biang kegemukan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah
C. Kandungan lemak jenuh pada junk food mengakibatkan berbagai penyakit
D. Junk food biasanya banyak mengandung lemak jenuh

13. Bacalah paragraf berikut!
Kesadaran pedagang terhadap pentingnya menjaga kebersihan di sembilan pasar tradisional di Kota Depok sangat rendah. Data Riset Kebersihan Pasar (RKP) Kota Depok 2017 menunjukkan bahwa tingkat kesadaran pedagang akan kebersihan hanya 20%. Sejumlah pedagang juga didapati sering berprilaku "aji mumpung" dengan membawa semua sampah rumah tangga mereka ke pasar untuk dibuang di sana. Kepala Unit Pelaksana Teknis Pasar Rakyat Cisalak (PRC), Nelson Da Siva Gomes, memaparkan bahwa data yang tengah dihimpun RKP menunjukkan sekira 205 kubik sampah rumah tangga senggaja dibuang di sembilan pasar tradisional di Kota Depok.
 
Gagasan utama  paragraf tersebut adalah ....

A. Kesadaran pedagang tradisional
B. Kesadaran menjaga kebersihan
C. Kebersihan pasar tradisional
D. Kebersihan pasar di Kota Depok

14. 1) Kota Jambi hingga kinin masih sering mengalami krisis air bersih. 2) Krisis air bersih tersebut terutama memuncak ketika debit air Sungai Batanghari menurun pada musim kemarau. 3) Penurunan debit air Sungai Batanghari menurun berpengaruh terhadap produksi air bersih PDAM Tirta Mayang Kota Jambi. 4) Penurunan debit air Sungai Batanghari pada musim kemarau bisa saja diatasi dengan memanfaatkan Danau Sipin Kota Jambi sebagai bahan baku PDAM Tirta Kota Jambi sebagai bahan baku PDAM Tirta Mayang. 5) Danau Sipin yang mempunyai luas sekira 42 ha bisa menjadi waduk alami yang mampu memasok bahan baku air bersih PDAM Tirta Mayang.
 
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....

A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)

15. Ayah akan berangkat ke Jakarta pada hari Saptu tanggal 26 Nopember 2017.

Perbaikan kesalahan penggunaan kata dalam kalimat tersebut secara tepat adalah ....

A. Ayah akan berangkat ke Djakarta pada hari Saptu tanggal 26 Nopember 2017.
B. Ayah akan berangkat ke Jakarta pada hari Sabtu tanggal 26 November 2017.
C. Ayah akan berangkat ke Jakarta pada hari Saptu tanggal 26 Nopember 2017.
D. Ayah akan berangkat ke Djakarta pada hari Saptu tanggal 26 Nopember 2017.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh soal PTS teks observasi. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah, khususnya materi teks observasi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal PTS Teks Observasi Semester 1 | Bahasa Indonesia SMP K13

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /