Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Gagasan, Fakta, dan Contoh Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia SMP



Ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang gagasan dan fakta dalam teks eksposisi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik dalam menguasai pembelajaran teks eksposisi. Dan harapannya semoaga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik baik di rumah maupun di sekolah. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Gagasan, Fakta, dan Contoh Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia SMP
www.ilmubindo.com

Pengertian Gagasan Teks Eksposisi

Gagasan adalah sesuatu hasil pemikiran , usulan, keinginan, harapan yang akan disampaikan kepada pembaca atau pendengar. Gagasan itu akan dilengkapi dengan fakta, data, informasi, dan pendukung lainnya yang diharapkan dapat memperjelas gagasan dan sekaligus menyakinkan calon pembacanya.
Menurut Widyamartaya (1990) gagasan adalah kesan dalam dua batin seseorang yang hendak disampaikan kepada orang lain. Gagasan berupa pengetahuan, pengamatan keinginan, perasaan, dan sebagainya. Penuturan atau penyampaian gagasan meliputi penceritaan, pelukisan, pemaparan, dan pembahasan.

Tujuan Gagasan Teks Eksposisi

Gagasan bertujuan menyampaikan gagasan berupa data bukti, hasil penalaran, dan sebagainya dengan maksud untuk menyakinkan pendengar atau pembaca tentang kebenaran, pendirian, atau kesimpulan pembicara. Gagasan sering muncul dalam sebuah diskusi, rapat, seminar, talkshoe. Gagasan disampaikan untuk memecahkan masalah bukan untuk memperkeruh masalah. Gagasan yang disampaikan harus objektif dan masuk akal.

Hal-Hal yang Diperhatikan dalam Menyampaikan Gagasan
  1. Gagasan disampaikan secara terbuka dan didasari pemikiran yang sehat logis, dan objektif.
  2. Gagasan disampaikan dengan bahasa yang jelas dan lancar
  3. Gagasan yang disampaikan harus mengenai masalah dan tidak keluar dari permasalahan yang dibahas.
  4. Menghilangkan rasa emosional dan tidak memaksakan pendapatnya harus diterima
  5. Gagasan yang disampaikan tidak boleh menjelekkan orang lain
  6. Gagasan dapat berupa contoh pelaksanaan dari gagasan yang muncul dari orang lain
  7. Menggunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas untuk mengungkapkan gagasan tersebut.
Contoh Kalimat Gagasan
  1. Pengelolaan hutan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibanding tahun sebelumnya
  2. Jika pemerintah tidak bertindak secepatnya, maka kerusuhan di berbagai daerah akan terus meningkat.
  3. Saya pendidikan di Indonesia sudah baik
  4. Tak selamanya mendung akan hujan
  5. Generasi Indonesia masa kini akan menjadi penerus bangsa di kemudian hari
Pengertian Fakta Teks Eksposisi
 
Fakta adalah hal atau keadaan yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Fakta bersifat objektif. Setiap orang akan memiliki kesamaan dalam pengamatan suatu fakta. Sebuah fakta mempunyai kebenaran mutlak dan tidak bisa dibantah. Kejadian yang bisa diterima oleh akal sehat atau nalar tertentu saja disebut fakta.

Sifat-Sifat Fakta

Dalam penggunaannnya fakta memiliki dua sifat yaitu fakta yang bersifat umum dan fakta yang bersifat khusus.

1. Fakta umum adalah fakta keadaan peristiwa yang dapat ditemukan atau terjadi secara umum, atau sudah merupakan kelaziman.

Contoh:
- Matahari terbit dari timur dan terbenam di barat setiap hari
- Semua mamalia menyusui anaknya

2. Fakta khusus adalah fakta peristiwa yang ditemukan atau terjadi secara khusus atau istimewa dengan keadaan tertentu saja.

Contoh:
- Pasangan Jokowi-Ahok memenangi pilkada DKI Jakarta 2012
- Offoroader TB Adhi memenangi  kejuaraan GT Radial Savero Komodo Bogor.

Contoh Teks Eksposisi

Diskriminasi Terhadap Perempuan

Perempuan adalah makhluk yang amat rentan untuk dijadikan sasaran dari objek kejahatan. Berdasarkan pada sebuah data, Indonesia masuk ke dalam kategori negara yang paling tidak aman untuk para perempuan. Bahkan, tiap hari selalu laporan kejahatan di Indonesia yang dialami oleh perempuan. Bahkan, ada beberapa kasus yang bisa dibilang langka.

Misalnya saja pelaku kejahatan yang merupakan keluarga dari korban sendiri. Kasus-kasus semacam ini mengundang berbagai kritik dan masukan dari berbagai pakar sosial mengenai adanya kesalahan dalam struktur masyarakat di Indonesia.

Meskipun negara kita dengan tegas menerapkan undang-Undang mengenai pelaku tindakan kriminal, namun penerapan atas hukum tersebut dianggap masih belum  membuat jera para pelaku kejahatannya. Sebagian dari pakar sosial memberikan suatu kesimpulan bahwa itu menunjukkan adanya stereotype yang ada ditengah masyarakat.

Sehingga menyebabkan tindakan kriminal kepada wanita semakin meningkat. Hal itu tidaklah mengherankan karena Indonesia secara konstruksi sosial menganut patriarkhi yang mendorong kedudukan laki-laki lebih tinggi dan lebih kuat dibandingkan dengan kedudukan perempuan itu sendiri.

Pemerintah sendiri sesungguhnya telah menerapkan beberapa usaha untuk mencegah terjadinya berbagai tindak kriminal seperti dengan kegiatan sosialisasi pemberdayaan perempuan, menyediakan gerbong kereta khusus bagi perempuan, mengutamakan berbagai kebutuhan perempuan di tempat umum dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, sekalipun demikian tidak sedikit oknum yang melanggar aturan-aturan tersebut.

Karena sistem patriarkhi telah dibangun secara turun-temurun dan berlangsung dalam waktu yang sangat lama di Indonesia, maka mau tidak mau perempuan dituntut untuk mengikuti semua aturan yang rentan terhadap diskriminasi gender tersebut.

Di samping itu, sistem itu juga mendorong perempuan agar takut dan patuh kepada para kaum pria. Dengan demikian, jika kebetulan ada perempuan yang melakukan perlawanan, maka masyarakat akan menganggap hal itu tidak wajar dan menyalahi kodrat. Karena perempuan sejak dahulu dibentuk untuk menjadi sosok dan watak yang lemah lembut dan taat.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang gagasan, fakta, dan contoh teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang teks eksposisi terbaru. Selamat belajar dan semoga sukses. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gagasan, Fakta, dan Contoh Teks Eksposisi | Bahasa Indonesia SMP

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /