Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Menyusun Teks Diskusi | Contoh Teks Diskusi Kelas 9 (Revisi)



ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang langkah-langkah menyusun teks diskusi lengkap dengan contoh teks diskusi. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah menyusun teks diskusi. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menyusun teks diskusi.

Langkah-Langkah Menyusun Teks Diskusi | Contoh Teks Diskusi Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Di bawah ini adalah langkah-langkah menyusun teks diskusi. Adapun langkah-langkah menyusun teks diskusi tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Menulis paragraf pendahuluan yang memuat pertanyaan atau pernyataan tentang topik diskusi
  2. Menulis paragraf yang memuat bukti atau pendapat pendukung pernyataan tentang topik
  3. Menulis paragraf yang memuat bukti atau pendapat menolak atau menyanggah pernyataan tentang topik
  4. Menulis simpulan yang memuat pendapat akhir terkait topik diskusi
Contoh Teks Diskusi

Di bawah ini adalah beberapa contoh teks diskusi yang dikutip dari beberapa sumber. Adapun contoh teks diskusi tersebut adalah sebagai berikut.

Teks Diskusi 1 

Contoh teks diskusi bagian 1 ini berjudul tentang "Pro Kontra Kopi Terhadap Kesehatan" dalam teks diskusi. Untuk lebih jelasnya kalian bisa membacanya dengan saksama di bawah ini!

Pro Kontra Kopi Terhadap Kesehatan

Dampak meminum kopi terhadap kesehatan acapkali menjadi perdebatan. Beberapa studi menyatakan bahwa meminum kopi secara rutin dapat memberikan dampak positif, namun studi-studi lainnya berkata sebaliknya.

Bahkan di Amerika Serikat diwajibkan bagi perusahaan-perusahaan kopi untuk menyertakan label di kemasan kopi mereka, akan suatu bahan kimia pemicu kanker yang terkandung di dalam minuman tersebut.

Bahkan kimia yang disebut dapat memicu kanker tersebut adalah acrylamide, suatu bahan yang juga dapat ditemukan di beberapa makanan dan asap rokok. Walaupun acrylamide dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan penyakit kanker pada penelitian-penelitian yang telah dilakukan pada tikus, keterkaitan ini tidak ditemukan pada manusia, menurut American Cancer Society.

Di sisi lain, sejumlah studi menemukan dampak positif meminum kopi terhadap kesehatan. Studi yanh dipublikasi oleh The Bristish Medical Journal menyebut bahwa meminum kopi dapat menurunkan resiko kanker kulit, prostat, hati dan uterus.

Menurut Profesor Riset dan Kebijakan Kesehatan Standford University John Loannidis, lebih baik bersikap skeptis terhadap hasil studi-studi ini, baik studi yang menyebut dampak negatif maupun dampak positif meminum kopi.

Untuk benar-benar mengetahui apakah kopi berdampak positif atau negatif bagi kesehatan, peneliti harus melakukan eksprimen yang sangat terkontrol dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Teks Diskusi 2

Di bawah ini adalah contoh teks diskusi bagian 2 yang berjudul "Full Day School" dalam sebuah teks diskusi. Untuk lebih jelasnya silakan kalian baca dengan saksama di bawah ini!

Full Day School

Full day schol adalah program yang meminta anak didik mengikuti proses belajar mengajar yang diselenggarakan secara penuh mulai pukul 07.00-16.00. Sistem ini mengharuskan siswa berada di sekolah selama sehari penuh maka banyak timbul pro dan kontra dengan diberlakukannya program ini. 

Pihak yang mendukung diberlakukannya program ini menganggap full day school sebagai solusi terbaik untuk mengantisipasi dampak buruk era globalisasi. Full day school dianggap dapat memberikan pelajaran, pembiasan yang baik, pendidikan dan pelatihan yang cukup agar siswa dapat mencapai dan memenuhi program jaminan mutu sekolah. Program ini pun membantu guru-guru untuk lolos sertifikasi guu dengan mengajar 24 jam per minggu.

Sedangkan pihak yang tidak setuju atau kontra berpendapat bahwa tingkat konsentrasi anak berbeda-beda. Siswa juga butuh istirahat yang cukup agar konsentrasinya tetap terjaga secara maksimal untuk mampu mencerna pelajaran yang diberikan. Selain itu, full day school memangkas waktu yang panjang dan hal ini akan menyulitkan siswa untuk melakukan kegiatan diluar sesuai minat masing-masing.

Full day school ingin berjalan lancar tergantung pada sarana dan prasarana yang disediakan sekolah. Jika prasarana memadai dan kegiatan sekolah dibuat menarik, maka full day school akan berjalan menyenangkan. Sebaliknya, jika prasarana sekolah buruk atau kurang memadai maka kegiatan full day school akan membosankan. Hal seperti inilah yang membuat siswa bosan dan pelajaran menjadi tidak efektif.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menyusun teks diskusi lengkap dengan contohnya. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami penyusunan dan contoh teks diskusi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langkah-Langkah Menyusun Teks Diskusi | Contoh Teks Diskusi Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /