Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Langkah-Langkah Menyusun Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang langkah-langkah menyusun teks tanggapan. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah menyusun teks tanggapan. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat membantu memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menyusun teks tanggapan.

Langkah-Langkah Menyusun Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Teks tanggapan dapat disusun apabila kita mengamati atau mengalami peristiwa di sekitar kita. Langkah-langkah menyusun teks tanggapan adalah sebagai berikut.
  1. Menentukan tema teks tanggapan yang akan disusun
  2. Mengembangkan tema menjadi ide pokok atau gagasan pokok
  3. Menyusun ide atau gagasan pokok menjadi kalimat-kalimat yang urut dan logis sesuai dengan struktur teks tanggapan, baik secara deskriptif maupun kritis.
  4. Mencermati dan meneliti teks yang disusun agar sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Contoh Teks Tanggapan:

Teknologi Yang Mengubah Dunia


Teknologi otomotif terus berkembang seiring berjalannya waktu. Pengaplikasian teknologi dalam dunia otomotif semakin nyata. Teknologi tersebut mampu membawa perkembangan dunia otomotif agar mobilitas cerdas. Inilah yang diharapkan dari terselenggaranya acara pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 di Jakarta.

Langkah-Langkah Menyusun Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beberapa produsen menyulap mesin-mesin mobil menjadi lebih bersahabat dengan lingkungan. Berbagai macam teknologi telah dikembangkan oleh produsen dan diaplikasikan dalam pameran yang ditampilkan, antara lain Teknologi Earth Dream Technology dari Honda, Teknologi SkyActiv dari Mazda, Teknologi Ecoboost dari Ford, dan Teknologi Hybrid dari Toyota, Mitsubishi, dan Nissan. Karena itu, percayalah dunia otomotif tidak akan berpangku tangan dalam memperbaiki dunia agar jauh lebih baik lagi.

Pada artikel ini, penulis menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Penulis juga membawa langsung pembaca ke dalam inti pembahasan sehingga tekesan tidak berbelit-belit.

Sayangnya pada tulisan ini, penulis tidak menyertakan gambar detail dari setiap contoh yang diberikan. Padahal, dengan menyertakan gambar, pembaca akan lebih mudah memahami dan mendapatkan gambaran yang lebih jelas. Dalam tulisan ini juga tidak disertakan arti istilah-istilah teknologi otomotif yang bagi pembaca umum tentu akan sulit memahaminya. Sangat disayangkan juga karena penulis tidak membahas keunggulan dan kelemahan teknologi baru tersebut.
Secara umum, artikel ini tentu sangat bermanfaat bagi pembaca, terutama yang menggemari otomotif. Ditulisnya artikel ini dengan tampilan serta bahasa yang ringan akan membuat isi artikel jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Pandangan positif juga ditunjukkan oleh penulis terhadap perkembangan teknologi dari setiap produsen yang berbeda-beda itu.

Oleh: Wahyu Sibarani
 
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menyusun teks tanggapan. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik dalam memahami langkah-langkah menyusun teks tanggapan. Selamat belajar dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah-Langkah Menyusun Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /